29.6 C
Jakarta
Rabu, 26 Januari, 2022

Tertarik untuk Beli Tanah Virtual di Metaverse? Begini Caranya!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara beli tanah virtual di Metaverse memang sedang ramai diperbincangkan, sama halnya seperti berita tentang alun-alun Utara Jogja yang dijual di situs Next Earth.

Seperti dilangsir dari detik.com, Alun-alun Utara Yogyakarta dijual dengan nilai yang fantastis di situs bernama Next Earth. Hal itu diketahui dari unggahan di akun Twitter @ridlwandjogja menampilkan sebuah postingan yang ingin membeli Alun-Alun Utara di metaverse. Ridlwan menampilkan tangkapan layar harga jual Alun-Alun Utara Jogja.

Lalu apa sebenarnya Next Earth itu? Pakar Teknologi Informasi Universitas Gadjah Mada (UGM) Ridi Ferdiana, next earth adalah tempat jual-beli cryptocurrency dengan menggunakan tanah virtual sebagai asetnya. Next Earth ini menggunakan mata uang tersendiri yang dikenal dengan MATIC untuk membeli tanah tersebut.

Next Earth kata adalah sebuah situs yang menarik, karena mengkombinasikan berbagai teknologi peta digital, blockchain, dan juga konsep metaverse. Metaverse saat ini memang sedang nge-trend. Ada banyak sekali pilihan dunia virtual ini, mulai dari Decentraland (MANA) hingga The Sandbox (SAND). Transaksi mengenai pembelian tanah virtual di metaverse memakai koin digital yang ditukarkan menggunakan uang di dunia nyata. Lantas, bagaimana cara beli tanah virtual di Metaverse? Simak selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Cara Beli Tanah Virtual di Metaverse

Adapun caranya untuk bisa memiliki tanah virtual di Metaverse, antara lain:

  • Langkah pertama adalah mengunjungi situs web market.decentraland.org
  • Setelah itu, buatlah akun jual-beli yang prosesnya cukup mudah dilakukan yaitu dengan cara menuliskan email pribadi dan memasukkan kode verifikasi yang dikirimkan ke email secara otomatis. Selanjutnya adalah membuat password.
  • Kemudian, masuk ke dalam akun jual-beli menggunakan alamat email dan password untuk menemukan tanah virtual yang ingin dibeli.
  • Cara beli tanah virtual di Metaverse selanjutnya adalah hunting tanah virtual dengan cara klik menu ‘MARKETPLACE’ yang berada di bagian kiri atas. Lalu, scroll layar ponsel Anda ke bagian bawah hingga menemukan ‘Parcels and Estates’, kemudian klik ‘VIEW ALL’.
  • Setelah itu nantinya akan muncul peta dunia virtual, dan kamu tinggal pilih saja tanah mana yang ingin dibeli. Harga tanah virtual di Decentraland pun sangat bervariasi. Setelah kamu sudah mendapatkan harga dan lokasi yang menurutmu itu cocok, maka pastikan uang kripto yang dimiliki sudah cukup untuk membelinya, dalam hal ini menggunakan kripto MANA.

Cara Mengisi Saldo MANA

Mudah, bukan? Namun, jika kripto MANA kamu tidak cukup untuk membeli tanah virtual yang diinginkan, maka harus top up atau mengisi saldo lebih dulu. Cara mengisi saldo MANA juga sangat mudah, hanya dengan menekan ikon MANA yang berada di kanan atas.

Setelah menekan ikon MANA, nantinya akan muncul dua pilihan, yaitu Ethereum MANA dan Polygon MANA. Pilihlah salah satu, lalu masukkan jumlah yang ingin kamu isi ke saldo MANA, kemudian klik ‘BUY’ untuk mengisi saldo.

Diketahui saat itu harga 1 MANA nilainya itu setara Rp 41.440,13. Jadi, kamu hanya perlu menyesuaikan saja berapa jumlah MANA yang kamu butuhkan untuk membeli tanah virtual, lalu dikonversi ke rupiah untuk mengetahui berapa rupiah yang harus ditukarkan untuk membelinya.

Jadi, seperti itulah kiranya cara beli tanah virtual di Metaverse yang bisa kamu coba. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk memiliki tanah virtual di Metaverse?

 

Penulis: Kontributor / M. Raihan Mu’arif

Editor: Anju Mahendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Binary Option Ilegal dan Dilarang, Dua Nama Crazy Rich Ini Terseret

JAKARTA, duniafintech.com – Di jagat maya belakangan ini ramai diperbincangkan soal afiliator sistem trading Binary Option. Adapun keberadaannya pun dianggap sudah menipu dan merugikan...

NET TV IPO: Saham Diburu Investor Asing hingga Bakal Kembangkan Pemanfaatan Metaverse

JAKARTA, duniafintech.com – Pada Rabu (26/1/2022), PT Net Visi Media Tbk atau NET TV resmi melantai di bursa saham Indonesia setelah melakukan Initial Public...

Sri Mulyani Luncurkan E-Materai, Startup Ini Sediakan Fiturnya

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani telah meluncurkan materai elektronik atau e-materai. Menyambut kebijakan tersebut, Startup Fintech Paper.id melunucurkan fitur tersebut. CTO & Co-Founder...

Permodalan Fintech Akan Lebih Tinggi, Pemain Mulai Siapkan Strategi

JAKARTA, duniafintech.com – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah merilis fintech lending yang berjumlah 103 platform, per 3 Januari 2022 seluruhnya telah mengantongi izin usaha...

Cara Setor Tunai BCA Tanpa Kartu di ATM, Mudah dan Praktis

JAKARTA, duniafintech.com - Cara setor tunai BCA tanpa kartu ternyata bisa dilakukan lewat ATM BCA terdekat di rumah Anda. PT Bank Central Asia TBK...
LANGUAGE