29 C
Jakarta
Senin, 15 April, 2024

Wajib Tahu! Inilah Cara-cara Mengelola Keuangan Usaha secara Efektif

JAKARTA, duniafintech.com – Cara mengelola keuangan usaha efektif memang sangat diperlukan, terutama saat seseorang merintis suatu usaha dan mengembangkannya hingga besar.

Adapun bagian itu menjadi yang tersulit lantaran perlu kedisiplinan dan pemahaman yang cukup untuk melakukan pengelolaan uang dalam usaha apa pun. Pasalnya, kunci keberhasilan usaha memang terletak pada pengelolaan uang.

  1. Cara Mengelola Keuangan Usaha Efektif: Catat Semua Biaya Pengeluaran

Pertama, untuk mengelola keuangan usaha yang efektif, Anda harus mencatat semua biaya pengeluaran dengan detail dan sebaik mungkin. Kalau hal itu tidak dapat Anda lakukan dengan baik, apa pun jenis usaha yang Anda geluti pastinya bakal sulit dikembangkan.

Mencatat semua biaya pengeluaran akan membuat Anda bisa melacak dengan baik arus uang uang yang digunakan. Misalkan cara mengelola keuangan usaha warung, setiap biaya pengeluaran yang dilakukan untuk membeli berbagai bahan jualan mesti dicatat dengan detail sehingga Anda dapat mengukur jumlah laba yang diperoleh dari setiap barang yang terjual.

  1. Membuat Proyeksi Keuangan

Tips kedua, Anda bisa membuat proyeksi keuangan, yakni dengan membayangkan dalam beberapa waktu ke depan pengeluaran apa yang perlu dilakukan untuk kepentingan usaha. Anda terlebih dahulu dapat menentukan periode waktu, misalkan dalam 6 bulan ke depan, apa saja biaya pengeluaran yang akan terjadi.

  1. Pisahkan Keuangan Pribadi dan Bisnis: Cara Mengelola Keuangan Usaha Efektif

Salah satu faktor yang membuat keuangan bisnis berantakan, yakni karena bercampurnya keuangan pribadi dan keuangan bisnis. Dalam kondisi bisnis yang normal dan stabil, bersatunya keuangan pribadi dan keuangan bisnis memang mungkin tidak akan terasa langsung, tetapi kalau dalam keadaan krisis dan darurat, hal itu akan membuat usaha bangkrut dan berantakan. Oleh sebab itu, cara mengelola keuangan usaha yang paling bijak, yautu dengan memisahkan terlebih dahulu mana uang pribadi dan mana uang untuk bisnis.

  1. Bayar Semua Tagihan Tepat Waktu

Dengan membayar semua tagihan tepat waktu, Anda dapat mengetahui laba yang diperoleh. Tagihan pun memang wajib dibayar terlebih dahulu dan tepat waktu sebab jika tagihan belum dibayar maka keuntungan yang diperoleh tidak murni untuk dimiliki. Pasalnya, keuntungan yang diperoleh dapat dihitung secara bersih saat semua tagihan dan tunggakan sudah Anda lunasi.

Baca juga: Harapan Sri Mulyani Terhadap Tiongkok, Minta Keringanan Utang?

  1. Hitung secara Rinci Pemasukan dan Keuntungan

Selanjutnya, dengan menghitung secara rinci pemasukan dan keuntungan. Bagian yang satu ini pun tidak jauh berbeda dengan poin pertama tadi, yakni mencatat semua biaya pengeluaran. Namun, perbedaannya adalah pada bagian pengeluaran dan pemasukan.

Pada tips yang satu ini, hitunglah setiap pemasukan/pendapatan yang sudah diperoleh. Potonglah dengan setiap kewajiban yang harus dibayarkan, lalu Anda bakal memperoleh hitungan murni keuntungan Anda. Dengan demikian, Anda dapat mengetahui jumlah pemasukan dan keuntungan Anda secara rinci.

  1. Mengurangi Biaya Perjalanan

Berikutnya, dengan mengurangi atau meminimalisasi pengeluaran, yang dalam hal ini adalah biaya perjalanan. Memang, melakukan perjalanan, khususnya untuk kepentingan bisnis, adalah hal penting, tetapi mengeluarkan uang untuk bisnis pun menjadi hal yang penting.

Dalam hal ini, mengurangi biaya perjalanan dan mengoptimalkan pemasukan untuk pengembangan usaha menjadi hal penting dalam cara mengelola keuangan dalam usaha supaya usaha Anda dapat maju dan berkembang baik.

  1. Perhatikan Kontrak Perjanjian dengan Pihak Ketiga

Kontrak perjanjian usaha dengan pihak ketiga sering kali terjadi dalam masa pengembangan usaha. Nah, dalam hal ini, dengan memahami dan memperhatikan kontrak perjanjian usaha, Anda pun akan lebih tertata dengan baik dalam menjalankan cara mengatur keuangan usaha online.

Hal itu sekaligus dapat mengatasi kemungkinan buruk yang terjadi, yakni adanya penyelewengan dari pihak ketiga yang merugikan. Melalui kontrak kerja, Anda punya bukti kuat untuk memperkarakannya dan menganti segala kerugian yang sudah dialami.

  1. Mengawasi Arus Kas Keuangan

Cara lainnya berkaitan dengan pengawasan arus kas keuangan. Penting diingat, lancarnya arus keuangan bakal mempengaruhi kelancaran sebuah usaha.

  1. Gunakan Laba untuk Mengembangkan Usaha

Banyak pengusaha yang langsung tergiur menggunakan laba untuk kepentingan pribadi, padahal sejatinya laba tidak boleh digunakan langsung untuk kepentingan pribadi. Biasanya, pengusaha yang bijak akan menyimpan terlebih dahulu laba yang diperolehnya untuk kemudian dipakai sebagai modal mengembangkan usaha yang dijalankan.

  1. Cermati Kepemilikan Aset, Modal, serta Utang-Piutang

Satu hal penting yang sering dilupakan oleh setiap pengusaha adalah mencatat setiap hal yang dimiliki. Mencermati kepemilikan aset, kepemilikan modal, dan utang piutang yang dimiliki merupakan hal dasar. Sebelum Anda menguasai cara mengelola keuangan usaha efektif, Anda harus sangat sadar dengan kepemilikan aset. Pasalnya, aset adalah modal utama Anda dalam menjalankan sebuah bisnis. Jangan sampai Anda mengorbankan aset yang sudah dimiliki atas nama pengembangan usaha.

Baca juga: Sri Mulyani Sebut APBN Maret 2022 Surplus Rp10,3 Triliun

  1. Konsultasi dengan Mentor yang Ahli

Tips selanjutnya, jangan pernah ragu untuk berkonsultasi dengan mentor yang sudah ahli dalam melakukan cara mengelola keuangan usaha. Adapun konsultasi dari para ahli bakal berpengaruh signifikan untuk meningkatkan performa usaha, khususnya bagi Anda yang berniat mengembangkan bisnis menjadi lebih besar lagi.

  1. Gunakan Software untuk Mengelola Keuangan dan Penjualan

Terakhir, dalam cara mengelola keuangan usaha efektif, Anda bisa menggunakan software khusus untuk mengelola keuangan sebuah usaha. Di tengah perkembangan teknologi digital saat ini, ada banyak software atau aplikasi yang bisa dipakai untuk mengelola keuangan.

Terutama bagi Anda yang masih pemula, penggunaan software dan aplikasi keuangan sangat penting. Dengan begitu, cara mengelola keuangan usaha kecil dapat tertata dan perlahan usaha bakal berkembang.

Lebih jauh, penggunaan software untuk mengelola keuangan juga sangat penting untuk meminimalisasi terjadinya kesalahan pencatatan yang berujung kepada hal-hal yang tidak diinginkan. Baik software berbayar atau aplikasi yang bisa dengan bebas Anda unduh sudah tersedia untuk digunakan. Meski demikian, gunakanlah yang benar-benar cocok dan nyaman untuk Anda.

Di samping itu, akan lebih baik pula jika Anda didampingi oleh mentor atau ahli dalam hal keuangan ketika menggunakan software atau aplikasinya.

Baca juga: Sri Mulyani Benar, Pekerjaan Teller Bank Memang Kian Terancam Punah, Nih Buktinya

 

Penulis: Kontributor/Boy Riza Utama

Editor: Rahmat Fitranto

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE