25.6 C
Jakarta
Minggu, 26 Juni, 2022

Gampang Banget! Ternyata Begini Cara Bikin PayPal tanpa Kartu Kredit

JAKARTA, duniafintech.com – Ingin punya PayPal tanpa kartu kredit? Tentu saja bisa! Sebagaimana diketahui, PayPal adalah alat pembayaran atau rekening elektronik yang berfungsi untuk melakukan transaksi pembayaran, transfer, dan menerima uang secara online di internet.

Untuk informasi tambahan, perusahaan PayPal sendiri berdiri pada tahun 2000 melalui langkah joint venture antara perusahaan bernama Confinity besutan Peter Thiel dan X.com yang dimotori oleh orang terkaya di dunia saat ini, Elon Musk.

Seiring perkembangannya, sekarang ini hampir semua toko online di seluruh dunia mengandalkan PayPal sebagai alat pembayaran—di samping kartu kredit. Oleh seba itu, bagi Anda yang sering melakukan transaksi online, memang sangat disarannkan untuk memiliki akun PayPal.

Pasalnya, di samping membuat transaksi tidak rumit lagi, PayPal pun dipastikan aman untuk bertransaksi di jagat maya, baik dalam negeri maupun luar negeri. Lebih jauh, aplikasi ini pun bukan hanya sekadar alat bayar, melainkan juga berfungsi sebagai rekening online. Di sini, Anda pun dapat menambah saldo, menarik uang, dan menerima transfer uang dari seluruh dunia dengan mudah.

Punya PayPal tanpa Kartu Kredit? Wajib Banget!

Jika Anda memang merupakan seseorang yang cukup aktif bertransaksi secara online ataupun mencari uang secara online, akun PayPal sifatnya wajib banget untuk Anda miliki. Paslanya, ada banyak keuntungan yang dapat Anda peroleh di sini, antara lain, sebagai berikut.

  1. Terima dolar di Indonesia

Bagi para pengguna PayPal Indonesia, keuntungannya yang paling terasa adalah mereka dapat menarik mata uang dolar ke rekening bank di Indonesia dengan mudah. Sebagai contoh, Anda menerima fee sebuah freelance job dari klien di luar negeri dan dibayar dengan mata uang dolar.

Dalam hal ini, klien Anda cukup membayarnya ke akun PayPal Anda, lalu Anda dapat menariknya dengan mata uang rupiah ke rekening bank Anda di Indonesia.

  1. Diakui dunia

Kini, PayPal sudah ada di 190 negara di dunia dan melayani 17 mata uang asing. Hal itu mengindikasikan bahwa PayPal memang telah diakui dunia sebagai platform pembayaran digital yang terpercaya.

  1. Transaksi online paling aman

Pada tahun 2013 silam, PayPal pun pernah dinobatkan sebagai alat transaksi digital paling aman sedunia. Sebagaimana diketahui, alat pembayaran digital adalah sasaran empuk bagi para hacker yang mengincar uang di dunia maya. Namun, kini, Anda tidak perlu khawatir sebab PayPal sudah terbukti keamanannya.

  1. Gratis

Ini informasi yang penting buat pemula, yaitu bikin akun PayPal ini gratis. Hal itu sama dengan saat Anda bikin akun Facebook atau Instagram. Bahkan, di rekening Anda pun tidak ada batas minimal saldo. Karena itu, kalau saldonya kosong pun tidak jadi masalah.

Panduan Daftar PayPal tanpa Kartu Kredit

  1. Masuk ke situs PayPal.com

Adapun PayPal.com merupakan situs resmi dari PayPal, yang diketahui juga telah  memakai bahasa Indonesia. Karena itu, Anda tidak perlu khawatir dan kebingungan sebab ketika masuk ke situs ini, Anda hanya perlu klik panel “daftar” yang ada di bagian tengah bawah halaman.

  1. Memilih jenis rekening PayPal sesuai kebutuhan

Usai klik “daftar” tadi, Anda bakal diberikan pilihan untuk menentukan jenis rekening yang Anda inginkan, baik itu rekening pribadi maupun rekening bisnis. Di sini, kalau Anda hanya menggunakan PayPal untuk keperluan belanja online, sebaiknya Anda memilih rekening pribadi.

Di sisi lain, rekening bisnis sendiri digunakan untuk transaksi keuangan yang mengatasnamakan perusahaan.

  1. Masukkan nomor telepon

Penting diperhatikan juga bahwa Anda sudah memasukkan nomor telepon yang aktif karena pihak PayPal sendiri bakal langsung mengirimkan kode verifikasi berupa 6 digit angka ke nomor ponsel Anda via SMS.

Lantas, Anda tinggal memasukkan 6 angka tadi ke dalam 6 kotak yang muncul di layar website, kemudian klik “Berikutnya”.

  1. Pilih preferensi status sebagai pengguna akun PayPal

Di tahap ini, ada 4 pilihan preferensi status pengguna. Anda pun bisa memilih pembeli online jika tujuan Anda memiliki rekening PayPal hanyalah untuk transaksi belanja online.

Namun, apabila kelak Anda merasa akan menjadi penjual online atau menjual jasa sebagai freelancer online, Anda bisa pilih opsi “Kedua hal di atas”.

  1. Mengisi biodata pribadi

Terkadang, langkah yang satu ini memang terasa menjemukan lantaran terdapat beberapa data pribadi yang harus Anda isi dan kemungkinan Anda sudah sering mengisi form seperti ini.

Akan tetapi, Anda tetap perlu berhati-hati dalam mengisinya agar informasi yang Anda masukkan tetap benar.

  1. Biodata lebih lengkap

Ini merupakan langkah ketika Anda mesti mengisi data yang lengkap tentang diri Anda, meliputi alamat lengkap, termasuk kode pos, nomor identitas (bisa pilih nomor KTP, SIM, atau Paspor), serta tanggal lahir.

Mengingat begitu banyak angka yang harus Anda masukkan, pastikan Anda telah memasukkan dengan benar.

  1. Mengisi nomor kartu kredit dengan virtual credit card (VCC)

Di tahap ini, rekening PayPal Anda sudah jadi. Untuk diketahui, sejatinya, di bagian ini Anda diminta untuk mengisi nomor kartu kredit, tetapi jika Anda tidak punya kartu kredit, Anda tidak perlu khawatir.

Hal itu karena Anda dapat mengisi kolom kartu kredit dan nomornya dengan nomor VCC atau virtual credit card (kartu kredit virtual). Lantas, bagaimana cara untuk mendapatkan nomor VCC?

Sekarang ini, diketahui sudah banyak jasa yang menawarkan nomor VCC untuk akun PayPal dengan harga sangat terjangkau. Untungnya, sekarang Anda akan kian dimudahkan karena PayPal pun sudah menyediakan opsi kartu debit bagi Anda yang tidak punya kartu kredit.

Bikin Akun PayPal dengan Kartu Debit

Bagi Anda yang ingin membuat akun PayPal tanpa kartu kredit, sekarang ini PayPal sudah memberi pilihan lebih luas untuk hal itu. Adapun sebagai solusinya, Anda dapat menggunakan kartu debit yang dikeluarkan oleh bank.

Namun, ada ketentuan dari PayPal, yakni hanya kartu debit yang berlogo MasterCard, VISA, dan American Express saja yang dapat dipakai untuk transaksi di PayPal. Inilah deretan kartu debit yang dapat dipakai untuk transaksi di PayPal:

  • Kartu Debit Visa Bank Jenius BTPN
  • Kartu Debit Visa atau Mastercard dari Citibank
  • Kartu Debit Visa Bank Permata
  • Kartu debit Mastercard CIMB Niaga
  • Kartu Debit Visa Bank BNI
  • Kartu Debit Visa Bank BNI Syariah
  • Kartu Debit BCA Mastercard

Panduan Aktivasi Kartu Debit untuk Verifikasi Rekening PayPal

Sebagai contoh, di bawah ini akan diuraikan cara membuat PayPal BCA tanpa kartu kredit, tetapi dengan kartu debit BCA MasterCard untuk verifikasi rekening PayPal. Langkah-langkah adalah sebagai berikut.

  1. Registrasi Mobile BCA

Pertama, Anda harus sudah mengunduh aplikasi BCA Mobile di smartphone dan telah melakukan registrasi. Anda pun dapat mendatangi cabang bank BCA terdekat untuk meminta bantuan customer service terkait registrasi.

  1. Aktifkan fitur “Transaksi Debit Online”

Jika kartu debit BCA Anda memang berlogo MasterCard, selanjutnya bukalah BCA Mobile, kemudian klik “Akun saya”. Lalu, pilih “Kontrol”, kemudian slide tombol untuk mengaktifkan “Transaksi Debit Online”.

  1. Masukkan nomor ponsel untuk menerima kode OTP

Berikutnya, masukkan nomor ponsel Anda agar BCA dapat mengirim kode OTP. Usai proses itu rampung, Anda sudah bisa memasukkan kartu debit Anda untuk memverifikasi akun PayPal yang tadi sudah jadi.

Cara Isi Saldo PayPal

  1. Cara isi saldo PayPal melalui komputer/PC
  • Log-in ke akun PayPal
  • Masukkan nomor rekening bank yang dimiliki
  • Klik Money atau Wallet
  • Pilih Transfer Money, lalu pilih Go It
  • Klik Add Money to Your Balance untuk menambah/top-up saldo
  • Masukkan nominal yang akan ditransfer
  • Pilih tombol Add Personal

Adapun saldo otomatis masuk ke dalam rekening PayPal dari rekening bank dalam waktu maksimal 5 hari kerja.

  1. Cara isi saldo PayPal via HP
  • Buka dan log-in di aplikasi PayPal di ponsel Anda
  • Masukkan informasi akun bank
  • Pilih Your Balance yang terletak di bagian tengah
  • Selanjutnya, klik Add Money
  • Masukkan nominal uang yang ingin dimasukkan dalam saldo PayPal
  • Pilih Next, lalu Add to Your Balance

Nantinya, saldo PayPal akan bertambah dalam waktu 3—5 hari kerja.

  1. Cara isi saldo PayPal melalui kartu kredit
  • Datangi customer service di kantor bank yang mengeluarkan kartu kredit Anda
  • Konsultasikan kepada customer service untuk menghubungkan kartu kredit pada akun PayPal Anda

Kalau customer service menyetujui, kartu kredit Anda bakal terhubung dengan akun PayPal dan saldo akun PayPal bakal memiliki nominal yang sama dengan limit kartu kredit Anda.

Kerugian Menggunakan PayPal

Meski punya banyak keuntungan atau kelebihan, Paypal sendiri pun mengantongi sederet kelemahan. Inilah sejumlah kerugian menggunakan PayPal yang perlu Anda ketahui.

  1. Penyalahgunaan PayPal ada di mana-mana
  2. Limited Access atau Pembatasan Akun PayPal
  3. Penipuan berkedok PayPal
  4. Refund PayPal
  5. Add fund yang sulit
  6. Proses withdraw yang lama
  7. Tidak tahu penggunaan PayPal
  8. Fee termasuk besar

Demikianlah ulasan mengenai cara membuat paypal tanpa kartu kredit yang penting untuk Anda ketahui. Perlu juga Anda pahami bahwa dengan memiliki akun PayPal, Anda bakal semakin mudah membeli barang, berlangganan, atau membayar jasa apa pun di e-commerce atau website apa saja di seluruh dunia. Menarik, bukan?

 

Penulis: Kontributor / Boy Riza Utama

Editor: Anju Mahendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Bursa Kripto Masih Belum Terealisasi, Langkah Mendag Zulkifli Hasan Ditunggu

JAKARTA, duniafintech.com - Keberadaan bursa kripto sebagai bagian dari ekosistem perdagangan legal aset kripto di Indonesia hingga kini belum berujung atau terealisasi.  Meski pucuk pimpinan...

Segera Siapkan Regulasi Investasi Kripto, Zulkifli Hasan Bilang Biar Lebih Aman

JAKARTA, duniafintech.com - Investasi aset kripto saat ini banyak digandrungi masyarakat Indonesia. Kementerian Perdagangan (Kemendag) terus beradaptasi dengan tren ekosistem ekonomi digital itu. Hal itu...

Harga Volkswagen Polo hingga Daftar Dealernya

JAKARTA, duniafintech.com – Volkswagen Polo hingga kini masih menjadi salah satu mobil asal Jerman yang paling banyak diminati oleh masyarakat. Baik di Indonesia maupun di...

Estimasi Biaya Laparoskopi, Mahal Enggak Ya?

JAKARTA, duniafintech.com – Estimasi biaya laparoskopi di rumah sakit memang terbilang cukup menguras kantong, bahkan bisa mencapai puluhan juta. Laparoskopi sendiri adalah tindakan medis berupa...

Sesuai Syariat Islam, Begini Prinsip P2P Lending Syariah

JAKARTA, duniafintech.com - Pastinya P2P lending sudah tidak asing lagi di telinga, bukan? Seiring perkembangan zaman dan teknologi, dunia fintech syariah terus mengalami peningkatan....
LANGUAGE