29 C
Jakarta
Senin, 15 April, 2024

Pinjaman Online Resmi Untuk Mahasiswa, Ini Rekomendasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Pinjaman online resmi untuk mahasiswa sepertinya juga berguna apabila dilanda masalah keuangan. 

Kini, tidak hanya kehidupan rumah tangga yang pelik karena masalah ekonomi, mahasiswa terkadang juga mengalaminya. Pinjaman online resmi untuk mahasiswa hadir sebagai solusi dari permasalahan tersebut. Simak penjelasan bagaimana proses dan kelegalannya.

Pinjaman Online Resmi Untuk Mahasiswa

Semakin tingginya biaya hidup, sehingga tidak jarang para mahasiswa juga mengalami masalah keuangan. Biaya kuliah dan biaya hidup yang tinggi menjadi akan mendapatkan solusi melalui pinjaman online resmi.

Sebagian besar, mahasiswa mengandalkan kiriman dari orang tua mereka yang ada di luar kota. Sehingga biaya untuk indekos dan kehidupan sehari-hari juga harus dipikirkan.

Lalu, apakah pinjaman online untuk mahasiswa dilegalkan pemerintah? Pada dasarnya hal tersebut menjadi legal, jika mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan.

Baca juga: Penyebab Pinjaman Online Selalu Ditolak, Ternyata Ini Faktor-faktornya

Perusahaan pinjaman online mendapatkan izin dari OJK terjamin keamanannya. Namun, para mahasiswa perlu berhati-hati dan harus mengecek terlebih dahulu.

Pinjaman Online Resmi Untuk Mahasiswa

Platform Pinjaman Online Resmi Untuk Mahasiswa

Ada beberapa platform yang bisa digunakan mahasiswa untuk melakukan peminjaman, yaitu:

1. Tunai Kita

Platform pinjaman online pertama yang cocok untuk mahasiswa, yakni Tunai Kita. Jumlah yang ditawarkan mulai dari Rp500 ribu sampai dengan Rp20 juta. Jangka waktu yang tersedia mulai dari 10 hari sampai 6 bulan lamanya.

Jangka waktu yang lama bisa cukup waktu untuk mahasiswa menghimpun dana. Untuk persyaratan berlaku pada usia 21 tahun sampai dengan 60 tahun. Anda juga perlu memiliki rekening bank pribadi dan NPWP.

2. Dana Rupiah

Syarat untuk mengajukan pinjaman pada platform Dana Rupiah, berusia minimal 18 tahun. Lampirkan juga rekening bank dan KTP. Anda bisa mengajukan pinjaman tanpa memberikan jaminan.

Ada 2 kategori pinjaman yang bisa Anda pilih. Untuk biaya kuliah dan untuk kategori personal. Anda bisa menyertakan bukti bahwa telah terdaftar aktif sebagai mahasiswa untuk pinjaman biaya kuliah.

Baca jugaCara Menghapus Izin Akses Pinjaman Online, Biar Aman Tentunya

Namun, besaran dana yang bisa Anda ajukan lebih sedikit, yakni Rp400 ribu sampai dengan Rp8 juta.

3. Uang Teman

Jika Anda ingin meminjam uang dalam jangka waktu yang singkat tidak lebih dari 1 bulan, bisa memilih platform Uang Teman. Dana yang ditawarkan mulai dari Rp1 juta dengan tenor 10 sampai 30 hari.

Manfaat Pinjaman Online Resmi

Kemudian, apa saja manfaat yang dapat Anda nikmati jika menggunakan pinjaman online ini?

1. Dana diproses secara cepat

Kamu tidak butuh waktu lama untuk memperoleh dana pinjaman. Rata-rata aplikasi pinjaman online memberikan persetujuan pinjaman yang diajukan dalam kurun waktu kurang dari waktu 24 jam. Bandingkan dengan bank konvensional yang memprosesnya selama satu sampai dua pekan.

2. Persyaratan mudah tanpa repot

Bank kerap meminta calon peminjam menyiapkan sejumlah dokumen sebagai syarat pinjaman. Namun, penyelenggara pinjaman online hanya membutuhkan KTP dan foto diri Anda sendiri. Syarat dokumen lain bersifat opsional jika memang benar-benar itu diperlukan.

3. Praktis tidak perlu tatap muka

Karena semua proses berlangsung online, mulai dari pendaftaran, pengajuan, persetujuan, hingga pengiriman dana, Anda bisa melakukannya kapan saja dan dimana saja tentunya. Pinjaman online 24 jam dapat diperoleh dengan cepat sepanjang Anda sudah mengunduh aplikasi dan memenuhi syarat yang diminta penyedia

4. Tenor bersifat fleksibel

Berbeda dengan jenis kredit lain, tenor pinjaman online cenderung pendek, yaitu 30 hari atau satu bulan. Tenor ini disukai karena dipandang sesuai dengan siklus gajian para karyawan. Berlawanan dengan masa pinjaman bank yang hanya memberi opsi tenor minimum sampai enam bulan. Padahal, tidak semua orang mampu membayar cicilan dalam waktu yang lama.

5. Meminjam tanpa jaminan dan kartu kredit

Tidak punya jaminan maupun punya kartu kredit? Tenang, dua hal ini tidak Anda butuhkan jika hendak mengajukan pinjaman uang yang bisa dicicil. Tentu kehadiran aplikasi pinjaman online memberi manfaat bagi Anda yang memang tidak punya kartu kredit tersebut. Bahkan, Anda tidak usah menyerahkan aset sebagai jaminan pinjaman, ini tentu praktis dan mudah.

Meskipun mudah, pinjaman online resmi untuk mahasiswa tetap harus mengedepankan sikap kehati-hatian.

Itulah ulasan mengenai pinjaman online resmi untuk mahasiswa yang dapat anda pahami. Demikianlah, semoga informasi ini bermanfaat. 

Baca jugaCara Menghindari Teror Pinjaman Online Ilegal, Simak di Sini

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE