28.8 C
Jakarta
Rabu, 22 Mei, 2024

Tips Mandiri Finansial dengan Gaji Pas-pasan

JAKARTA, duniafintech.com – Ada banyak cara untuk bisa menerapkan mandiri finansial dengan gaji pas-pasan, asalkan kamu dapat mengenal dirimu sendiri. Mandiri secara finansial mungkin sudah menjadi impian bagi banyak orang, termasuk para generasi milenial.

Namun untuk dapat mewujudkannya, ada rasa cemas yang kerap kali menghantui para milenial, karena mereka hanya berpatokan pada seberapa besar gaji dan pendapatan yang dicapai olehnya.

Padahal, bagi seseorang yang ingin mencapai kemandirian secara finansial itu tidaklah sulit. Sebab, pada dasarnya adalah mandiri finansial itu tidak ada berhubungan dengan pendapatan, melainkan dari kebiasaan. Di bawah ini ada beberapa kebiasaan yang perlu diterapkan untuk mencapai mandiri secara finansial dengan gaji yang pas-pasan.

Mandiri Finansial dengan Gaji Pas-Pasan, Terapkan 5 Kebiasaan Ini!

Cara mandiri finansial dengan gaji pas-pasan bisa dengan menerapkan kebiasaan-kebiasaan berikut ini, antara lain:

  1. Berhemat

Pergunakanlah uang untuk mencukupi kebutuhan hidup sesuai dengan kemampuanmu, hal tersebut adalah salah satu cara untuk mencapai mandiri secara finansial, meski kamu punya pendapatan yang tidak besar. Bahkan, dengan berhemat juga merupakan satu dari cara untuk menjadi kaya.

Sikap hemat memang sudah seharusnya dibiasakan sejak dini dan bukan hanya diterapkan saat tidak punya uang saja, tetapi juga saat kamu memiliki uang banyak. Hal ini juga yang kerap kali dilakukan oleh orang kaya, karena kebanyakan mereka lebih banyak memilih untuk mengalokasikan dana mereka pada tabungan hingga investasi.

  1. Kerja Sampingan

Mandiri finansial dengan gaji pas-pasan bisa kamu capai saat memiliki kerja sampingan, dengan begitu nantinya kamu akan menambah sumber penghasilan. Sehingga, membuatmu dapat mengumpulkan pundi-pundi kekayaan lebih banyak daripada biasanya dengan hanya mengandalkan satu pekerjaan saja.

  1. Bijak dalam Berutang 

Tidak ada yang salah dengan berutang. Namun, jika berutang tanpa rencana matang dan untuk membeli hal yang tidak penting, maka akan membuatmu terjebak dalam pengelolaan finansial yang rumit. Hal ini sangat perlu ditanamkan dalam diri masing-masing untuk mencegah godaan untuk membeli barang-barang non-kebutuhan primer yang justru saat ini banyak dialami generasi milenial.

  1. Luangkan Waktu untuk Belajar

Selain kamu harus berhemat dan juga melakukan kerja sampingan, tentu juga harus banyak-banyak meluangkan waktu untuk belajar berbagai ilmu baru. Hal ini selain bisa menambah wawasan dan mindset, bisa juga untuk mencari berbagai sumber pertumbuhan keuangan baru lainnya bisa jadi akan terbentuk, sehingga kamu terbiasa produktif.

  1. Alokasi Dana Masa Depan

Selalu sisihkan sebagian uang yang berhasil kamu dapatkan untuk hal-hal yang bisa saja terjadi di masa depan, kamu bisa memulainya dengan menyiapkan tabungan dana darurat, anggaran hari tua hingga asuransi. Jika perlu, kamu bisa menjajal berbagai macam instrumen investasi yang cenderung memiliki risiko rendah agar bisa mencapai tujuan lebih cepat, yakni mandiri secara finansial ke depannya.

Itulah tadi 5 kebiasaan yang harus diterapkan jika ingin mandiri secara finansial dengan gaji yang pas-pasan, selain itu hal ini juga akan membuatmu Bebas Cemas dalam mengelola finansial, baik itu untuk saat ini maupun masa depan.

 

Penulis: Kontributor / M. Raihan Mu’arif

Editor: Anju Mahendra

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU