26.2 C
Jakarta
Minggu, 4 Desember, 2022

Asuransi Kesehatan Karyawan: Jenis & Rekomendasi Terbaiknya

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi kesehatan karyawan adalah hal penting yang harus dipenuhi oleh perusahaan terkait kesehatan karyawannya.

Seperti diketahui bersama, karyawan yang sehat dengan risiko yang minim akan mampu meningkatkan produktivitas yang pada gilirannya akan mempengaruhi performa perusahaan secara keseluruhan.

Nah, bagi kamu yang ingin mencari produk terbaik agar perlindungan terhadap kesehatan karyawan semakin maksimal, berikut ini ulasan selengkapnya, seperti dinukil dari Qoala.

Baca juga: Asuransi Jiwa vs Asuransi Kesehatan, Mana yang Lebih Penting?

Manfaat Asuransi Kesehatan Karyawan

  1. Membantu meningkatkan kesejahteraan karyawan
  2. Meningkatkan produktivitas kerja
  3. Meminimalisir risiko ketika terkena musibah
  4. Melindungi karyawan secara finansial
  5. Meningkatkan loyalitas karyawan

Jenis Asuransi Kesehatan Karyawan

Dilihat dari kepemilikan badan penyelenggara, berikut ini jenis asuransi kesehatan dari perusahan yang perlu diketahui.

Asuransi Kesehatan Pemerintah

Sejalan dengan namanya, asuransi yang satu ini tentu saja diatur oleh pemerintah. Kamu pun mungkin sudah tahu BPJS atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan, yang memang punya banyak peserta, yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia.

Adapun dengan harga yang terjangkau dan manfaat asuransi sesuai harapan perusahaan dan karyawan, BPJS pun tidak jarang menjadi solusi bagi mereka yang sedang mencari produk perlindungan khusus untuk kesehatan karyawan.

Asuransi Kesehatan Swasta

Jenis yang satu ini berbeda dari asuransi sebelumnya sebab ia tidak dikelola oleh pemerintah, tetapi oleh perusahaan swasta. Adapun saat ini, ada banyak perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi kesehatan untuk perlindungan terhadap risiko kesehatan dan hal-hal yang tidak diinginkan terjadi di masa depan.

Nah, jika kamu ingin memilih asuransi kesehatan swasta untuk para karyawan maka pastikan sudah memilih penyedia atau perusahaan asuransi yang terpercaya dan mengedepankan layanan terbaik.

Biaya Asuransi Kesehatan Karyawan

Pada dasarnya, ada asuransi kesehatan yang hanya menanggung karyawan itu sendiri dan juga ada yang akan menanggung termasuk anggota keluarga karyawan. Asuransi kesehatan yang diwajibkan bagi perusahaan berupa BPJS yang dikelola oleh pemerintah, bukan swasta atau perusahaan asuransi pada umumnya.

Biaya premi asuransi kesehatan jenis yang satu ini pun sangat bervariasi, bergantung dari jenis perlindungan dan manfaat yang dikehendaki. Kesiapan perusahaan dan karyawan secara finansial juga lazimnya menjadi hal penting dalam memilih biaya asuransi yang sesuai dan terjangkau.

Terkait biaya asuransi kesehatan, seluruhnya bergantung pada jenis produk dan perusahaan yang dipilih. Meski demikian, bukan tidak mungkin untuk mendapatkan biaya asuransi yang paling murah. Namun, hal itu tentunya membutuhkan waktu dan riset yang cukup sehingga perusahaan bisa memilih produk asuransi yang tidak memberatkan atau menjadi beban keuangan di kemudian hari.

asuransi kesehatan karyawan

Rekomendasi Asuransi Kesehatan Karyawan Terbaik

Berikut ini beberapa rekomendasi agar kamu mendapatkan produk asuransi kesehatan pegawai yang tepat.

1. Asuransi Lippo Insurance

Adapun perusahaan yang tengah mempersiapkan perlindungan terbaik bagi para pegawai melalui asuransi kesehatan bisa memilih HealthPlus Business atau HealthPlus Micro. Ini bisa menjadi solusi perlindungan kesehatan sebab ia memberikan jaminan kesehatan karyawan dengan keunggulan yang beraneka ragam seperti manfaat asuransi yang berlaku di seluruh dunia, akses online untuk pemilik atau HR perusahan, cashless, premi terjangkau, dan lain sebagainya.

Sementara itu, HealthPlus Micro akan menghadirkan rasa tenang pada setiap pemilik usaha atas segala risiko yang bisa terjadi kepada karyawan mereka. Nyatanya, risiko kerja dapat menimpa siapa pun tanpa kompromi dan tanda-tanda apa pun sebelumnya, bukan? Nah, asuransi kesehatan bagi pegawai yang satu ini hadir dengan berbagai keunggulan, di antaranya laporan perhitungan klaim secara elektronik melalui email.

Bukan itu saja, Lippo Insurance pun memiliki jaringan yang ada di lebih dari 580 rumah sakit rekanan yang tersebar di seluruh Indonesia. Klaim reimbursement yang cepat, mudah, dan praktis pun menjadi keunggulan dari produk asuransi ini.

2. Asuransi Astra Aviva

Kalau kamu ingin mendapatkan rekomendasi asuransi kesehatan pegawai terbaik lainnya maka AVA group medical protection sangat layak untuk dipilih. Produk yang satu ini menjadi bagian dari produk asuransi Astralife yang sudah dikenal luas di berbagai kalangan.

Adapun produk asuransi kesehatan kumpulan untuk pegawai ini hadir dengan berbagai manfaat. Manfaat asuransi dasar yang ditawarkan, yakni penggantian biaya medis untuk rawat inap dan pembedahan. Juga ada manfaat asuransi pilihan berupa rawat jalan, persalinan, dan perawatan gigi. Produknya tersedia dalam bentuk inner limit dan as charged (sesuai tagihan).

Baca juga: Asuransi Kesehatan selain BPJS: Rekomendasi & Kelebihannya

3. Asuransi Karyawan Manulife

Salah satu perusahaan ternama ini juga menawarkan produk asuransi yang bisa menjadi solusi proteksi terhadap karyawan. Asuransi korporasi yang ditawarkannya akan sangat bermanfaat bagi karyawan dan perusahaan.

Dalam hal ini, program perlindungan kesehatan yang ditawarkan tidak hanya lengkap tetapi juga fleksibel sehingga bisa memenuhi kebutuhan rasa aman bagi setiap karyawan yang menjadi aset perusahaan.

4. Asuransi Karyawan FWD

Bagi perlindungan kesehatan, ada rekomendasi asuransi kesehatan pegawai terbaik, yakni FWD bebas sehat. Manfaat kesehatan hadir dengan premi terjangkau. Di samping itu, produk asuransi ini pun dapat menjadi pelindung karyawan dari berbagai masalah kesehatan.

Dengan manfaat perawatan rumah sakit, karyawan akan mendapatkan perawatan sebelum dan sesudah rawat inap. Mereka pun bakal memperoleh manfaat lainnya, antara lain, manfaat melahirkan, perawatan gigi dan mata, perawatan pencegahan, rawat jalan, alat pengganti gerak tubuh, dan manfaat buffer.

5. Asuransi Great Eastern

Asuransi dari Great Eastern juga mampu menawarkan perlindungan terbaik untuk pegawai melalui produk asuransi kesehatan. Caranya, yaitu dengan memilih great health guard yang merupakan asuransi kesehatan untuk pegawai perusahaan dengan perlindungan ekstra. Produk ini akan memberikan perlindungan ekstra atas risiko tingginya biaya kesehatan untuk menjaga kondisi finansial karyawan.

Selayaknya produk asuransi kesehatan untuk pegawai swasta lainnya, great health guard pun menawarkan berbagai kelebihan dan manfaat. Adapun manfaat utamanya, yakni rawat inap sebagai manfaat dasar, lalu ada juga beberapa manfaat tambahan, misalnya rawat jalan, perawatan gigi, kacamata, kehamilan, dan medical examination.

6. Asuransi Takaful Keluarga

Takaful Korporat dapat menjadi pilihan bagi perusahaan terkait asuransi kesehatan pegawainya. Produk ini dirancang bagi peserta kumpulan perusahaan, organisasi non-pemerintah, lembaga pemerintahan, dan komunitas. Hasilnya, mereka dapat memberikan ketenangan dan kebahagiaan bagi karyawan, pegawai, atau anggota organisasi dalam bekerja.

Adapun untuk proteksi finansial atas biaya kesehatan, tersedia produk bernama Fulmedicare Gold. Manfaat yang bisa diperoleh peserta asuransi atau tertanggung mencakup rawat inap, rawat jalan, perawatan gigi, santunan kacamata, dan biaya persalinan sesuai kebutuhan. 

7. Asuransi Prudential

Ketika memutuskan untuk memilih Prudential, tersedia sejumlah produk yang dapat kamu pilih, antara lain, hospital benefit dan hospital cash plan. Hospital benefit adalah produk yang akan mengganti biaya pengobatan secara keseluruhan di rumah sakit dengan cara cashless. Tertanggung akan menggunakan kartu asuransi yang mereka miliki untuk mendapatkan manfaat dari asuransi satu ini. Artinya, mereka tidak perlu repot menyediakan uang tunai untuk biaya perawatan, pengobatan, atau lainnya.

Hospital cash plan adalah produk asuransi yang memberikan pergantian pada jumlah tertentu berdasarkan kontrak yang disepakati sebelumnya. Itu berarti, pembayaran biaya kesehatan bersifat reimbursement, yakni peserta asuransi atau tertanggung akan terlebih dahulu membayar sejumlah biaya perawatan atau pengobatan. Lantas, perusahaan akan mengganti biaya tersebut setelah karyawan mengisi formulir reimbursement yang disediakan.

Sekian ulasan tentang asuransi kesehatan karyawan yang perlu kamu ketahui. Selamat membeli produknya ya!

Baca juga: Premi Asuransi Kesehatan Allianz, Intip Yuk Daftar Harganya

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Perusahaan Asuransi yang Diawasi OJK, Simak Ya Daftarnya

JAKARTA, duniafintech.com – Perusahaan asuransi yang sudah terdaftar dan diawasi OJK (Otoritas Jasa Keuangan) hingga kini sudah banyak. Meski demikian, hanya sekitar 1,7 persen penduduk...

Outstanding Shares, Apa Itu? Ini Pengertian hingga Manfaatnya

JAKARTA, duniafintech.com – Outstanding shares merupakan salah satu istilah dalam dunia investasi saham yang wajib dipahami oleh investor. Pada dasarnya, istilah ini merujuk pada sebuah...

Kerugian Ikut Asuransi Prudential dan Keuntungannya, Cek Ya!

JAKARTA, duniafintech.com – Kerugian ikut asuransi Prudential dan keuntungannya perlu diketahui oleh nasabah dari perusahaan asuransi ini. Seperti diketahui, salah satu pertimbangan saat akan membeli...

Cara Pindah Faskes BPJS Berikut Syarat dan Ketentuannya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara pindah faskes BPJS Kesehatan berikut ini sangat penting diketahui oleh para peserta asuransi satu ini. Cara pindah faskes-nya pun sebetulnya sangat...

Kripto Masuk Pembahasan RUU P2SK, Ini Respon CEO Indodax

JAKARTA, duniafintech.com - Rancangan Undang Undang (RUU) Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (P2SK) resmi masuk ke dalam daftar Program Legislasi Nasional (Prolegnas) DPR yang...
LANGUAGE