32.1 C
Jakarta
Sabtu, 20 Juli, 2024

Mulai Bisnis Online? Lakukan Trik Digital Marketing Ini agar Produk Banyak Dilirik

DuniaFintech.com – Pembaharuan dan perkembangan teknologi selalu terjadi setiap tahunnya. Teknologi yang telah ada akan semakin pintar dan cerdas, dan perkembangan ini akan memiliki fase yang sangat cepat. Dengan keadaan yang seperti itu, Anda perlu mempelajari serta mengikuti update-nya, sehingga Anda dapat memanfaatkan perkembangan teknologi ini untuk strategi digital marketing produk Anda.

Ada berbagai platform digital marketing yang dapat dimanfaatka dalam upaya pemasaran yang yang efektif, tepat sasaran dan berdampak terhadap bisnis. Setidaknya ada dua faktor penting yang perlu dipertimbangkan oleh para pelaku bisnis sebelum memutuskan platform pemasaran digital yang digunakan, yaitu mengenali target audiens yang dituju, serta menetapkan tujuan pemasaran digital yang hendak dicapai dari penggunaan platform tersebut.

Selain itu, dengan membidik target pasar yang luas bisa membuatmu kewalahan. Terlebih jika bisnis yang dijalankan masih berskala kecil, Anda harus menjalankan semua proses sendiri dan menghadapi semua customer seorang diri. Dengan mengubah mindset menjadi menargetkan seberapa banyak keuntungan yang didapat, Anda bisa lebih fokus pada saat memasarkan produk. Terlebih di era digital sekarang, Anda bisa memilah-milah instrumen komunikasi yang dirasa cocok dengan target market yang dituju.

Dilansir dari Forbes, inilah beberapa instrumen digital marketing yang bisa dimanfaatkan dan selama ini masih sangat sedikit yang menggunakannya.

Instagram

Pemasaran menggunakan platform Instagram paling efektif untuk produk-produk fashion dan lifestyle yang banyak menggunakan konten gambar dan video. Instagram banyak sekali digunakan oleh online shop karena mereka dapat dengan mudah memajang barang dagangan secara mudah kepada jutaan pelanggan.

Baca Juga:

Facebook

Karakteristik Facebook dengan fitur Targeted Advertising-nya memungkinkan pemilik bisnis online untuk menyasar kepada audiens dengan demografis tertentu, misalkan berdasarkan kelompok usia, jenis kelamin, lokasi dan minat. Fitur ini tepat untuk secara proaktif menawarkan produk atau layanan kepada konsumen potensial dengan menciptakan kebutuhan ataupun membangun “awareness” konsumen potensial terhadap produk atau layanan baru yang ingin diperkenalkan.

Podcast

Saat ini, Podcast memang sangat berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Banyak pebisnis yang akhirnya ikut memanfaatkan tren tersebut. Podcast dirasa memiliki karakteristik yang mampu mengikat antara si Podcaster dengan pendengarnya. Selain itu, Podcast memungkinkanmu untuk berkomunikasi dengan customer dengan cara yang menyenangkan.

Anda bisa membuat konten yang menarik dan bersifat soft selling, seperti membahas topik gaya hidup terkait produk yang dipasarkan, bincang-bincang menggali kisah sukses, juga sharing soal memulai bisnis. Anda juga bisa berkolaborasi dengan Podcaster lain yang bisa membantu mengembangkan bisnis tersebut. Dengan soft selling, pendengar tidak merasa dijejali iklan secara terang-terangan.

Youtube

Trik digital marketing yang terakhir adalah Anda dapat memanfaatkan youtube untuk menjual produk. YouTube menghadirkan kesempatan yang luas bagi pemilik bisnis untuk bercerita melalui konten video, baik melalui iklan, maupun posting video di kanal YouTube. Karakteristik YouTube yang fleksibel memungkinkan pebisnis untuk menyampaikan konten dengan durasi yang beragam, sesuai dengan kebutuhan produk atau layanan yang ditawarkan. Kampanye pemasaran melalui YouTube dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu YouTube Ads (iklan) dan kanal YouTube milik sendiri.

Dunia digital yang begitu luas menyediakan banyak cara untuk meningkatkan bisnis. Yuk, manfaatkan channel digital marketing ini agar bisnismu semakin berkembang dan yang pastinya jadi lebih siap untuk bersaing dengan yang lain.

(DuniaFintech/VidiaHapsari)

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU