25.6 C
Jakarta
Kamis, 5 Agustus, 2021

7 Cara Gampang Mendapatkan Bitcoin yang Bisa Kamu Coba

Bagaimana cara menghasilkan uang dengan Bitcoin? Ada beberapa cara ampuh yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan cuan dengan bitcoin. Simak penjelasan berikut ini.

Trading Bitcoin

Salah satu metode mendapatkan cuan dengan bitcoin adalah melakukan trading atau jual beli bitcoin. Trading merupakan metode paling cocok bagi kamu yang memiliki kemampuan menganalisis grafik perdagangan. Meski ada risiko yang cukup besar, opsi ini juga dapat mendatangkan cuan yang gede, lho.

Kamu bisa memantau perkembangan harga bitcoin selama 24 jam penuh. Sisi lainnya, kamu juga dapat bertransaksi kapanpun dan di manapun, sehingga kamu bisa melakukan trading saat harga sedang melonjak atau turun secara drastis.

Baca Juga : Beberapa Hal Menarik di Balik El Salvador Legalkan Bitcoin

Baca Juga : Argentina Selidiki Fintech yang Mengadopsi Aset Kripto Secara Ilegal

Opsi trading itu ada dua. Pertama, ada trading di market spot dengan memanfaatkan kenaikan harga. Misalnya seperti di Indodax dan Bitcoin.co.id.  

Kemudian, juga ada trading dengan leverage, seperti metode forex. Biasanya metode ini disebut juga dengan futures. Kamu bisa mencoba trading di Tokenomy

Investasi Bitcoin

Berinvestasi bitcoin artinya menahan koin yang kamu miliki hingga rentang waktu tertentu. Ada istilah yang kerap digaungkan oleh para investor kripto, yaitu Hold On for Dear Life alias HODL. Dalam bursa kripto, istilah ini berarti investasi dalam jangka waktu panjang.

Jika kamu percaya bitcoin punya masa depan yang gemilang, maka lakukanlah HODL tersebut. Hanya saja, saat melakukan HODL, sebaiknya jangan berekspektasi terlalu tinggi.

Kamu harus memiliki kondisi emosional yang kuat dan cenderung santai. Pasalnya, melakukan HODL saat bursa kripto mengalami penurunan bisa mempengaruhi psikologis para investor. Selain itu, kamu juga harus bisa memprediksikan kapan waktu yang tepat untuk menjual aset.

Selain berinvestasi dengan membeli koin, kamu juga bisa menghasilkan uang dengan berinvestasi kepada startup, perusahaan, pengembangan blockchain, dan lain sebagainya. Tetapi, sebelum berinvestasi, kamu juga harus melakukan riset yang mendalam. Beberapa cara mutakhir yang bisa kamu lakukan, yaitu menganilisis white papernya, mencari pendapat ahli, permintaan pasar, dan lain-lain.

Berinvestasi, meski punya segudang keuntungan, tetap punya kekurangan yang perlu kamu ketahui. Salah satunya ketika kamu memilih strategi arbitrase, maka kamu harus berpindah-pindah ke berbagai exchange untuk menemukan peluang investasi yang besar.

Mining Bitcoin

Mining bitcoin atau menambang yang merupakan proses menambahkan blok baru ke jaringan blockchain bitcoin dengan memecahkan puzzle kriptografi. Metode ini cocok bagi kamu yang memiliki kemampuan teknis yang mumpuni. Bermodalkan komputer berspesifikasi tinggi, serta daya komputasi yang baik, mining bisa sangat menguntungkan.

Meski saat ini mining bitcoin tidak seuntung saat masa awal kripto, tapi kamu juga dapat menghasilkan uang cukup banyak dari sini. Ada layanan penambangan berbasis cloud yang dapat kamu lakukan. Dengan melakukan pembayaran sekali saja, layanan ini akan menyiapkan penyewaan peralatan penambangan kepada penambang lain. Sehingga kamu juga dapat meraih keuntungan dari sana.

Artinya, kamu hanya perlu berinvestasi sebanyak satu kali saja, setelah itu akan terus mendapatkan bagian dari hasil mining. Hanya saja, yang harus kamu lakukan adalah mencari layanan cloud mining yang punya kredibilitas yang baik.

Menjadi Afiliasi

Bagi para influencer atau Key Opinion Leader (KOL), menjadi afiliasi dari suatu perusahaan cryptocurrency juga bisa menghasilkan banyak uang.

Kamu cukup mendaftar ke dalam program afiliasi aset kripto dan mempromosikan produk perusahaan tersebut untuk mendapatkan komisi. Setelah itu, kamu akan menerima komisi dari jumlah pelanggan baru yang mereka terima.

Program ini biasanya akan memberikan kamu tautan khusus yang dapat diklik oleh para followers kamu. Nantinya, tautan itulah yang memberikan laporan kepada perusahaan seberapa banyak orang yang bergabung dari promosi yang kamu lakukan.

Menerima Bitcoin sebagai Opsi Pembayaran

Kamu juga bisa mendapatkan keuntungan dengan menerima bitcoin sebagai opsi pembayaran. Saat ini ada banyak merchant yang membuka opsi bitcoin sebagai alat pembayaran. Jika kamu seorang pelaku bisnis, maka membuka opsi bitcoin untuk pembayaran produk yang kamu jual bisa jadi pertimbangan yang baik.

Keuntungan dari metode ini, kamu tidak perlu lagi menggantungkan transaksi kepada pihak perantara untuk memproses suatu pembayaran. Kamu hanya membutuhkan bitcoin wallet untuk bertransaksi. Hanya saja, untuk meminimalisir peluang kerugian, ada baiknya untuk mempertimbangkan volatilitas dari bitcoin tersebut.

Sayangnya, di Indonesia, metode pembayaran menggunakan Bitcoin dan altcoin masih belum bisa. Karena pemerintah masih melarang metode ini. 

Micro Earning

Micro earning, meski tidak menghasilkan uang yang banyak, namun tetap bisa kamu andalkan untuk menarik keuntungan. Metode ini cocok bagi para orang yang tidak menekan tombol Skip Ads saat melihat iklan digital.

Situs Pay to Click (PTC) seperti BTC4ADS, Coinadder akan membayar kamu dengan bitcoin ketika menonton iklan. Tidak hanya itu, ada banyak platform yang bisa kamu pakai untuk mendatangkan cuan secara gratis, salah satunya adalah Bitcoinget.

Situs micro earning biasanya akan memberikan kamu pecahan terkecil bitcoin. Dengan menonton iklan, misalkan selama jam, maka akan menghasilkan keuntungan sebesar US$0,04 hingga US$0,05. Cara mainnya cukup mudah, yang perlu kamu lakukan hanya menyalakan ponsel dan membiarkan iklan terus berputar.

Kemudian, kamu bisa mengumpulkan penghasilan tanpa usaha yang banyak. Akan tetapi, yang perlu kamu perhatikan adalah memastikan harga ponsel, biaya listrik, serta mengatur agar iklan bisa berjalan dengan otomatis.

Menjadi Lending

Bagi yang memiliki modal, maka menjadi lending juga bisa menghasilkan cuan gede. Kamu bisa meminjamkan bitcoin yang kamu punya kepada orang lain untuk memperoleh bunga atas aset itu. Metode ini bisa kamu lakukan sebagai opsi dari HODL.

Hanya saja, hal yang perlu yang kamu perhatikan adalah spam dan kehilangan aset. Untuk itu, lakukanlah riset kepada platform peminjaman yang kredibel dan terpercaya. Misalkan, Unchained Capital, BTCpop, atau Bitbond. Ketiga platform ini merupakan platform lend-and-borrow yang cukup terkenal dan menawarkan bunga sampai 15%.

Jadi, manakah yang kamu pilih untuk mendapatkan Bitcoin? 

Penulis : Contributor

Editor : Gemal A.N. Panggabean

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

DIREKTORI LIST

ARTIKEL TERBARU

Apa itu Blockchain? Ini Penjelasannya

Salah satu sistem komputerisasi dan internet yang berkembang adalah blockchain. Apa itu blockchain?  Sebagian besar dunia teknologi cryptocurrency seperti Bitcoin mengandalkan bentuk database dengan keunggulan mampu...

Situs Penghasil Bitcoin Gratis 2020 Terbukti Tanpa PHP

DuniaFintech.com - Terdapat berbagai macam cara untuk mendapatkan bitcoin bahkan tanpa deposit sekalipun. Menarik bukan? Berikut beberapa situs penghasil bitcoin gratis 2020 terpercaya dan...

Mengenal Dana, Dompet Digital Indonesia

Tidak mau kalah dengan para pendahulunya baik itu dari dalam ataupun luar negeri, ada startup fintech terbaru di tanah air yang sudah diperkenalkan kepada...

Mengenal Xendit : Payment Gateway dengan Beberapa Keunggulan

Xendit, adalah salah satu starup payment gateway yang berizin di Indonesia. Xndit payment gateway yang memiliki beberapa produk unggulan yang membantu bisnis di Asia...

Harga Bitcoin Hari Ini : BTC Menurun, Ethereum Sambut London Hardfork

Harga Bitcoin hari ini sudah memasuki penurunan, setelah rally lebih dari satu pekan dengan pemuncak Rp600 juta. Namun, berbeda dengan Ethereum yang terus menguat...
LANGUAGE