28.2 C
Jakarta
Minggu, 21 Juli, 2024

5 Aplikasi Pengangkut Sampah Penghasil Uang

Aplikasi pengangkut sampah adalah salah satu cara mendapatkan uang dari internet melalui smartphone dengan cara menyetorkan sampah plastik. Sekarang ini banyak sekali sampah plastik menumpuk sehingga menjadi ancaman serius bagi kelestarian alam.

Material plastik tidak dapat terurai dalam kurun waktu lama dan mengandung zat kimia berbahaya yang dapat mencemari kesuburan tanah. Masalah sampah plastik merupakan momok tersendiri bagi kelangsungan biota laut.

Sudah saatnya jadi lebih peduli terhadap lingkungan dan melakukan aksi nyata untuk melestarikan alam. Ada baiknya untuk melakukan aksi 3R (Reuse, Reduce, Recycle) guna mengurangi jumlah sampah non-organik. Namun, bagi Anda para pekerja dan sibuk sehingga tidak memiliki waktu untuk mengelola sampah, sekarang tidak perlu khawatir, karena Anda bisa dan menyetorkan sampah plastik melalui aplikasi tersebut.

Gerakan peduli lingkungan belakangan ini makin marak melalui aplikasi jual sampah plastik. Jadi, selain dapat melestarikan alam kemunculan aplikasi ini bisa jadi tempat untuk mendapatkan reward dalam bentuk uang, pulsa, voucher, dan kompensasi lainnya.

5 Aplikasi Pengangkut Sampah Penghasil Uang Terbaik

Berikut aplikasi jual sampah plastik terbaik untuk mendapatkan dana tambahan.

  1. Aplikasi E-Recycle

Aplikasi e-Recycle adalah salah satu aplikasi untuk ubah sampah plastik menjadi uang dengan mengkoordinasikan proses penjemputan sampah terpilah berbasis teknologi dengan implementasi digital dan bisa diakses melalui smartphone. Aplikasi ini pertama diluncurkan oleh PT Multi Inti Digital Lestari dan sekarang ini telah diunduh oleh lebih dari 100 ribu pengguna smartphone di Google Play Store. 

Dengan menggunakan aplikasi ini, maka nantinya sampah plastik yang ada di rumah Anda akan dijemput oleh mitra dengan layanan cakupan wilayahnya mulai dari DKI Jakarta, Tangerang, Depok, dan Bekasi. Selanjutnya sampah plastik tersebut nantinya ditimbang secara digital dengan akurat dan real time. Sampah tersebut nantinya akan diganti dengan reward dan dapat didonasikan kepada LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat) yang telah bekerja sama.

  1. Aplikasi Dibuang

Aplikasi dibuang (Dibuat Jadi Uang) adalah platform yang digunakan untuk menghubungkan Anda dengan kolektor sampah terdekat. Melalui aplikasi ini sampahmu bisa dijemput di rumah atau dengan menyetorkannya langsung di lokasi drop-off terdekat. Namun wilayah cakupan aplikasi ini hanya berada di wilayah Kota Tangerang dan sekitarnya saja.

Aplikasi ini diluncurkan oleh PT Bumi Indah Bersih dan telah diunduh lebih dari 100 ribu pengguna smartphone Android melalui Google Play Store. Dari semua transaksi jual-beli sampah ini, maka Anda berkontribusi dalam meningkatkan angka daur ulang nasional serta turut mensejahterakan kolektor sampah lokal di wilayah sekitar. 

Cara kerja dari aplikasi ini adalah dengan cara mengumpulkan sampah non-organik, seperti sampah plastik, kertas, kardus, kaleng, dan masih banyak lagi. Kemudian gunakan aplikasi tersebut untuk mengatur titik penjemputan dan uang dari hasil mengumpulkan sampah tersebut bisa langsung dicairkan melalui aplikasi Dibuang.

  1. Aplikasi Octopus

Selanjutnya dari aplikasi untuk menjadikan sampah plastik menjadi uang adalah aplikasi octopus. Aplikasi ini diprakarsai oleh Hamish Daud dan mulai beroperasi pada Tahun 2019 di Makassar dan langsung bisa mendaftar sebagai pengguna aplikasi, pelestari (mitra pengangkut sampah) maupun mitra bank sampah.

Sekarang ini cakupan wilayah dari aplikasi ini sangat luas, yakni Jawa Barat (Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Kota Cimahi), Bali, serta Sulawesi Selatan dan telah diunduh oleh lebih dari 50 ribu pengguna. Aplikasi yang mendistribusikan sampah untuk didaur ulang untuk mendapatkan poin pada setiap sampah yang disalurkan dan poin tersebut dapat ditukarkan dengan voucher menarik.

  1. Aplikasi Duitin

Aplikasi duitin atau daur ulang ini itu merupakan platform aplikasi untuk mengajak masyarakat agar lebih aktif memilah, mengumpulkan, dan mengelola sampah untuk didaur ulang. Aksi ini memberikan kesempatan kepada lebih dari banyak orang untuk bergerak bersama dalam melestarikan alam demi masa depan yang lebih baik.

Cara kerja aplikasi ini hampir sama seperti aplikasi-aplikasi di atas barusan, yaitu dengan cara mengumpulkan dan mengolah sampah plastik lebih mudah tanpa perlu repot menyetorkannya langsung ke tempat pengepul sampah, karena nantinya akan dijemput oleh mitra aplikasi ke rumah Anda. Kemudian baru mendapatkan reward, kumpulkan sampah plastik sebanyak-banyaknya untuk dapatkan reward yang besar.

  1. Aplikasi Rapel

Aplikasi pengangkut sampah selanjutnya adalah aplikasi rapel bagi penggunanya yang berada di wilayah Yogyakarta dengan cara kerja aplikasinya mirip dengan aplikasi di atas. Aplikasi ini diluncurkan oleh Rapel Indonesia dan telah terunduh sebanyak 50 ribu pengguna dan telah bekerja sama dengan para pengepul sampah di Yogyakarta sebagai pilot project.

Kesimpulan

Sampah plastik dapat mengakibatkan dampak buruk terhadap lingkungan, namun tidak dapat dipastikan penggunaan plastik dihilangkan seluruhnya. Karena sampai saat ini masih banyak produk menggunakan bahan dari plastik sehingga perlu lebih bijak lagi dalam mengelola sampah. Kehadiran aplikasi ini bisa menjadi solusi praktis untuk mengelola sampah plastik sekaligus berguna menjaga kelestarian alam dan mencari penghasilan tambahan.

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU