28.2 C
Jakarta
Minggu, 21 Juli, 2024

Sudah Beralih ke Dompet Digital? Begini Cara Mengelolanya agar Tidak Boros

DuniaFintech.com – Belanja pakai dompet digital memang memudahkan, tetapi Anda perlu berhati-hati. Pasalnya jika dilakukan tanpa perhitungan bisa-bisa pengeluaran membengkak bila Anda terjebak tawaran promosi barang konsumtif yang membuat dompet jebol. Dengan adanya kemudahan ini, para penjual menilai bahwa layanan ini membuat mereka tak perlu lagi repot menyiapkan uang kembalian. Karena secara otomatis, transaksi yang dilakukan langsung menyesuaikan dengan nominal yang ditetapkan.

Tidak dapat dipungkiri bahwa kemudahan dan kepraktisan yang ditawarkan pembayaran digital berpotensi membuat Anda boros. Soalnya, penggunaan dompet digital yang tidak diimbangi dengan pengetahuan akan cara mengelola keuangan yang benar, bisa membuat penggunanya kalap terus-menerus. Alih-alih ingin untung, kerugianlah yang justru akan Anda rasakan. Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa menerapkan beberapa cara mengelola uang berikut ini.

Membatasi Jumlah Saldo

Anda bisa membatasi jumlah top up ke dompet digital sekali dalam sebulan, itu akan mengurangi biaya administrasi dan membatasi jumlah saldo agar tidak belanja berlebihan sebab, kemudahan bertransaksi bisa membuat Anda lebih konsumtif. Dengan membatasi jumlah saldo berarti Anda sudah melakukan penghematan terhadap pengeluaran.

Jangan Memiliki Lebih dari satu e-wallet

Tips mengelola berikutnya adalah dengan tidak memiliki banyak aplikasi e-wallet itu sendiri. Meskipun sulit, hal ini harus Anda terapkan, karena banyak aplikasi otomatis membuat uang disimpan tidak hanya di satu tempat saja. Ujung-ujungnya, pemborosanlah yang justru dilakukan.

Baca Juga:

Monitoring Saldo

Selanjutnya Anda bisa memonitoring saldo sehabis melakukan pembayaran digital. Anda bisa mengontrol keuangan lebih baik karena tidak akan lupa transaksi yang sudah dilakukan sebelumnya. Dengan monitoring, Anda juga bisa mengoreksi pembelian, sudah lebih baik atau masih boros. Jadi, bisa melakukan perbaikan pengeluaran untuk masa mendatang.

Mengatur Jadwal Isi Ulang

Ketika sudah menetapkan jadwal isi ulang dompet digital, maka Anda harus disiplin dan mematuhi waktu yang telah ditetapkan. Jangan sampai isi ulang berkali-kali hanya karena mengejar barang konsumsi yang sedang promosi. Salah satu pilihan waktu yang tepat untuk mengisi ulang dompet digital adalah sesaat setelah gajian. Anda bisa langsung membagi penghasilan ke pos-pos yang sudah diatur dalam rencana keuangan.

Manfaatkan Promo

Terkadang, Anda boleh saja memanfaatkan promo yang ditawarkan, jika Anda dan teman sekantor ingin makan siang di luar sesekali, pilihlah restoran yang bekerja sama dengan penyelenggara pembayaran digital. Anda juga bisa memanfaatkan penawaran lain seperti membeli barang dengan poin yang sudah dikumpulkan.

(DuniaFintech/VidiaHapsari)

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU