25.6 C
Jakarta
Selasa, 4 Oktober, 2022

7 Aplikasi Pengelola Keuangan Terbaik 2021

Aplikasi pengelola keuangan adalah aplikasi khusus dalam mengelola keuangan Anda, baik itu pengeluaran maupun pemasukan. Aplikasi pengatur keuangan saat ini marak digunakan di era digital saat ini, karena berbagai sistem pengelolaan telah menggunakan perangkat khusus ataupun aplikasi.

Aplikasi pengatur keuangan atau mengelola keuangan lebih dikenal dengan nama Financial Technology (Fintech) dan memiliki peran penting dalam memudahkan penggunanya dalam berbagai bentuk daripada pembayaran dan pengelolaan keuangan. Dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi dan kemudahan smartphone, sekarang ini aplikasi keuangan terus berkembang dan berevolusi untuk mencukupi kebutuhan Anda dan para konsumen dalam berbagai transaksi keuangan.

Melalui aplikasi keuangan berbagai sistem transaksi dan pengelolaan uang semakin mudah dilakukan. Kini, inklusi keuangan juga tidak memiliki batasan, dimanapun dan kapanpun bisa melakukan transaksi pengelolaan keuangan kamu melalui aplikasi pengatur keuangan.

Daftar Aplikasi Pengelola Keuangan Terbaik 2021

Adapun hal menarik yang dapat diintegrasikan dengan berbagai bidang dalam menggunakan aplikasi dalam mengelola keuangan. Berikut ini adalah daftar aplikasinya, yaitu:

  1. Monefy – Money Manager

Aplikasi monefy merupakan nama lain dari aplikasi Money Lover yang membedakannya adalah tampilan dan pengalaman pengguna saja. Pada dasarnya, monefy menawarkan kesederhanaan dalam bentuk tampilan dengan visualisasi terbilang bagus. Dengan begitu, penggunanya bisa lebih mudah dalam melakukan analisa keuangan dalam bentuk visual, bahkan bisa juga dijadikan sebagai acuan.

  1. Money Lover

Money lover adalah aplikasi keuangan harian apabila ingin melakukan pengelolaan keuangan, mulai dari melakukan pencatatan pengeluaran harian. Adapun kemudahan dari aplikasi ini selain hal tersebut adalah dapat dengan mudah melakukan klasifikasi berdasarkan kategori. Money lover juga dibuat untuk membatasi anggaran belanja dan budget, mencatat pemasukan dan juga pengeluaran, sampai dengan melakukan analisa dari pengeluaran besar berdasarkan kategorinya. 

  1. Finansialku

Finansialku memiliki salah satu fitur unggulan dari aplikasi ini, yaitu rencana keuangan untuk beberapa keperluan seperti dana pendidikan hingga membeli produk ataupun kendaraan. Hanya dengan mengisi data seperti harga dan periode pembelian produk, maka aplikasi ini akan membantu untuk menghitung total biaya yang diperlukan dan mencatat progres tabungan untuk membeli produk tersebut.

  1. Financius – Expense Manager

Financius merupakan aplikasi andalan yang bisa dijadikan sebuah bentuk alternatif dalam memudahkan Anda dalam mengelola keuangan. Tampilan minimalis dan sangat mudah digunakan menjadikannya aplikasi yang sangat cocok bagi kamu dalam mempunyai beberapa akun keuangan untuk dikelola. Jika Anda adalah seorang pebisnis sekaligus pekerja, maka financius tentunya akan sangat memudahkan kamu dalam membagi-bagi pendapatan dengan melakukan pengelolaan beberapa akun keuangan sekaligus sesuai dengan kebutuhan.

  1. Teman Bisnis

Teman bisnis merupakan aplikasi dari Badr Interactive diperuntukkan untuk keuangan bisnis, terutama bagi pelaku bisnis pemula dan ingin mencatat atau mengatur keuangan. Melalui aplikasi ini, maka dapat mencatat pemasukan dan pengeluaran bisnis dari berbagai sumber. Masing-masing sumber tersebut juga bisa dikelompokkan dalam kategori berbeda untuk mempermudah dalam melacak transaksi. Tidak hanya transaksi tunai saja, melainkan aplikasi ini juga dirancang untuk mencatat transaksi kredit atau utang. Selain itu, aplikasi ini juga bisa membantu dalam menghitung laporan secara otomatis seperti laba-rugi, utang-piutang, dan pertumbuhan kas secara periodik. Menariknya, aplikasi ini juga menyediakan konten “kelas mikro” berupa artikel panduan dan informasi singkat mengenai pengelolaan bisnis.

  1. Uangku

Uangku adalah aplikasi buatan developer ODT Indonesia yang menawarkan fungsi pengatur keuangan dengan sederhana, namun rinci dan terstruktur. Melalui aplikasi ini, kamu akan diminta mematok target tabungan dan pengeluaran selama satu bulan. Setelah itu, aplikasi ini akan otomatis menghitung batas maksimal pengeluaran Anda setiap harinya agar dapat mencapai target yang telah ditentukan. Selain itu, bisa juga mencatat transaksi yang sudah terjadi maupun rencana pengeluaran dan pemasukan di kemudian hari. Setiap pemasukan dan pengeluaran tersebut dicatat dan dikelompokkan dalam kategori berbeda-beda, sesuai sumber atau tujuan seperti gaji, belanja, dan lain-lain.

  1. KoinWorks

Koinworks adalah aplikasi pengelola keuangan yang secara khusus memudahkan penggunanya dalam melakukan pengaturan keuangan. Aplikasi ini tentu memudahkan dalam mengalokasikan anggaran belanja dan menggunakannya untuk sesuatu yang lebih bermanfaat dan menguntungkan penggunanya. 

Tidak hanya sebagai aplikasi pengatur keuangan saja, melainkan juga sebagai aplikasi untuk berinvestasi dan memudahkan Anda dalam memperoleh keuntungan. Selain itu, dana yang dimiliki juga akan lebih bermanfaat karena digunakan untuk membantu orang lain dalam memenuhi kebutuhan pinjamannya.

Kesimpulan

Selain mengatur keuangan melalui aplikasi di atas, perlu juga untuk mengontrol pengeluaran untuk keuangan di masa depan lebih baik lagi dengan memulai investasi. Sekarang ini ada banyak instrumen investasi yang dapat Anda pilih seperti reksa dana, saham, obligasi, emas, properti, dan sebagainya. Aplikasi-aplikasi tersebut di atas dapat ditemukan di Play Store maupun App Store. Sehingga, dapat membantu kamu dalam mencatat transaksi dan memberikan laporan keuangan dengan lebih mudah melalui aplikasi manajemen keuangan.

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Blibli.com Kembali Ajukan Rencana IPO di Tahun Ini

JAKARTA, duniafintech.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) kembali buka suara terkait rencana Blibli.com untuk IPO/Initial Public Offering tahun ini. Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK...

Bulog Endus Perusahaan Swasta Rusak Harga Beras di Pasar

JAKARTA, duniafintech.com - Perum Bulog/Badan Urusan Logistik mengendus adanya permainan perusahaan swasta yang menyebabkan harga beras melonjak. Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso mengungkapkan perusahaan...

BSU Tahap 4 Sudah Cair, Begini Cara Cek Status Pencairannya

JAKARTA, duniafintech.com - Pemerintah memastikan program bantuan subsidi upah (BSU) tahap 4 akan diberikan kepada para pekerja atau buruh. Bantuan sebesar Rp600.000 ini akan sampai...

Cara Tarik Tunai GoPay di Alfamart, ATM BCA, & Bank Lainnya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara tarik tunai GoPay di ATM BCA, BRI, Indomaret, dan Alfamart berikut ini tentu sangat penting diketahui. Seperti diketahui juga, GoPay merupakan...

Cara Menabung di Bank Mandiri lewat ATM dan Teller

JAKARTA, duniafintech.com – Cara menabung di Bank Mandiri pada ulasan berikut ini sangat penting untuk diketahui oleh para nasabah Mandiri. Seperti diketahui bersama, Bank Mandiri...
LANGUAGE