25 C
Jakarta
Jumat, 7 Oktober, 2022

Ide Usaha Modal Kecil, dari Hal Sepele Ini Bisa Datangkan Cuan! 

JAKARTA, duniafintech.com – Terlihat sepele, namun usaha modal kecil berikut ini dapat menghasilkan cuan alias keuntungan yang lumayan lho. 

Ide usaha modal kecil ada beragam. Untuk meraih pendapatan maksimal dari jenis usaha-usaha yang Anda geluti, pastinya harus tekun dan konsisten. 

Sekarang banyak bisnis atau usaha modal kecil untung besar yang menjanjikan dan cocok dilakukan oleh pemula atau pebisnis rumahan. Belakangan ini, bisnis modal kecil untung besar menjadi tren usaha yang diminati banyak kaum milenial. Tapi, tidak dipungkiri bisa diminati juga oleh kaum generasi lainnya.

Baca juga: Pinjaman KUR Mandiri, Solusi Modah Usaha Kecil-kecilan

Seiring dengan perkembangan zaman, roda perekonomian juga turut berkembang tentunya. Industri yang sudah bertahan lama semakin maju dan industri-industri baru pun banyak bermunculan seolah tidak ingin kalah saing. 

Walaupun sudah banyak metode yang dapat digunakan untuk mengembangkan usaha modal kecil, masih banyak orang-orang yang terlalu takut untuk keluar dari zona nyaman. Padahal, dengan membuka usaha rumahan modal kecil, orang-orang akan membuka pintu wiraswasta dengan potensi profitabilitas yang cukup tinggi.

Berikut ini ide bisnis atau usaha modal kecil yang bisa mendatangkan keuntungan yang maksimal. Berikut ulasannya. 

Ide Bisnis atau Usaha Modal Kecil Untung Besar  

Bisnis atau usaha modal kecil seringkali menjadi kendala untuk dilakukan oleh mereka yang tertarik untuk terjun ke dunia bisnis. Padahal di zaman serba canggih sekarang ini, hal tersebut bukanlah menjadi kendala besar lagi.

Berikut ini usaha modal kecil yang populer, di antaranya:

1. Usaha Modal Kecil: Jastip atau Jasa Titip

Bisnis modal kecil pertama adalah usaha jastip atau yang dikenal dengan jasa titip. Bisnis jasa titip ini merupakan bisnis modal kecil untung besar yang menarik. Modal yang harus dimiliki juga tidak begitu besar. Keuntungan yang didapat dari jasa titip yang membelikan barang titipan tersebut.

Usaha modal kecil di bidang jasa titip ini memang terbilang baru di Indonesia. Seiring berkembangnya teknologi dan media sosial, usaha jasa titip ini semakin marak diminati. Jenisnya pun beragam macamnya, ada jasa titip dari luar negeri hingga jasa titip barang-barang di kota-kota besar di Indonesia. Umumnya barang yang paling laris dicari untuk dititip belikan adalah kosmetik, makanan, furniture, pakaian, hingga mainan anak.

Target pasar dan promosi menjadi kunci kesuksesan bisnis modal kecil ini. Jika Anda memiliki target pasar barang-barang branded, Anda juga harus mencari para pembeli dari kalangan yang mencari barang branded untuk dititip belikan. Promosi jasa titip Anda juga harus gencar, untuk mendapatkan kepercayaan dari pembeli yang titip beli di Anda. Oleh karena itu, dalam usaha jasa titip ini modalnya kecil, hanya perlu kepercayaan dari pembeli untuk titip beli di Anda.

2. Usaha Modal Kecil: Dropshipper

Selanjutnya jika Anda ingin untuk menggunakan dana yang ada untuk menjaga aspek maintenance pada bisnis Anda, mungkin menjadi dropshipper bisa jadi pilihan menarik untuk memulai bisnis modal kecil yang Anda akan jalani di masa pandemi ini. Sebagai dropshipper, Anda berperan menjadi seorang penjual sekaligus pembeli suatu produk.

Baca juga: Mau Investasi yang Menguntungkan Modal Kecil? Begini Caranya

Sifatnya, Anda membeli sesuatu berdasarkan pesanan pelanggan Anda. Dalam bisnis modal kecil untung besar ini, yang Anda perlukan adalah supplier produk atau informasi produk yang bisa dibagikan kepada para pelanggan setia Anda. Selanjutnya Anda hanya perlu meneruskan pesanan tersebut kepada supplier produk tersebut.

usaha modal kecil

3. Bisnis Camilan atau Makanan Ringan

Bisnis makanan ringan atau camilan tidak hanya diminati oleh anak-anak, tapi juga oleh orang dewasa. Dari mulai pelajar dan pekerja banyak yang menyukai makanan ringan untuk camilan dikala melakukan aktivitas.

Tidak perlu berpatokan pada jenis camilan yang memerlukan bahan yang mahal. Camilan berbahan dasar singkong, kentang dan ubi pun banyak diminati. Membuat keripik singkong beraneka rasa bisa menjadi pilihan bisnis modal kecil untung besar yang menjanjikan.

Sebagai contoh, membuat 200 bungkus keripik anda cukup membutuhkan 8 – 10 kg singkong yang kemudian diolah dan diberi berbagai macam bumbu. Bahkan modal dari bisnis modal kecil untung besar satu ini tidak terlalu besar. JIka Anda adalah karyawan swasta atau pelajar, Anda dapat mulai menjajakan dagangan kepada rekan-rekan atau teman terdekat dengan jaminan rasa dan kualitas.

4. Bisnis Waralaba atau Franchise

Bisnis waralaba atau franchise adalah usaha yang dijalankan dengan model kerjasama atau kemitraan dengan perusahaan yang produknya sudah dikenal luas. Bisnis franchise ini memiliki peluang usaha modal kecil yang menjanjikan. Karena, Anda hanya perlu menjual produk yang terkenal tanpa Anda perlu memasarkan, yang tentunya lebih cepat mendatangkan pembeli.

Sebenarnya bisnis waralaba atau franchise ini sudah berkembang lama, namun sebagian masyarakat masih beranggapan bahwa bisnis ini membutuhkan modal yang cukup besar dan hanya untuk bisnis makanan. Kenyataannya, banyak pilihan waralaba yang memulai dari modal kecil dan pastinya bisnis franchise ini tidak hanya makanan. Kini sudah ada franchise jasa laundry, gas, jasa kirim barang, bahkan ada bisnis franchise tambal ban.

Dengan demikian, bisnis waralaba atau franchise ini cukup menjanjikan untuk Anda yang ingin menjalankan bisnis modal kecil untung besar. Dengan modal yang terbatas, Anda bisa memulai bisnis dengan produk perusahaan ternama yang bisa Anda kembangkan dan memenuhi kebutuhan para pembeli. Kunci dari bisnis waralaba ini, Anda perlu melihat jeli peluang usaha tersebut, dan memilih jenis bisnis serta mitra bisnis yang terpercaya.

5. Bisnis Kaos Pre Order

Industri fashion memang selalu berkembang dan tidak pernah mati sehingga bisa menjadi salah satu ide bisnis modal kecil untung besar. Namun membuka bisnis pakaian membutuhkan modal yang tidak sedikit. Jika Anda hendak memulai bisnis pakaian kecil-kecilan, Anda bisa memulai dengan membuka bisnis berjualan kaos secara pre order.

Dengan modal yang tidak terlalu besar, Anda dapat memulai mengembangkan bisnis kaos pre order. Dengan sistem pre order kaos atau busana lain hanya akan diproduksi jika ada pemesan yang berminat membeli. Untuk memperkecil biaya produksi, Anda dapat menetapkan batas minimal pemesanan untuk bisa naik produksi.

Itulah jenis usaha modal kecil yang cukup populer saat ini. Jika anda punya kemauan, tak ada salahnya mencoba ini. 

Baca juga: Batumbu, Fintech Pendanaan Usaha Kecil Menengah di Indonesia

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Ancaman Resesi Ekonomi Global 2023, Tetap Yakin Ingin Cicil Rumah?

JAKARTA, duniafintech.com - Ekonomi global diprediksi akan menghadapi resesi ekonomi global. Hal itu terlihat dari beberapa kebijakan bank-bank sentral di berbagai negara dengan mengeluarkan...

Pinjol Cepat Cair 2022 Limit Besar Resmi, Ini Rekomendasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Pinjol cepat cair adalah pinjaman yang diajukan via aplikasi di smartphone, dengan proses pencairan dana cepat. Saat ini, pinjol yang berizin Otoritas...

Berita Kripto Hari Ini: Apa Kabar Bursa Kripto Indonesia?

JAKARTA, duniafintech.com – Berita kripto hari ini akan mengulas soal perkembangan bursa kripto Indonesia yang masih belum diluncurkan. Adapun sebelumnya, bursa kripto pun sempat molor—sebagai...

Berita Bitcoin Hari Ini: Sempat Menguat, Bitcoin Melemah!

JAKARTA, duniafintech.com – Berita Bitcoin hari ini akan mengulas soal harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya dengan pergerakan yang beragam. Pada perdagangan pagi ini, mayoritas...

Kerangka Kerja Inklusi Keuangan Fokus Digitalisasi dalam Presidensi G20 Indonesia

JAKARTA, duniafintech.com - Presidensi G20 Indonesia menyusun Kerangka Kerja Inklusi Keuangan sebagai panduan bagi setiap negara untuk mendorong digitalisasi guna menciptakan ekonomi yang inklusif...
LANGUAGE