29 C
Jakarta
Selasa, 16 April, 2024

Mengenal Apa Itu Analisa Teknikal Bitcoin Beserta Prinsip Dasarnya

JAKARTA, duniafintech.com – Analisa teknikal bitcoin adalah salah satu metode analisis yang menggunakan indikator matematis untuk memprediksi tren masa depan suatu aset berdasarkan pergerakan harga sebelumnya. 

Prinsip dasar analisa teknikal bitcoin adalah dengan mengidentifikasi tren dan pola pergerakan sebuah aset tersebut. 

Harga sebuah aset merupakan refleksi dari berbagai informasi sebuah aset termasuk peristiwa global, berita tentang aset, dan bagaimana pelaku pasar menilai aset itu. Lalu, setiap pergerakan harga yang dialami suatu aset merupakan bagian dari tren pasar secara garis besarnya. 

Beberapa elemen penting dari analisis teknikal adalah membaca grafik harga candlestick, menentukan level support dan resistance, pembuatan garis tren, dan menggunakan indikator teknikal tersebut. 

Analisa Teknikal Bitcoin

Apa itu Analisa Teknikal Bitcoin

Seperti yang dijelaskan di atas, analisa teknikal adalah metode analisis yang menggunakan indikator matematis untuk memprediksi tren masa depan suatu aset berdasarkan pergerakan harga sebelumnya. 

Pola dan tren dalam analisa teknikal merupakan sesuatu yang berulang dan bisa dimanfaatkan investor untuk membeli aset pada waktu dan harga yang dianggap tepat. Analisa teknikal Bitcoin ini juga sangat penting untuk dipahami trader kripto, sebab juga dapat mendatangkan cuan maksimal. 

Baca jugaMengenal Manfaat Kripto: Pengertian dan Jenis-jenisnya yang Populer

Mengapa analisis teknikal bitcoin dilakukan? Seorang investor idealnya membeli aset kripto dalam harga rendah dan menjualnya dalam harga lebih tinggi agar mendapatkan keuntungan. 

Melakukan analisa teknikal sebelum membeli aset adalah salah satu cara untuk mengidentifikasi tren yang sedang dialami aset dan juga menentukan titik harga yang rendah. Utamanya dapat menjadi langkah untuk profit. 

Meskipun begitu, kita perlu mengerti analisis teknikal bukan ilmu pasti. Investor dan trader menganalisis grafik berdasarkan sejarah pergerakan harga aset itu. 

Setiap orang mempunyai pilihan alat analisis dan indikator masing-masing sehingga biasanya menghasilkan kesimpulan yang berbeda-beda. Namun, kita dapat memahami beberapa prinsip dasar dan elemen penting analisis teknikal untuk menghasilkan analisis yang memang akurat.

Prinsip Dasar Analisa Teknikal Bitcoin

Prinsip dasar analisa teknikal bitcoin terdiri dari:

1. Sejarah cenderung berulang

Asumsi ini didasarkan dari manusia sebagai pelaku pasar yang dipengaruhi oleh berbagai faktor-faktor psikologis. Faktor psikologis ini cenderung mempengaruhi perilaku kita saat dihadapkan oleh situasi tertentu. Dalam jangka waktu panjang, perilaku sebagai partisipan pasar cenderung berulang dan membentuk sebuah pola tertentu.

2. Harga sebuah aset merupakan refleksi dari berbagai faktor

Prinsip ini muncul dari asumsi bahwa semua faktor dan informasi terkait dengan sebuah aset saham/koin sudah dicerminkan dalam harganya. Jadi, harga yang ditampilkan merupakan refleksi berbagai informasi sebuah aset termasuk peristiwa global, berita tentang aset, dan bagaimana pelaku pasar menilai aset tersebut.

3. Pergerakan harga merupakan bagian dari tren pasar

Setiap pergerakan harga yang dialami suatu aset merupakan bagian dari tren pasar secara garis besarnya. Dalam kasus Bitcoin, pergerakan harganya merupakan cerminan tren pasar kripto yang berpengaruh terhadap aset kripto lainnya. Memahami tren pasar dapat mencegah perilaku FOMO dan panic selling saat pasar mengalami penurunan atau kenaikan harga yang drastis.

4. 3 tahap dalam sebuah tren

Berdasarkan teori Dow, setiap tren besar akan melalui 3 tahapan yaitu tahap akumulasi, partisipasi atau penyerapan, dan distribusi. Tahap akumulasi merupakan fase awal di mana kepercayaan investor terhadap aset masih rendah namun beberapa investor pintar mulai mengakumulasi aset sebagai langkah antisipasi. 

Baca jugaMenengok Perbandingan Luno vs Indodax, Mana yang Lebih Baik Buat Trading? 

Tahap partisipasi/penyerapan adalah tahap di mana publik dan banyak investor baru mulai membeli aset saja. Terakhir, tahap distribusi merupakan tanda tren akan berakhir di mana investor awal mulai menjual aset sementara banyak investor baru membeli aset saat harga tinggi. 3 tahapan ini biasanya dikorelasikan kepada tren bull dan bear market dalam dunia kripto tersebut. 

Itulah pengertian analisa teknikal Bitcoin beserta Prinsip dasarnya yang perlu kamu ketahui. Informasi seputar dunia cryptocurrency ini semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda. 

Baca juga: 10 Coin yang Bagus Untuk Investasi Kripto, Siap-siap Cuan Maksimal

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE