26.2 C
Jakarta
Jumat, 19 Agustus, 2022

6 Aplikasi Pinjaman tanpa Bunga yang Wajib Dicoba dan Terpercaya

Apakah kamu sedang mencari aplikasi pinjaman tanpa bunga? Seperti yang diketahui, setiap pinjaman pastinya mempunyai bunga agar pihak pendana bisa mendapatkan keuntungan. Namun, bagi nasabah, suku bunga yang besar bisa menambah beban pembayaran, terlebih jika suku bunganya lebih besar jika dibandingkan dengan jumlah pinjaman.

Tidak heran jika banyak nasabah yang berupaya mencari suku bunga terendah saat melakukan pinjaman. Bahkan, beberapa di antaranya berusaha untuk mencari pinjaman yang tidak mempunyai bunga. Apakah ada?

Aplikasi Pinjaman tanpa Bunga

Salah satu keuntungan dari melakukan pinjaman tanpa bunga, nasabah hanya fokus untuk mengembalikan dana sesuai dengan limit pinjaman. Sayangnya, hampir semua pinjaman online atau di bank menyediakan sistem bunga. Lalu, apa saja pinjaman tanpa bunga yang bisa kamu coba?

1. Menggunakan Bank dengan Sistem Syariah

Salah satu aplikasi atau tempat yang bisa dicoba untuk melakukan pinjaman tanpa bunga adalah bank dengan sistem syariah. Hal ini karena bank syariah menggunakan sistem kemitraan dalam bentuk bagi hasil dan dikenal sebagai model akad. Tentunya jenis pinjaman ini sangat cocok untuk kamu yang ingin menggunakan dana untuk membuka usaha kecil-kecilan.

Meski terdapat sistem bagi hasil, ada baiknya untuk tetap teliti dalam menghitung dana, apakah nilai dana yang didapat sesuai dengan dana yang seharusnya dikembalikan. Saat ini sudah banyak KTA Syariah yang menawarkan keuntungan maksimal bagi para nasabahnya.

2. Menggunakan Jasa Pegadaian

Aplikasi pinjaman tanpa bunga bisa kamu temukan di jasa pegadaian. Hal ini karena sistem pegadaian menggunakan sewa modal dan hanya terdapat biaya administrasi saja. Biasanya, sistem sewa modal akan dihitung setiap 15 hari dengan 1,15%. Semakin cepat kamu mengembalikan dana, maka sewa modalnya pun semakin rendah.

Nilai pinjaman yang bisa diterima tergantung pada nilai taksir dari jaminan yang diberikan kepada pegadaian. Biasanya, barang jaminan yang bisa diterima adalah smartphone, perangkat elektronik, emas, sampai kendaraan bermotor. Sebelum mendapatkan pinjaman, barang tersebut nantinya akan ditaksir nilai berdasarkan kualitas.

3. Fintech Investree

Salah satu aplikasi atau platform yang bisa jadi referensi untuk meminjam uang tanpa bunga adalah Investree. Fintech ini adalah platform yang menyediakan pinjaman uang menggunakan prinsip Syariah. Biasanya, pinjaman yang diberikan berupa pembiayaan modal kerja atas tagihan berjalan. Dengan kata lain, pendanaan yang diberikan berupa modal produktif.

Salah satu keunggulan yang bisa kamu temukan dari platform Investree adalah fasilitas pembiayaan Syariah dengan maksimal 80%. Nilai invoice pun maksimal mencapai Rp 2.000.000 untuk setiap invoice. Hal ini disesuaikan dengan jatuh tempo atau maksimum 6 bulan. Tentunya pihak Investree sudah melakukan pertimbangan dan analisa terlebih dulu sebelum memberikan pinjaman terhadap nasabah.

4. Meminjam pada Kerabat

Salah satu pinjaman online tanpa KTP dan mudah dilakukan adalah dengan meminjam pada kerabat atau teman. Beberapa orang merasa hal ini menjadi solusi terbaik di kala kesulitan sedang melanda. Selain caranya praktis, meminjam uang di kerabat atau teman pun minim akan risiko.

Namun, pastikan untuk tetap membayar pinjaman dengan cepat dan teratur, ya. Tujuannya untuk menjaga tali persaudaraan dan pertemanan agar tidak mudah putus. Karena banyak kasusnya di mana kepercayaan orang terdekat dikhianati karena masalah uang. Jadi, pertimbangkan dulu sebelum mengajukan pinjaman, ya.

5. Aplikasi Duha Syariah

Ada lagi pinjaman online tanpa bunga yang bisa jadi rekomendasi untuk kamu, yakni Duha Syariah. Platform P2P ini mempunyai tujuan untuk mempertemukan pemberi pinjaman dengan pemohon sesuai prinsip Syariah. Kamu bisa menggunakan pinjaman dengan mengunduh aplikasinya terlebih dulu di Play Store.

6. Aplikasi Pinjaman Tanpa Bunga Ammana

Pernahkah kamu mendengar aplikasi Ammana? Aplikasi ini berfokus untuk memenuhi kebutuhan usaha UMKM. Jadi, bagi kamu yang ingin melakukan pinjaman untuk usaha, bisa meminjam di Ammana. Dengan menggunakan sistem non-direct funding, UMKM menjadi bagian dari mitra keuangan syariah mikro.

Kesimpulan

Banyak sekali aplikasi lainnya yang bisa kamu gunakan sebagai media pinjaman online. Jika ingin menggunakan bunga, carilah bunga paling terendah agar kamu tidak kesulitan saat membayarnya nanti.

Melihat beberapa aplikasi pinjaman tanpa bunga di atas, adakah yang menarik perhatianmu? Sekarang tidak perlu lagi khawatir untuk mengajukan pinjaman dalam memenuhi kebutuhan mendesak atau pun dalam usaha.

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Bisa Dicoba! Inilah Pilihan Platform untuk Mining Ethereum

JAKARTA, duniafintech.com - Platform untuk mining Ethereum (ETH) penting diketahui, guna mendukung proses mining atau penambangan tersebut. Selain trading, cara mudah untuk mendapatkan kripto jenis...

Penambahan Modal BUMN, Erick: Jangan Dibilang Utang Lagi 

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memberikan penjelasan gamblang mengenai rencana penambahan modal sejumlah BUMN  seperti PT Bank Tabungan...

Cara Top Up OVO lewat ATM Permata hingga Internet Banking

JAKARTA, duniafintech.com – Cara top up OVO lewat ATM Permata dan beberapa metode lainnya berikut ini perlu disimak oleh pengguna layanan ini. Kalau kamu sering...

Cara Cek Tagihan Kartu Kredit BCA dengan 6 Metode Termudah

JAKARTA, duniafintech.com – Cara cek tagihan kartu kredit BCA dengan beberapa metode termudah berikut ini tentunya penting untuk diketahui. Di samping kartu debit, Bank BCA...

Cara Isi E-Money via ATM Mandiri dan Update Saldonya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara isi e-money via ATM Mandiri dalam ulasan berikut ini sangat penting diketahui oleh para pengguna layanan yang satu ini. Kalau kamu...
LANGUAGE