26.6 C
Jakarta
Selasa, 9 Agustus, 2022

Apa Itu Payment Gateway: Manfaat & Cara Kerjanya

JAKARTA, duniafintech.com – Apa itu payment gateway dan contohnya? Buat para pelaku bisnis, istilah ini tentunya sudah tidak asing lagi di telinga mereka.

Sistem PaymentGateway Indonesia diketahui mampu memberikan kemudahan dalam urusan pembayaran, penjualan, dan pembelian, khususnya di dunia bisnis atau toko online atau e-commerce.

Apalagi, sejak adanya pandemi Covid-19 ini, jumlah toko online diketahui mengalami peningkatan drastis. Di Indonesia sendiri, terdapat sejumlah bidang fintech yang berkembang dengan pesat dan PaymentGateway ini menjadi salah satunya.

Payment gateway adalah bidang fintech yang menjembatani transaksi antara konsumen dan penyedia barang. Namun, seperti apa sih cara kerja dan apa saja manfaat payment gateway ini? Simak yuk ulasannya berikut ini.

Baca juga: Skema dalam P2P Lending Syariah, Ternyata Begini ya Guys!

apa itu payment gateway

Apa Itu Payment Gateway?

Payment gateway sendiri merupakan istilah dari bahasa Inggris, dengan akar kata payment (pembayaran) dan gateway (gerbang). Jika digabungkan maka artinya adalah gerbang pembayaran.

Ini merupakan teknologi yang mampu membuat seluruh bisnis menerima transaksi pembayaran dari berbagai tempat dan waktu tidak terbatas lewat pemanfaatan internet.

Dengan demikian, PaymentGateway bisa diartikan sebagai alat pembayaran suatu transaksi dalam layanan aplikasi e-commerce dengan fungsi mengotorisasi berbagai proses pembayaran baik perbankan, kartu kredit, transfer bank, maupun secara langsung dari konsumen.

Baca juga: Faspay Payment Gateway, Solusi Pembayaran Online Terbaik untuk Anda

Perkembangan Payment Gateway di Indonesia

Adapun PaymentGateway di Indonesia diresmikan pada tanggal 4 Desember 2017 di Jakarta oleh Bank Indonesia (BI). Sistem payment gateway di Indonesia diberi nama Gerbang Pembayaran Nasional (GPN).

Hal itu yang disahkan sebagai peraturan PaymentGateway dengan Peraturan BI No. 19/8/PBI/2017 dan Peraturan Anggota Dewan Gubernur No.19/10/PADG/2017. Di dalam Peraturan Anggota Dewan Gubernur mengatur sistem PaymentGateway di Indonesia untuk mengintegrasikan berbagai instrumen pembayaran secara nasional dan membuat lokal pembayaran perbankan di Indonesia.

Sebagai informasi, dukungan pemerintah terhadap perkembangan PaymentGateway di Indonesia sangat tinggi. Supaya Gerbang Pembayaran Nasional ini sukses, pemerintah membentuk tiga pihak khusus, yakni Lembaga Standar, Lembaga Switching, dan Lembaga Service, yang bertugas mengelola dan mengembangkan PaymentGateway di Indonesia.

Manfaat Payment Gateway

PaymentGateway tentunya membawa dampak signifikan dalam kehidupan dan semua transaksi pembayaran berjalan secara efektif. Bukan itu saja, masih ada lagi manfaat PaymentGateway yang perlu kamu ketahui, yakni sebagai berikut:

1. Mempermudah transaksi online

Manfaat PaymentGateway yang pertama adalah mempermudah transaksi online. Dengan adanya teknologi ini, kamu tidak perlu melakukan pembayaran secara offline melalui bank atau bertemu pihak penjual secara langsung. Pasalnya, proses transaksi sudah otomatis dilakukan secara online.

2. Opsi pembayaran lebih banyak

Manfaat berikutnya adalah opsi pembayaran lebih banyak. Karena transaksi dilakukan secara online, penyediaan sarana pembayaran menjadi berkembang dan beragam. Kamu pun bisa memilih sarana transaksi sesuai dengan opsi pembayaran yang dimiliki tanpa mesti membuat dari awal.

3. Transaksi lebih cepat diselesaikan

Manfaat penting lainnya adalah transaksi lebih cepat diselesaikan. Kamu tidak perlu menunggu beberapa hari untuk membeli suatu produk sebab proses transaksi lama. Dengan PaymentGateway, proses transaksi akan segera selesai sebab payment gateway terintegrasi langsung ke asosiasi penerbit atau bank dan tempat transaksi barang.

4. Keamanan lebih terjamin

Manfaat unggulannya adalah keamanan yang lebih terjamin. Sistem transaksinya punya keamanan berganda, baik dari sisi hubungan dengan penerima dana maupun tempat transaksi barang. Dengan demikian, kamu tidak perlu khawatir dana kamu dicuri oleh oknum lewat tindak kejahatan skimming, kebocoran data, dan sebagainya.

5. Tidak ada limit transaksi

Berikutnya, ada manfaat yang dirasakan banyak orang dari adanya PaymentGateway, yaitu tidak ada limit transaksi. Dalam hal ini, konsumen dapat melakukan transaksi pembayaran sepuas mungkin dalam satu waktu tanpa terikat limit transaksi.

6. Melayani pertukaran kurs dengan mudah

Manfaat selanjutnya adalah buat kamu yang akan bepergian ke luar negeri, yaitu PaymentGateway melayani pertukaran kurs dengan mudah. Kamu tidak perlu mengantre secara offline untuk menukarkan kurs. Cukup lewat payment gateway secara online, keperluan pertukaran kurs bisa terpenuhi.

7. Memungkinkan transaksi massal dalam satu waktu

Manfaat yang satu ini akan dirasakan oleh pelaku usaha. Hal ini tentu membantu aktivitas bisnis lebih efisien. Misalnya, pengiriman gaji karyawan akan dapat dilakukan secara efektif.

Cara Kerja Payment Gateway

Berikut ini cara kerja payment gateway yang perlu diketahui melalui e-commerce.

1. Konsumen melakukan transaksi

Pertama, konsumen e-commerce akan melakukan window shopping lalu memutuskan untuk membeli suatu produk sehingga muncul opsi pembayaran, salah satunya PaymentGateway. Pembayaran dengan PaymentGateway bisa menjadi salah satu opsi atau terpasang otomatis saat konsumen akan membayar.

2. Penerusan informasi payment gateway ke prosesor pembayaran

Kedua, dengan meneruskan informasi pada langkah pertama yang diketahui oleh koneksi sumber payment gateway kepada pelaku proses pembayaran yang dipilih konsumen. Misalnya, jika konsumen memilih transaksi pembayaran melalui bank maka payment gateway akan menyampaikan informasi ke bank tersebut.

3. Informasi diterima oleh asosiasi penerbit

Berikutnya, pelaku processor pembayaran menyampaikan informasi terjadinya PaymentGateway kepada asosiasi penerbit kartu, misalnya Visa atau Mastercard. Di samping berdasarkan Visa atau Mastercard, PaymentGateway pun bisa menghubungkan ke bank-bank yang bekerja sama dengan PaymentGateway bersangkutan.

4. Pemberian kode khusus

Selanjutnya, asosiasi penerbit bakal memberikan balasan berupa kode khusus ke prosessor pembayaran. Kode khusus ini sifatnya mirip dengan OTP, tetapi hanya diketahui oleh penerbit kartu dan prosesor PaymentGateway.

5. Keberhasilan transaksi

Jika kode pembayaran diterima dan dikonfirmasi maka PaymentGateway akan mengubah status pembayaran konsumen menjadi lunas. Kemudian, PaymentGateway bakal meneruskan informasi ke merchant pemasang dan transaksi jual beli sukses dilakukan.

Itulah informasi seputar apa itu payment gateway yang penting diketahui. Salah satu hasil inovasi dunia fintech ini sangat memudahkan pebisnis dalam melayani ratusan, bahkan ribuan transaksi sekaligus. Sudah siap untuk mencobanya?

Baca juga: 7 Payment Gateway Gratis Terbaik untuk Bisnis Online

Info lengkap seputar dunia Kripto dan Fintech bisa kamu simak di Duniafintech.com

 

Penulis: Kontributor/Boy Riza Utama

Editor: Rahmat Fitranto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Asyik dan Seru! Inilah Aplikasi Untuk Main Metaverse

JAKARTA, duniafintech.com - Aplikasi untuk main Metaverse penting untuk diketahui. Untuk bisa masuk dalam teknologi alam semesta virtual, tentunya harus menggunakan sebuah aplikasi.  Sejak metaverse...

Profil Asuransi Mobil BESS hingga Daftar Bengkel Rekanannya

JAKARTA, duniafitech.com – Asuransi Mobil BESS atau BESS Car Insurance merupakan salah satu perusahaan asuransi kendaraan terbaik dan populer di Indonesia. Sebagai informasi, perusahaan ini...

Harus Cepat Dihindari, Inilah Bahaya FOMO Bagi Trader Kripto

JAKARTA, duniafintech.com - Bahaya FOMO bagi trader kripto merupakan istilah rasa ketakutan yang berlebihan akan suatu hal.  FOMO atau Fear Of Missing Out adalah rasa...

Mudah! Begini Cara Top Up OVO lewat Bank Bukopin via Wokee

JAKARTA, duniafintech.com – Mau tahu cara top up OVO lewat Bank Bukopin? Pada dasarnya, caranya  sebenarnya sangat gampang kok untuk kamu lakukan. Seperti diketahui, belakangan...

Luhut: Kita Salah Satu Negara yang Punya Utang Terkecil di Dunia

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Letnan Jenderal TNI (Purn.) Luhut Binsar Pandjaitan buka-bukaan soal utang pemerintah Indonesia yang sudah menembus...
LANGUAGE