29.9 C
Jakarta
Sabtu, 25 Juni, 2022

5 INOVASI BLOCKCHAIN PADA SISTEM KEUANGAN

duniafintech.com – Eksplorasi terkait penggunaan Blockchain pada sektor bisnis yang berkembang saat ini sepertinya tidak ada habis-habisnya. Dimana uji coba dan eksplorasi terus dilakukan agar teknologi Blockchain benar-benar menjadi sebuah solusi teknologi pada masa depan.

Sebagai teknologi yang berperan besar dalam pesatnya pertumbuhan mata uang virtual Bitcoin hingga saat ini, baik para investor, pengamat, hingga para praktisi dalam bidang Blockchain terus akan berinovasi khususnya dalam penerapan pada sistem keuangan, yang mana hal ini dirasa penting dikarenakan saat ini hampir semua aktivitas manusia sehari-hari sudah dibantu oleh teknologi digital seperti pembayaran dan lain-lain.

Berikut ini adalah 5 inovasi dalam penggunaan Blockchain pada sistem keuangan yang diyakini bisa membantu masyarakat secara luas seperti yang dilansir dari Wall Street.

Pembayaran dengan mata uang virtual

Bukan hanya sebagai digital asset saja, ternyata cryptocurrencies juga bisa digunakan dalam transaksi pembayaran layaknya sebuah kartu kredit. Bahkan di sejumlah negara maju seperti Jepang mata uang virtual, Bitcoin sudah resmi atau legal digunakan untuk melakukan pembayaran.

Sistem Integritas

Teknologi Blockchain banyak digunakan untuk transaksi lintas batas, dikarenakan kemudahan, keamanan, dan juga biaya yang terbilang efisien. Teknologi Blockchain juga tidak hanya terpusat pada satu server saja melainkan ribuan server sehingga sulit untuk diretas.

Bukan hanya itu saja, penggunaan teknologi Blockchain juga tidak ada campur tangan dari pihak ketiga. Sehingga kualitas data dapat dipertanggung jawabkan.

Meningkatkan Kepuasaan Pengguna

Bagi Anda yang tertarik dalam dunia komersial ekonomi, Blockchain bisa digunakan untuk transaksi lintas batas tanpa biaya sepeser pun dan terkoneksi dengan internet saja.

Dimana teknologi Blockchain berpotensi untuk memberikan user experience yang lebih baik ketimbang menggunakan layanan konvensional.

Penerapan Pada Layanan Banking

Pada Oktober 2017 beberapa bank-bank besar di dunia sudah mulai mengembangkan teknologi Blockchain dan membentuk konsorsium Blockchain. Yang mana konsorsium tersebut ingin menciptakan sebuah sistem pembayaran yang lebih mudah dan juga memangkas biaya transaksi.

Saat ini seperti MasterCard sudah menggunakan teknologi Blockchain untuk meningkatkan kepuasaan nasabah mereka serta membuat transaksi banking menjadi lebih murah, mudah dan cepat dilakukan.

Menciptakan Aktivitas Keuangan Secara Digital

Saat ini sudah banyak bank-bank besar di dunia yang sudah membangun infrastruktur teknologi Blockchain untuk membantu layanan operasional bank-bank tersebut.

Seperti menggunakan layanan Smart Contract yang menjadi salah satu keunggulan dari teknologi Blockchain yang diterapkan pada sistem keuangan. Hal ini bisa sangat membantu lembaga keuangan dalam hal mengumpulkan pembayaran.

Bahkan inovasi Blockchain pada sistem keuangan juga bisa berorientasi terhadap nasabah, yang mana nasabah bisa dengan mudah mengatur keuangan mereka melalui sebuah aplikasi maupun teknologi berbasis Blockchain yang diterapkan oleh pihak bank.

Demikianlah 5 inovasi Blockchain pada sistem keuangan yang bisa kita rasakan hingga saat ini, dimana memang harus diakui hadirnya teknologi Blockchain dalam aspek kehidupan kita sangat membantu dalam segi memangkas waktu, biaya dan juga meningkatkan keamanan atau data identitas pribadi yang kita miliki.

Menarik untuk ditunggu inovasi Blockchain apalagi yang akan diterapkan pada sistem keuangan nantinya, simak terus perkembangan berita Blockchain dan digital  currency berikutnya pada website kami duniafintech.com.

Written by: Febrian Surya

 

 

 

 

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Dari Kasus Penipuan Binomo, Segini Nilai Aset Kekayaan Indra Kenz yang sudah Disita Polisi

JAKARTA, duniafintech.com – Terkait kasus dugaan penipuan dan pencucian uang dalam kasus investasi bodong Binary Option (Binomo), semua aset atau harta kekayaan Indra Kenz...

Beragam Manfaat P2P Lending Syariah, Kamu Berminat?

JAKARTA, duniafintech - Beragam manfaat P2P Lending Syariah. Pasalnya sistem P2P lending Indonesia ini sangat mirip dengan konsep yang diterapkan pada marketplace secara online,...

Ide Usaha Makanan Online Terbaru, Bikin Ngiler!

JAKARTA, duniafintech.com - Ide usaha makanan online, nampaknya cukup menarik untuk dikupas. Memulai usaha makanan online memang cukup menantang, karena kompetitor dalam usaha tersebut...

Cara Kerja P2P Lending, Simak ya Guys!

JAKARTA, duniafintech.com - Cara kerja p2p lending atau Sistem P2P lending Indonesia ini sangat mirip dengan konsep yang diterapkan pada marketplace secara online, yakni menyediakan...

Aplikasi Kasir Pintar yang Berguna untuk Kebutuhan Bisnis

JAKARTA, duniafintech.com - Aplikasi kasir pintar atau biasa dikenal sebagai Point of Sales (POS) telah menjadi salah satu kebutuhan agar aktivitas bisnis menjadi lebih efektif...
LANGUAGE