28.6 C
Jakarta
Rabu, 1 Mei, 2024

Penghasilan Tambahan dari Shopee Affiliate Program, Ini Syarat dan Cara Daftarnya

JAKARTA, duniafintech.com – Shopee Affiliate Program patut dicoba untuk Anda yang aktif di media sosial dan ingin memiliki penghasilan tambahan, maka tidak ada salahnya untuk mencoba daftar program affiliate dari Shopee.

Afiliasi Shopee merupakan sebuah program yang menawarkan penghasilan tambahan untuk para pengguna internet yang aktif dalam mempromosikan produknya di media sosial.

Anda bisa mempromosikan produk dengan berbagai macam cara, seperti membuat konten sesuai dengan yang Anda inginkan, asalkan bukan akun penjual atau toko produk tersebut. Sederhananya, program afiliasi Shopee ini akan membantu para pengguna media sosial lain untuk menemukan produk yang ingin mereka cari dengan cara mencantumkan link (tautan) ke toko yang ada di e-commerce Shopee.

Lantas, bagaimana cara mendaftar Shopee Affiliates dan apa saja syaratnya? Dalam artikel berikut ini akan dijelaskan mengenai cara daftar akun affiliate Shopee dan syarat-syaratnya

Syarat Daftar Shopee Affiliate

Sebelum memutuskan untuk mendaftarkan akun di program affiliate Shopee, kamu harus mengetahui lebih dulu syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh pihak Shopee kepada affiliater-nya. Berikut ini adalah beberapa syarat yang sudah ditetapkan oleh pihak Shopee, antara lain:

  • Memiliki akun sosial media seperti YouTube, Instagram, TikTok, Twitter, atau Facebook.
  • Memiliki akun sosial media yang digunakan aktif, dalam artian memiliki konten orisinil, dan terbuka untuk umum.
  • Akun sosial media milik pribadi bukan milik toko atau penjual.
  • Di dalam akun sosial media tersebut tidak mengandung unsur suku, agama, dan ras (SARA), pornografi, dan tidak bertentangan dengan peraturan perundangan yang berlaku di Indonesia.
  • Produk yang akan dipromosikan nantinya merupakan produk dari Shopee Mall, Shopee Supermarket, Star+, dan Star.
  • Beberapa produk yang dilarang untuk dipromosikan yaitu rokok, rokok elektrik, ganja, obat-obatan terlarang, dan produk tidak original atau palsu.

Itulah beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon affiliater Shopee.

Cara Daftar Shopee Affiliate Program

Setelah membaca dan memahami syarat dan ketentuan, maka saatnya mendaftarkan akun. Banyak orang yang mengaku akan kesulitan saat mendaftar program Shopee Affiliate ini, berikut ini adalah langkah-langkahnya.

  • Masuk ke laman resmi Shopee di affiliate.shopee.co.id
  • Kemudian, daftarkan diri Anda sebagai seorang affiliates berbayar dalam Program Afiliasi Shopee.
  • Lalu, tunggu hingga tiga hari kerja untuk mendapatkan email konfirmasi.
  • Setelah akun telah resmi terdaftar, kemudian pilih produk yang ingin kamu promosikan melalui media sosial apapun.
  • Pastikan Anda memiliki produk dari toko bertanda “Star” atau “Shopee Mall” sesuai dengan syarat yang berlaku.
  • Setelah itu mulailah untuk membuat konten original dan dapatkan link produk yang nantinya dapat kamu gunakan untuk produk ulasan.
  • Sebarkan link tersebut ke beberapa akun media sosial yang kamu miliki.
  • Kemudian, terima setiap pembayaran komisi untuk setiap pembelian yang dibuat melalui link yang telah dibuat tadi.
  • Pembayaran komisi tersebut nantinya akan dibayarkan setiap minggu kedua dan keempat di setiap bulannya.

Setelah berhasil mendaftarkan diri di program affiliate, maka kamu harus tahu cara kerjanya. Berikut ini adalah cara kerja affiliate, antara lain:

  • Dapatkan custom link produk yang ada di aplikasi Shopee setelah pendaftaran Anda berhasil.
  • Kemudian, klik salin tautan untuk memperoleh custom link tersebut (https://shp.ee), kemudian bagikan link tersebut ke sosial media yang Anda gunakan.
  • Terima pembayaran komisi untuk pembelian produk melalui custom link yang Anda miliki.

Cukup mudah bukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari program affiliate Shopee? Nah, bagaimana masalah mengenai perhitungan komisinya? Simak selengkapnya di bawah ini!

Perhitungan Komisi dari Shopee Affiliate Program

Komisi yang akan diberikan oleh Shopee dalam program afiliasi adalah 10 persen dari harga barang yang dibeli. Sebagai contoh, misalnya Anda berhasil mengajak 20 orang pelanggan baru untuk membeli produk seharga Rp100.000 di aplikasi e-commerce Shopee, maka dengan begitu, nantinya Anda akan mendapatkan komisi sebesar Rp200.000.

Namun, jika semisal Anda berhasil menggaet pelanggan lama, maka nantinya Anda akan mendapatkan komisi sebesar 3 persen dari produk yang dibeli. Sebagai contoh, misalnya kamu berhasil menggaet 10 orang pelanggan dengan membeli produk seharga Rp100.000, maka dengan begitu nantinya Anda akan mendapatkan komisi sebesar Rp30.000.

Beberapa keuntungan bergabung dalam program affiliate Shopee di antaranya adalah Shopee tidak akan memberikan kontrak eksklusif yang mengikat. Artinya, Anda bisa dengan bebas membuat konten sekreatif mungkin dan menyebarkan link ke berbagai media sosial yang Anda miliki.

Selain itu, pembayarannya juga bersifat transparan dan sesuai dengan performa yang bergantung pada jumlah pembelian dari referral link.

Kesimpulan

Jadi, pada intinya adalah komisi yang nantinya akan diberikan dari program affiliate Shopee adalah 10 persen dari harga barang yang dibeli. Komisi yang jumlahnya dibawah Rp1.000.000 akan langsung dibayarkan oleh pihak Shopee ke akun ShopeePay milik afiliasi. Namun, jika jumlahnya berada di atas Rp1.000.000, maka akan dibayarkan langsung melalui transfer bank.

 

Penulis: Kontributor / M. Raihan Mu’arif

Editor: Anju Mahendra

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE