23.9 C
Jakarta
Sabtu, 13 Agustus, 2022

Ukraina akan Mempelajari Regulasi Kripto Aset dari Belarusia

duniafintech.com – Pemerintahan Ukraina dikabarkan sudah menandatangani perjanjian kerja sama dengan sebuah platform pertukaran kripto aset di Belarusia. Tujuannya adalah untuk membantu mereka mempelajari bagaimana aturan kripto aset dan regulasi yang selama ini ditetapkan oleh Belarusia di negaranya.

Kementerian Transformasi Digital Ukraina, yang didirikan pada Agustus, mengumumkan telah menandatangani Nota Kesepahaman dengan Currency.com, pertukaran cryptocurrency yang berbasis di Belarusia. Pertukaran yang diatur pertama kali di negara-negara Persemakmuran Negara-negara Independen, Currency.com menyediakan akses ke mata uang digital, aset token, dan mata uang fiat.

Mempelajari Aturan Belarusia untuk Diterapkan di Ukraina

Kesepakatan itu  rencananya akan melihat bagaimana platform pertukaran bekerja sama dengan pemerintah Ukraina pada bidang regulasi tentang aset digital, termasuk undang-undang TI, karena pemerintah berupaya mengembangkan pendekatannya sendiri untuk mengatur sektor aturan kripto aset ini.

Ukraina dilaporkan tertarik untuk mengadopsi banyak sistem Belarusia yang mengatur cryptocurrency, dan sedang dalam proses menyusun kerangka peraturannya sendiri untuk pertukaran dan transaksi kripto.

Kesepakatan tersebut adalah langkah terbaru yang akan ditandatangani oleh Kementerian Transformasi Digital, yang telah aktif dalam membentuk pendekatan pemerintah terhadap aturan kripto aset. Kesepakatan serupa dicapai dengan pertukaran Binance awal tahun ini, dengan Kementerian meminta sebanyak mungkin bantuan dalam membentuk pendekatan baru mereka dalam mengatur hukum serta regulasi di negara tersebut.

Baca juga: 

Wakil Menteri Transformasi Digital Alexander Bornyakov mengatakan ada pelajaran yang bisa dipetik dari pengalaman Belarusia dalam mengatur sektor kripto.

“Semakin kami mempelajari pengalaman negara ini (Belarusia), semakin dalam kita memahami berapa banyak pekerjaan yang telah dilakukan dan hasil apa yang dihasilkannya. Kami senang bekerja dengan tim Currency.com untuk pengembangan legislasi di Ukraina.”

Belarusia telah menjadi salah satu negara paling proaktif di kawasan ini dalam merangkul bisnis cryptocurrency, memberikan insentif dan keringanan pajak untuk perusahaan yang beroperasi dalam sektor ini selama dua tahun terakhir.

Menjelang peluncuran paket insentif pada tahun 2017, Presiden Belarus Alexander Lukashenko mengatakan negara itu akan menjadi pusat regional untuk sektor cryptocurrency.

“Belarusia akan menjadi pemerintah pertama di dunia yang membuka peluang luas untuk penggunaan teknologi Blockchain . Kami memiliki setiap peluang untuk menjadi pusat regional di area ini,” ungkap Lukashenko beberapa waktu yang lalu.

-Dita Safitri-

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Menteri Bahlil: Siap-Siap Untuk Kenaikan Harga BBM Subsidi

JAKARTA, duniafintech.com - Pemerintah memberikan sinyal akan terjadi kenaikan harga BBM subsidi, lantaran harga minyak dunia sudah melampaui harga minyak di APBN sekitar US$63...

Makin Populer, Ini Dampak Positif Metaverse dalam Kehidupan

JAKARTA, duniafintech.com - Dampak positif Metaverse dalam kehidupan sehari-hari cukup beragam. Teknologi ini bisa mendukung aktivitas manusia.  Saat ini dunia digital atau metaverse ini tengah...

Seberapa Penting Asuransi Persalinan? Cari Tahu Yuk di Sini!

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi persalinan atau asuransi melahirkan punya banyak manfaat sehingga tentunya sangat penting untuk dimiliki. Asuransi ini adalah jenis asuransi yang memberikan manfaat...

Cara Top Up OVO lewat Panin Bank, Pasti Praktis dan Aman!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara top up OVO lewat Panin Bank berikut ini tentunya penting diketahui oleh para pengguna kedua layanan keuangan ini. Kemajuan teknologi seperti...

Cara Mengaktifkan Rekening Pasif Mandiri, Gampang Kok!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara mengaktifkan rekening pasif Mandiri berikut ini tentu penting untuk diketahui oleh para nasabah Bank Mandiri. Pasalnya, hal ini diperlukan, terutama ketika...
LANGUAGE