26.2 C
Jakarta
Minggu, 4 Desember, 2022

Apa Itu Financial Freedom? Kenali Manfaat hingga Ciri-cirinya!

JAKARTA, duniafintech.com – Apa itu financial freedom? Adapun pertanyaan tersebut memang sering kali terlintas di benak banyak orang lho.

Nah, financial freedom bisa diartikan sebagai kebebasan secara finansial. Hal itu pun memang sesegera mungkin ingin diwujudkan oleh banyak orang.

Adapun demi mewujudkannya, banyak orang yang rela bekerja keras demi kondisi finansial yang lebih baik di masa depan. Untuk mengetahui lebih jauh soal istilah finansial yang satu ini, simak ulasan di bawah ini, seperti dinukil dari Qoala.

Baca juga: Gunakan 13 Aplikasi Pengelola Keuangan Ini supaya Finansial Tetap Terkendali

Apa Itu Financial Freedom?

Pada dasarnya, kebebasan finansiala dalah kondisi ketika seseorang sudah mampu atau sanggup secara finansial untuk memenuhi semua kebutuhan dan keinginan tanpa khawatir lagi akan kekurangan.

Kebebasan secara finansial ini pun bisa ditandai dengan kondisi ketika kamu tidak perlu lagi menghabiskan waktu dan tenaga untuk bekerja sejak pagi hingga petang, tetapi penghasilan yang melimpah tetap datang dengan lancar.

Dengan mencapai kebebasan finansial ini, tentunya kamu akan punya lebih banyak waktu untuk melakukan berbagai hal yang disukai. Kamu pun sudah tidak perlu pusing lagi dengan keuangan untuk memenuhi kebutuhan hidup karena telah memiliki penghasilan yang mengalir terus tanpa harus bekerja keras.

Manfaat Financial Freedom—Apa Itu Financial Freedom

1. Menjadi independen dalam menentukan keputusan keuangan

Adapun seseorang yang telah mencapai financial freedom ini akan mampu mencukupi kebutuhan pribadinya tanpa mesti mencari bantuan dari pihak lain. Hal itu akan membuatnya menjadi independen dalam hal menentukan keuangan. Hal itu akan membuat hidupnya jauh lebih bahagia.

Dalam hal ini, ia sanggup mencukupi semua kebutuhan tanpa perlu khawatir pada kondisi keuangan sebab uang akan datang dengan sendirinya tanpa perlu bekerja lagi.

2. Memiliki stabilitas finansial—apa itu financial freedom

Manfaat lainnya, yaitu memiliki stabilitas finansial yang baik. Dalam hal ini, kamu akan mampu mengalokasikan anggaran keuangan yang dimiliki di tempat masing-masing secara efisien dan efektif.

Tentunya, kestabilan finansial ini akan membuat seseorang tidak perlu khawatir akan kondisi keuangannya di masa mendatang. Bahkan, tanpa perlu bekerja, ia akan tetap mendapatkan penghasilan dari investasi yang telah dipersiapkan sebelumnya.

Baca juga: Ayo! Upgrade Finansial Tahun 2022 dengan Beberapa Tips Berikut Ini

3. Lebih tenang dan tidak cemas akan kondisi finansial

Kondisi finansial memang menjadi salah satu kekhawatiran terbesar dalam hidup semua orang. Dalam hal ini, hampir semua orang menginginkan kondisi finansial yang stabil dan sangat khawatir kalau keuangannya sedang tidak baik-baik saja.

Nah, seseorang yang telah mencapai kebebasan finansial biasanya akan cenderung lebih tenang dan tidak cemas akan kondisi keuangannya. Pasalnya, seluruh kebutuhan hariannya bisa terpenuhi dengan baik, demikian halnya dengan keinginan lain yang diimpikan juga akan bisa tercapai.

Apa Itu Financial Freedom

Cara Mencapai Financial Freedom

  1. Pahami kondisi finansial pribadi

Jika ingin mencapai kebebasan finansial maka kamu harus mampu memahami kondisi keuangan yang dimiliki terlebih dahulu. Dalam hal ini, kamu perlu memastikan bahwa pendapatan yang dimiliki mampu memenuhi kebutuhan sepenuhnya.

  1. Menyusun financial planning

Tentu saja, menyusun financial planning dengan baik pun akan memudahkan kamu untuk mencapai kebebasan finansial. Terkait hal itu, kamu dapat memulainya dengan merancang pos-pos pengeluaran rutin bulanan untuk mengetahui sirkulasi keuangan pribadi.

  1. Melunasi utang

Mereka yang telah mencapai financial freedom berarti sudah tidak punya beban ekonomi alias terbebas dari utang. Oleh sebab itu, kalau kamu ingin mencapai financial freedom maka prioritaskan untuk melakukan pelunasan utang terlebih dahulu.

  1. Menabung dan investasi

Selain itu, saat ingin mencapai financial freedom di usia muda, kamu pun perlu menyiapkan diri untuk mengatur keuangan dan menyisihkan sebagian pendapatan agar bisa menabung dan berinvestasi. Dengan cara itu, kamu tidak perlu khawatir lagi akan kondisi finansial di masa mendatang.

  1. Menyesuaikan lifestyle dengan kondisi keuangan

Cara lainnya untuk meraih financial freedom, yakni dengan pintar mengatur pengeluaran. Di antara caranya, yaitu kamu harus mampu menyesuaikan gaya hidup alias lifestyle dengan kondisi keuangan yang dimiliki.

Namun, hal itu bukan berarti bahwa kamu harus pelit pada diri sendiri ya. Pasalnya, dalam hal ini, kamu hanya perlu memilah dan memilih antara kebutuhan dan keinginan.

Ciri-ciri Financial Freedom

  1. Dana pensiun sudah aman
  2. Memiliki pendapatan pasif
  3. Nilai aset yang dimiliki besar
  4. Diri dan keluarga sudah terproteksi asuransi
  5. Tidak lagi konsumtif dan impulsif

Sekian ulasan tentang apa itu financial freedom yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Tips Mandiri Finansial dengan Gaji Pas-pasan

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Perusahaan Asuransi yang Diawasi OJK, Simak Ya Daftarnya

JAKARTA, duniafintech.com – Perusahaan asuransi yang sudah terdaftar dan diawasi OJK (Otoritas Jasa Keuangan) hingga kini sudah banyak. Meski demikian, hanya sekitar 1,7 persen penduduk...

Outstanding Shares, Apa Itu? Ini Pengertian hingga Manfaatnya

JAKARTA, duniafintech.com – Outstanding shares merupakan salah satu istilah dalam dunia investasi saham yang wajib dipahami oleh investor. Pada dasarnya, istilah ini merujuk pada sebuah...

Kerugian Ikut Asuransi Prudential dan Keuntungannya, Cek Ya!

JAKARTA, duniafintech.com – Kerugian ikut asuransi Prudential dan keuntungannya perlu diketahui oleh nasabah dari perusahaan asuransi ini. Seperti diketahui, salah satu pertimbangan saat akan membeli...

Cara Pindah Faskes BPJS Berikut Syarat dan Ketentuannya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara pindah faskes BPJS Kesehatan berikut ini sangat penting diketahui oleh para peserta asuransi satu ini. Cara pindah faskes-nya pun sebetulnya sangat...

Kripto Masuk Pembahasan RUU P2SK, Ini Respon CEO Indodax

JAKARTA, duniafintech.com - Rancangan Undang Undang (RUU) Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (P2SK) resmi masuk ke dalam daftar Program Legislasi Nasional (Prolegnas) DPR yang...
LANGUAGE