25.2 C
Jakarta
Senin, 26 Oktober, 2020

Waspada! Ada Korban Salah Tagih Pinjaman Online Karena Selfie

DuniaFintech.com – Di tengah merosotnya perekonomian karena pandemi COVID-19, setiap orang berusaha mencari alternatif untuk memenuhi kebutuhannya. Beberapa diantaranya mengakses layanan keuangan berbasis teknologi (fintech) untuk mendapatkan pembiayaan produktif, sementara beberapa lainnya memilih pendanaan konsumtif sambil mencari keberuntungannya.

Dalam masa sulit seperti ini, terdapat beberapa kasus penipuan fintech lending, atau pinjaman online yang memanfaatkan situasi dan menyasarkan orang lain sebagai korban. Baru-baru ini, seorang pegawai sektor swasta di Solo, Jawa Tengah berinisial PW (29) menjadi korban dari operasi fintech pinjaman.

Dalam keterangannya, PW seketika menerima tindak kolektivitas atau penagihan atas pinjaman yang tak pernah digunakannya. Pinjaman senilai Rp 1,94 juta ditagihkan oleh petugas yang mendatangi rumahnya.

“Jumat Kemarin, ada orang yang nagih ke rumah saya, petugas dari fintech itu. Tunggakan sebesar 1 juta untuk beli pulsa yang bahkan dikirim bukan ke nomor hp saya,”

Tindakan penagihan berlangsung lantaran tidak adanya respon dari nomor telpon yang dihubungi oleh pinjaman online tersebut. Diperkirakan, nomor telpon yang terdaftar pada layanannya bukan milik PW.

Pelaku melakukan pembelian pulsa sebanyak 6 kali. Pelaku juga menggunakan foto KTP dan selfie milik PW untuk menggunakan layanan di fintech tersebut.

Baca juga:

Korban Pinjaman Online Salah Tagih

PW pun mencoba mengingat kembali bahwa dirinya tidak pernah mengunggah foto kartu tanda pengenal dan selfie pada layanan fintech pinjaman tersebut. Ia pun segera memberi tahu beberapa layanan fintech di gawai miliknya untuk menanggulangi keberlanjutan penipuan.

PW mengklaim bahwa dirinya sempat melakukan verifikasi untuk berbagai layanan keuangan, seperti debit dan layanan sistem pembayaran elektronik.

“Saya sudah hubungi pengurus fintech yang berkaitan dan mereka juga sudah hubungi tim investigasi, kemarin tim investigasinya juga sudah telepon dan tanya kronologi, sekarang sedang diproses,”

Sebagai korban salah tagih dari layanan pinjaman online, PW berpesan kepada seluruh penyelenggara untuk memperketat sistem keamanan, meliputi verifikasi data. Ia juga meminta masyarakat untuk berhati-hati mengunggah selfie apabila menggunakan layanan.

DuniaFintech/Fauzan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Perubahan Paradigma Keamanan Siber, Ini Pandangan Microsoft

DuniaFintech.com – Bulan Oktober adalah bulan kesadaran keamanan siber (cybersecurity) di Amerika. Melihat kembali apa yang di alami Indonesia selama masa pandemi...

Ide Bisnis Rumahan yang Menguntungkan dengan Modal Pas-Pasan

Duniafintech.com - Bisnis menguntungkan dengan modal pas-pasan bukan angan-angan karena nyatanya ide ini bisa menjadi kenyataan. Menjalankan usaha kini menjadi impian hampir...

Kunci Sukses Menjadi Wirausaha Sosial. Simak Poin Penting Berikut

DuniaFintech.com - Perkembangan wirausaha sosial atau yang lebih populer dengan istilah social enterprise, merupakan sebuah peluang baru yang mulai disadari oleh berbagai...

Amankah Mengajukan Pinjaman Online dengan Bunga Rendah? Perhatikan Hal Ini

Duniafintech.com - Memanfaatkan pinjaman online dengan bunga rendah untuk modal usaha tentunya tidak dilarang, selama kita mampu melaksanakan kewajiban membayar angsuran bulanan...

Kementerian Industri Sebut Cloud Computing Solusi UKM Saat Pandemi

DuniaFintech.com - Kementerian Industri menilai pentingnya adopsi cloud computing serta berbagai manfaat yang terdapat dalam Internet of Things (IoT) oleh para pelaku...
LANGUAGE