26.5 C
Jakarta
Kamis, 18 Juli, 2024

ZIDISHA SOLUSI PINJAMAN MURAH DAN MUDAH?

duniafintech.com – Zidisha hadir sebagai solusi pinjaman murah dan mudah. Bagi kita yang ingin mulai menjadi seorang wirausaha kerap kali mengalami bayang-bayang kesulitan ketika ingin memulainya, hal ini sangat umum dialami oleh banyak orang.

Biasanya pikiran kita akan dibenturkan dengan masalah permodalan, kurang percaya diri bahkan takut akan gagal atau bangkrut karena tidak mempunyai jejaring untuk memasarkan produk yang dijual. Berbagai macam ide usaha sudah tergambar dengan jelas dalam pikiran kita, namun terhapus kembali ketika kita sedang memikirkan modal. Seolah permodalan merupakan momok menakutkan yang selalu ada ketika kita mempunyai mimpi menjadi seorang wirausaha.

Ditengah situasi demikian, Zidisha hadir sebagai platform pinjaman murah dan mudah bagi seseorang atau kelompok yang ingin memulai atau mengembangkan usahanya. Zidisha adalah komunitas nirlaba (non-profit) pinjaman online dari orang ke orang (P2P) lintas negara. Sesuai dengan namanya yang diambil dari bahasa Swahili yang berarti “tumbuh atau berkembang”, artinya Zidisha memiliki tujuan untuk membantu para pengusaha-pengusaha kecil yang memiliki semangat untuk terus maju dan berkembang, agar berhasil dengan mandiri dan bertanggung jawab, terutama di negara-negara berkembang.

Berangkat dari visi tersebut, Zidisha memberikan layanan pinjaman murah dan mudah bagi Anda yang ingin meminjam dana. Anda tidak perlu menjaminkan harta anda untuk mendapatkan pinjaman. Berikut 3 (tiga) syarat yang harus dilakukan untuk meminjam lewat Zidisha:

Pertama, Anda harus memiliki smartphone dengan akses internet secara teratur untuk mendaftar serta berkomunikasi dengan para pendana di Zidisha melalui akun Facebook dengan hubungan sosial yang luas.

Kedua, Anda harus punya sumber pengahasilan yang cukup untuk memastikan pengembalian pinjaman dalam bentuk pembayaran bulanan. Selain itu, Anda tidak diperkenankan mendaftar ke Zidisha selama Anda masih memiliki pinjaman yang masih berlangsung melalui sumber lainnya.

Ketiga, Anda perlu punya reputasi yang baik, mendapat dukungan dari pemimpin masyarakat setempat (seperti kepala sekolah atau pemimpin tempat ibadah atau pemimpin organisasi yang diikuti), dan mendapat dukungan dari beberapa orang lain yang Anda tahu baik dan dapat mendukung Anda untuk sebuah pinjaman. Karena reputasi yang baik adalah jaminan kuat untuk anggota Zidisha, sebab Zidisha tidak meminta agunan fisik atau keuangan untuk memfinansir pinjaman.

Setelah ketiga persyaratan itu telah terpenuhi, maka Anda sudah dapat mengajukan pinjaman dana. Maksimal pinjaman pertama yang akan Anda dapat melalui Zidisha pada awalnya mencapai $100. Dan apabila setiap kali pinjaman Zidisha dibayar kembali tepat waktu, dengan angka pembayaran angsuran yang telah anda tentukan, Anda dapat mengajukan jumlah pinjaman lebih besar hingga mencapai $10.000.

Dengan menggunakan pola menghubungkan para pendana dan peminjam tanpa perantara, Zidisha sebagai layanan pinjaman dengan murah dan mudah dapat memberikan 100% uang yang telah didanai oleh para pendana kepada para peminjam, tanpa dikenakan bunga. Karena para perantara yang mengatur dan mengurus pinjaman-pinjaman tersebut memungut bunga yang tinggi (seringkali di atas 40% /thn) untuk membayar biaya operasional mereka. Walaupun demikian, setiap pinjaman yang diberikan akan dikenakan biaya untuk servis hanya sebesar 5% dari jumlah pinjaman oleh Zidisha.

Oleh sebab itu, rata-rata peminjam Zidisha bertempat di negara-negara penghasilan rendah, dimana kredit mikro jarang tersedia dan/atau memiliki suku bunga tinggi serta memerlukan jaminan. Pilihan ini memungkinkan nasabah untuk memperoleh kredit usaha mikro dengan persyaratan lunak dan suku bunga yang sangat mudah dibayar. Suku bunga rendah memungkinkan para peminjam untuk menahan kebanyakan dari laba mereka dan menggunakannya untuk menumbuhkan usaha atau mendukung keluarga, daripada memberikannya kepada bank.

Selain itu, komunitas nirlaba yang berisikan para relawan inipun memfasilitasi komunikasi langsung antara para pendana dan peminjam, hingga Anda dapat melihat kisah setiap orang berkembang di depan mata Anda dan mengalaminya bersama dari sisi lain dunia.

Di sisi lain pendana dan peminjam dapat mengirim pesan ke satu sama lain untuk memberi kabar tentang impak dari pinjaman atau bahkan pesan pendek untuk mengucapkan terima kasih atau memberikan semangat. Pemberi pinjaman bisa yakin bahwa pesan apapun yang dikirim oleh peminjam di halaman profil, di aplikasi pinjaman, atau komentar dari peminjam memang ditulis sendiri oleh peminjam tersebut atau dituliskan oleh teman serta keluarga yang bisa memakai komputer dan membantu peminjam untuk mengirim pesan ke situs Zidisha.

Relawan-relawan Zidisha bisa membantu menerjemahkan pesan peminjam ke Bahasa Inggris dan juga mengubah judul agar menjadi lebih jelas. serta tidak mengubah pesan peminjam atau menulis pesan atas nama peminjam.

Source : zidisha.org

 Written by: Andriani Supri

2 KOMENTAR

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU