29.2 C
Jakarta
Sabtu, 20 Juli, 2024

Cara Efektif Mengelola Binis dengan Modal Kecil Untung Besar, Simak Disini

DuniaFintech.com – Bagi sebagian orang, memiliki cita-cita untuk menjadi pengusaha besar dan sukses adalah impian yang harus dicapai. Untuk membangun sebuah bisnis, modal besar bukanlah satu-satunya syarat mutlak yang harus dipenuhi. Bagi Anda yang akan merintis usaha bisnis, tidak perlu berkecil hati jika tidak memiliki modal yang besar. Dengan strategi yang tepat, Anda bisa menjalankan usaha modal kecil untung besar.

Memiliki dan membuka usaha dengan modal kecil untung besar ini juga bisa dilakukan oleh Anda yang memiliki pekerjaan tetap. Usaha dengan modal kecil ini tidak hanya berguna bagi Anda seorang karyawan, namun juga berguna bagi Anda pemilik usaha yang ingin membuat usaha sampingan. Untuk itu, dibutuhkan cara-cara khusus bagi Anda yang ingin memulai suatu usaha yang modalnya kecil agar bisa menjalankan bisnis ini dengan baik.

Memilih Bisnis Sesuai Passion

Di tahap awal sebaiknya Anda tentukan dahulu jenis usaha apa yang akan Anda pilih, atau yang sesuai dengan passion. Anda bisa memulai jenis usaha yang sederhana saja, dengan jumlah modal yang tidak besar misalnya membuka warung kecil-kecilan, menjual makanan ringan, berjualan online dengan sistem dropship dan masih banyak lagi.

Ketahui Harga Pasar

Untuk mengembangkan usaha yang Anda geluti, Anda harus senantiasa memperhatikan dan mengetahui harga pasar. Pasalnya, dengan cara ini Anda akan tahu berapa harga produk Anda sebenarnya. Disamping itu, cara ini pun berguna untuk menjaga-jaga apabila ada kenaikan harga atau pun penurunan harga dari produk tersebut.

Baca Juga:

Libatkan Orang Terdekat

Libatkan orang-orang di sekitar Anda seperti suami, adik, kakak, saudara, sahabat dalam memulai usaha, karena dengan mengajak orang terdekat tersebut pastinya tidak akan banyak menuntut kepada Anda. Nantinya, jika usaha yang dirintis sudah berkembang dan besar, Anda bisa merekrut karyawan dari luar dengan beberapa kriteria yang bisa Anda tentukan sendiri.

Cari Bahan Baku Murah tapi Berkualitas

Untuk Anda yang menjual makanan dan minuman, bahan baku tentu menjadi penunjang dalam bisnis. Tanpa adanya bahan baku, apa yang akan Anda sediakan kepada pembeli? Jika Anda memulai bisnis dengan modal kecil, cobalah untuk mencari supplier yang mampu menyediakan bahan baku berkualitas baik, tapi harganya murah. Anda bisa mencarinya di internet, atau mencari referensi dari teman-teman pebisnis lainnya.

Cobalah untuk menegosiasikan harga dan bila perlu, jalinlah kemitraan dengan supplier tersebut agar Anda tidak perlu khawatir akan pasokan bahan baku bisnis Anda di masa depan. Jika sudah menemukan supplier yang tepat, bahan baku pun didapat. Jangan lupa, andalkanlah Moka POS untuk mengelola inventaris bahan baku agar Anda tidak perlu repot mengecek ketersediaan stok satu per satu.

Setelah memahami langkah-langkah dalam memulai bisnis dengan modal kecil untung besar, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengelola keuangan bisnis. Mudah bukan? Yang terpenting dalam bisnis adalah keyakinan Anda terhadap produk yang akan di pasarkan.

(DuniaFintech/VidiaHapsari)

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU