30 C
Jakarta
Rabu, 29 Maret, 2023

WALMART AKAN INTEGRASIKAN BLOCKCHAIN UNTUK BELANJA YANG LEBIH CERDAS

duniafintech.com – Walmart mungkin adalah salah satu perusahaan ritel terbesar Amerika yang Anda kenal. Di balik kesuksesan Walmart menjadi perusahaan raksasa, tampaknya mereka juga tak bisa menutup diri dengan kemunculan teknologi Blockchain yang sudah diakui mempermudah kegiatan bisnis di berbagai sektor. Sejak tahun lalu, Walmart telah mengeluarkan berbagai proyek berkenaan dengan pemanfaatan teknologi yang menjadi awal mula Bitcoin ini.

Dalam sebuah aplikasi yang dikeluarkan oleh US Patent and Trademark Office (USPTO) pada hari Kamis, Walmart menggambarkan “paket cerdas” ini mencakup perangkat yang mencatat informasi melalui Blockchain mengenai isi paket, kondisi lingkungan, lokasinya dan berbagai informasi lain. Ini juga menunjukkan bahwa paket cerdasnya dapat digunakan bersamaan dengan teknologi baru lainnya termasuk kendaraan otonom, seperti pesawat tak berawak yang digunakan untuk mengantar barang.

Baca juga: https://duniafintech.com/6-tips-ini-akan-membantu-bisnismu-meningkatkan-penjualan/

Paten ini pertama kali diajukan pada bulan Agustus 2017, dan terutama dibuat berdasarkan pengajuan Walmart yang dibuat untuk sistem pelacakan pengiriman paket berbasis tabung sampah tahun lalu.

Walmart menjelaskan dalam data pengajuan mereka bahwa belanja online telah menciptakan tantangan pengiriman bagi pengecer, terutama berkenaan dengan produk tahan lama yang memerlukan kontrol suhu, sehingga memerlukan inovasi lebih lanjut.

Melalui pemesanan online, banyak pelanggan yang berusaha membeli barang-barang yang memerlukan kondisi khusus (seperti makanan beku atau makanan yang memiliki daya tahan singkat). Kami berusaha menciptakan ekosistem pengiriman dan pengemasan yang tepat untuk produk tersebut,” ungkap perwakilan Walmart dalam lembaran pengajuan hak paten tersebut.

Aplikasi tersebut menyatakan bahwa komponen Blockchain akan dienkripsi ke dalam perangkat, dan akan memiliki alamat utama di sepanjang rantai penyimpanan, termasuk hashing dengan alamat kunci pribadi penjual, alamat kunci pribadi kurir dan alamat kunci pribadi pembeli .

Selain mengembangkan drone untuk pengirim barangnya, Walmart telah berusaha menerapkan teknologi Blockchain ke bidang bisnis lainnya.

Baca juga: beli-lamborghini-dengan-bitcoin-pria-ini-sukses-menarik-perhatian-masyarakat/

Tahun lalu, Walmart bergabung dengan Kroger, Nestle dan perusahaan industri makanan lainnya dalam kemitraan dengan IBM dalam penggunaan Blockchain agar penelusuran terhadap produk makanan menjadi semakin mudah. Langkah serupa juga mereka lakukan di China lewat kerjasamanya dengan JD.com di bulan Desember.

Written by: Dita Safitri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Usaha Modal Kecil Untung Besar Terbaik, Intip Daftar Idenya di Sini!

JAKARTA, duniafintech.com – Usaha modal kecil untung besar bisa kamu wujudkan dengan mencoba ragam ide bisnis terbaik dalam ulasan ini. Menjalankan bisnis dengan modal kecil...

Beras Panen Raya, Komisi IV DPR RI Pertanyakan Pemerintah Ingin Impor Beras

JAKARTA, dunifintech.com - Komisi IV DPR RI mempertanyakan langkah pemerintah melalui Badan Pangan Nasional (Bapanas) yang menugaskan Perum Bulog untuk melakukan impor 2 juta...

Cegah Resesi Ekonomi, Kemenperin Dorong Industri Tekstil Restrukturisasi Mesin

JAKARTA, duniafintech.com - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mendorong restrukturisasi mesin kinerja industri Tekstil dan Pengolahan Tekstil (TPT) dalam ketidakpastian global yang berdampak pada penurunan ekspor subsektor...

Sambut Idul Fitri, Sri Mulyani Pastikan Pemerintah Bisa Kendalikan Inflasi

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani menjelaskan pemerintah juga berupaya mengendalikan inflasi dengan menjaga daya beli terutama bagi masyarakat miskin dan rentan, dalam hal...

Hore! ASN, Polri, Tenaga Pengajar, dan Pensiunan Dapat THR, Ini Besarannya

JAKARTA, duniafintech.com - Pemerintah mengeluarkan kebijakan pemberian THR ASN dan gaji ke-13 yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) nomor 15/2023 yang telah disesuaikan dengan...
LANGUAGE