29.2 C
Jakarta
Sabtu, 20 Juli, 2024

Waspada Belajar dari Kasus Nasabah BCA, Ini Ciri ATM Pasang Alat Skimming

JAKARTA, duniafintech.com – Belum hilang dari ingatan ada kasus nasabah PT Bank Central Asia Tbk (BCA) yang menjadi korban dari tindak kejahatan skimming, dengan kerugian mencapai Rp135 juta. Tindak kejahatan skimming hingga saat ini masih mengintai para nasabah bank, utamanya pemilik kartu debit yang sering bertransaksi di ATM.

Meski kasus itu kini sudah selesai, tetapi para nasabah bank mana pun tetap perlu mewaspadai kejahatan skimming yang mengincar uang di rekening mereka. Sebagai informasi, skimming adalah bentuk kejahatan pencurian informasi pada kartu debit atau kredit yang dimiliki oleh seorang nasabah.

Para pelaku kejahatan ini dapat memperoleh informasi itu dengan ilegal, yakni dengan menyalin strip magnetik yang ada di kartu debit/kredit. Lantas, pelaku pun dapat mencuri uang korban tanpa pernah diketahui.

Biasanya pula, aksi kriminal itu kerap kali terjadi di mesin layanan ATM yang umumnya terletak di lokasi yang sepi dan jauh dari keamanan sehingga oknum pelaku skimming bakal lebih leluasa dalam menjalankan aksinya. Dengan memilih tempat seperti itu, para pelaku ini juga akan lebih gampang untuk memasang mesin skimmer.

Lalu, apa saja ciri-ciri mesin ATM yang dipasangkan alat skimming?

Ciri-ciri Mesin ATM yang Dipasangkan Alat Skimming

Barangkali akan sulit bagi orang awam untuk mengenali mesin ATM yang dipasangkan alat skimmer. Namun, ada beberapa ciri yang perlu diketahui oleh nasabah, yaitu sebagai berikut.

  1. Biasanya, ATM terletak di wilayah terpencil atau di lokasi wisata

Terkait hal itu, sebagai nasabah, Anda perlu waspada  dengan ATM di wilayah seperti disebutkan di atas. Di lain sisi, meski lokasi wisata ramai pengunjung, Anda pun tetap perlu berhati-hati sebab bisa saja pelaku melancarkan aksinya di tempat tersebut.

  1. Ada alat yang menghalangi bagian tutup penutup keypad

Agar terhindar dari skimming, Anda perlu meraba dan mengecek terlebih dahulu bagian kanopi dari tempat keypad sebelum kemudian memasukan kartu dan menekan PIN. Apabila ada sesuatu yang mengganjal di situ, Anda patut mencurigai bahwa ada mesin skimming di ATM tersebut.

Sebagai informasi, alat yang mengganjal ini boleh jadi berupa sebuah kamera pengintai atau spy camera yang merekam tangan Anda ketika memencet keypad.

  1. Terdapat perbedaan pada mulut slot kartu

Mesin skimmer dapat mencuri data dari kartu ATM dengan sebuah alat yang dipasangkan pada bagian tempat memasukan kartu. Karena itu, penting bagi Anda untuk mencemati bahwa jika menemukan mesin ATM yang bentuk mulutnya aneh, sebaiknya tinggalkan mesin itu dan cari mesin yang lainnya.

Skimming Juga Bisa Terjadi pada Internet Banking

Ini adalah fakta yang mengerikan: skimming pun mengintai pada internet banking. Pada umumnya, proses penyalinan itu dilakukan oleh pelaku skimming dengan memanfaatkan jaringan Wi-Fi public.

Oleh sebab itu, ketika menggunakan Wi-Fi umum, jangan sekali-kali Anda membuka internet banking. Bukan itu saja, skimming pun dapat menyerang Anda yang menggunakan VPN gratis. Maka dari itu, ketika mengaktifkan VPN ini, jangan sekali-kali membuka hal-hal yang berkaitan dengan hal pribadi seperti internet banking/mobile banking, apalagi hingga melakukan transaksi.

 

Penulis: Boy Riza Utama

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU