28.8 C
Jakarta
Sabtu, 20 April, 2024

Zenius vs Ruangguru, Manakah yang Lebih Cocok Buat Bimbingan Belajar Online? 

JAKARTA, duniafintech.com – Dua startup bimbingan belajar online terbesar di Indonesia, Zenius dan Ruangguru hadir memberikan fasilitas belajar secara online bagi pelajar di tanah air. Artikel ini, akan membahas pengertian dan keunggulan Zenius vs Ruangguru. 

Namun sebelum lanjut ke pembahasan, ada info menarik, bahwa baru saja startup Zenius Education diterpa kabar kurang sedap mengenai pengurangan karyawan atau PHK. Ada sebanyak 25 persen karyawan atau lebih dari 200 orang yang sia-siap menganggur nih. 

Namun artikel ini bukan mengulik soal PHK tersebut ya, kita akan membahas lebih tentang keunggulan Zenius vs Ruangguru. Supaya para pelajar dapat memilih platform bimbingan belajar online yang cocok dengan kebutuhannya. Mari disimak perbedaan antara Zenius vs Ruangguru. 

  1. Zenius

Sebagai bimbingan belajar (bimbel) interaktif pertama di Indonesia, Zenius adalah salah satu platform bimbel yang memiliki banyak sekali kelebihan, meski sekilas tampilannya tidak sebagus platform bimbingan belajar lainnya.

Bagi yang sudah terbiasa dengan proses belajar tatap muka dengan adanya guru menerangkan materi di depan, mungkin proses belajar dengan menggunakan video yang hanya berisikan teks akan terasa sedikit berbeda.

Baca juga: Pesaing Ruangguru, Zenius PHK 25 Persen Karyawannya, Total Lebih dari 200 Orang

Tapi tenang, dirimu tidak perlu khawatir sebab durasi video hanya sekitar 3 hingga 7 menit sehingga tidak akan mudah bosan saat belajar.

Penyampaian materi dengan lebih efektif karena tidak hanya memberikan rumus dan definisi saja namun juga mengajarkan konsep materi lebih menyeluruh sehingga sangat pas bagi pejuang SBMPTN.

Selain itu bahasa yang digunakan oleh Tutor Zenius juga sangat ringan dan ringan karena menggunakan bahasa sehari-hari.

Dengan demikian, para peserta didik bimbel akan merasa lebih akrab meski proses belajar tidak dilakukan secara langsung atau bertatap muka. Biaya langganan pada platform ini jelas lebih murah dan bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan ingin berlangganan.

Mulai dari 1 tahun atau bisa juga hanya berlangganan selama 1 hingga 6 bulan. Sekali bayar pengguna bebas mengakses semua konten mulai dari USM STAN, Materi SMA, SMP hingga belajar SBMPTN.

  1. Ruangguru

Platform Ruangguru mungkin sudah tidak asing bagi sebagian besar pelajar di Indonesia. Hal ini karena sejak awal kemunculannya Ruangguru sering mengadakan promosi gencar di televisi. 

Meski Ruangguru memiliki banyak sekali kelebihan mulai dari tampilan yang jauh lebih bagus dibanding yang lainnya, namun untuk pemberian materi masih terdapat beberapa kekurangan.

Materi yang diberikan dinilai kurang detail dan mendalam. Video pembahasan yang ada di Ruangguru juga terbilang cukup monoton.

Walau begitu, kelebihan yang ada di Ruangguru terletak pada durasi videonya yang tidak terlalu lama sehingga tidak akan mudah bosan.

Baca jugaAyo Dicek! Ini Link Daftar Nama Jamaah Haji Reguler dan Khusus yang Berangkat 2022

Selain itu pemberian materi yang menggunakan metode animasi akan menjadi lebih menyenangkan.

Ruangguru barangkali cocok bagi pelajar SD dan SMP yang memang membutuhkan metode belajar yang lebih menyenangkan dan asyik dengan menggunakan video animasi karena akan lebih mudah dimengerti bagi pelajar jenjang tersebut.

Kesimpulan 

Nah, itu tadi pembahasan soal Zenius vs Ruangguru. Bagi para pelajar yang ingin menggunakan jasa bimbingan belajar online jangan ragu-ragu buat memilih ya. Usahakan pilih yang cocok buat kebutuhan kamu. 

Baca juga: Ramah Lingkungan, Indodax Jalin Kerjasama Pengelolaan Sampah dengan Startup Waste Management

 

 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE