31.2 C
Jakarta
Minggu, 14 April, 2024

Wow! Dipakai Jadi Foto Twitter Elon Musk, Harga ApeCoin Melesat

JAKARTA, duniafintech.com – Elon Musk mengganti foto profil Twitternya menjadi bermacam gambar koleksi non-fungible token atau NFT Bored Ape. Apa dampaknya? Tentu saja, nilai ApeCoin yang melesat.

Dilansir dari Detik.com, ApeCoin adalah token yang diluncurkan oleh pembuat Yuga Labs, pembuat Bored Ape. 

Nilainya melesat 19% menjadi USD 17,64, hanya dalam waktu satu jam setelah Musk mengganti foto profilnya itu pada Rabu (4/5/2022), meski kemudian nilainya turun menjadi USD 15,43.

Baca juga: Ada Kemajuan, Bank Terbesar di Argentina Fasilitasi Nasabah Beli Bitcoin

Tak jelas apakah aksi Musk ini dilakukan karena ia benar-benar membeli NFT Bored Ape. Namun yang jelas aksi miliuner yang baru mengakuisisi Twitter itu diprotes oleh Michael Bouhanna, eksekutif dari rumah lelang Sothesby’s, yang menyebut gambar tersebut dibuat untuk penjualan di Sothesby’s.

Meski begitu, ia sebenarnya mengizinkan Musk untuk memakai foto tersebut asalkan ia menyebutkan kredit fotonya. Bahkan Bouhanna mengaku akan mengirimkan file aslinya yang dilengkapi izin dari pembeli.

“Saya akan senang mengirimkan file asli yang dilengkapi dengan izin pembeli,” tulis Bouhanna dalam kicauannya itu.

Baca juga: Siap-siap, Elon Musk Terapkan Twitter Berbayar Untuk Akun Pemerintah dan Perusahaan

Ini artinya, mungkin, Elon Musk sekadar mengkopi gambar tersebut dan menjadikannya foto profil Twitter. Meski Twitter sebenarnya punya fitur khusus yang membolehkan penggunanya memakai NFT sebagai foto profil berbentuk hexagonal, namun yang dipakai Musk sebagai avatar tersebut hanya gambar profil biasa.

NFT sendiri sebenarnya dibuat untuk mengotentifikasi kepemilikan karya digital menggunakan blockchain. Namun banyak pihaknya yang skeptis terhadap hal ini, pasalnya gambar NFT sangat mudah ditiru dan disebarkan tanpa perlu membeli token.

Musk, yang baru ‘mengeluarkan’ dana sebesar USD 44 miliar untuk membeli Twitter juga ikut mengejek NFT dalam kicauannya, demikian dikutip detikINET dari CNBC, Kamis (5/5/2022).

“Saya tak tahu…ini terlihat bisa dipertukarkan (fungible),” kicau bos Tesla dan SpaceX tersebut.

Baca juga: Elon Musk: Saya Akan Beli Coca-Cola dan Memasukkan Kokain Kembali

Padahal, NFT bukanlah sesuatu yang bisa dipertukarkan tanpa izin, sesuai kepanjangan namanya, non fungible token.

Ini juga bukan pertama kalinya aksi Musk membuat nilai tukar aset kripto melesat lewat kicauan Twitternya. Sebelumnya ia pernah bikin nilai bitcoin dan dogecoin naik dan turun secara drastis.

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE