34.5 C
Jakarta
Sabtu, 1 Oktober, 2022

Asuransi Kesehatan Keluarga Cashless, Inilah Rekomendasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi kesehatan keluarga cashless sejatinya adalah sebuah asuransi yang menyediakan layanan klaim secara non-tunai.

Nah, jika kamu sedang mencari asuransi untuk keluarga maka sebaiknya carilah asuransi kesehatan keluarga yang satu ini untuk memudahkan prosedur klaim ketika berobat nantinya.

Adapun saat ini, sudah banyak produk asuransi kesehatan yang menyediakan layanan klaim secara cashless untuk pengobatan keluarga. Nah, penasaran dong apa saja asuransinya? Berikut ini ulasan selengkapnya, seperti disadur dari Lifepal.

Baca juga: Asuransi Kesehatan Individual, Inilah Rekomendasi Produknya

Daftar Asuransi Kesehatan Keluarga Cashless

Buat kamu yang tertarik menggunakan asuransi keluarga, inilah rekomendasi asuransi kesehatan keluarga cashless terbaik yang dapat kamu pertimbangkan dan dijadikan pilihan.

1. Lippo HealthPlus Family

Adapun Lippo HealthPlus Family menjadi salah satu asuransi kesehatan terbaik untuk keluarga. Asuransi yang satu ini menyediakan manfaat pertanggungan berupa rawat jalan, rawat inap, perawatan gigi, dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Untuk usia nasabah pemegang polisnya ada di rentang 0—60 tahun. Namun, polis ini nantinya tetap bisa diperpanjang hingga usia 65 tahun. Preminya mulai dari Rp190 ribu per bulan untuk 4 anggota keluarga.

2. Cigna Family Care Optima

Produk yang satu ini pun direkomendasikan sebagai asuransi kesehatan keluarga yang murah. Adapun biaya preminya Rp690 ribu per bulan untuk 4 orang anggota keluarga. 

Asuransi yang satu ini menyediakan fitur klaim cashless yang dapat digunakan di 800 rumah sakit di Indonesia. Limitnya sekitar Rp100—400 juta dalam setahun.

Ketika mendaftar, nasabah utama harus berada di rentang usia 20—60 tahun, sedangkan nasabah pasangan berusia 18—60 tahun. Sementara itu, nasabah anak bisa berusia 6 bulan—17 tahun.

3. Cigna Proteksi Sehat sebagai Asuransi Kesehatan Keluarga Cashless 

Produk selanjutnya dari Cigna adalah Cigna Proteksi Sehat, yang bisa digunakan baik untuk tertanggung individu maupun satu anggota keluarga.

Adapun usia masuk nasabah untuk asuransi kesehatan ini cukup panjang, yakni mencapai usia 65 tahun. Pertanggungannya meliputi rawat inap, ambulans, dan yang lainnya.

Harga preminya mulai dari Rp590 ribu per bulan untuk satu keluarga dan di sini kamu bisa menggunakannya untuk klaim cashless di lebih dari 3.000 rumah sakit rekanan, baik di dalam maupun luar negeri.

4. AXA Mandiri Smartcare Executive

Sebagai informasi, AXA Mandiri pun menyediakan produk asuransi kesehatan murah untuk keluarga. Polisnya dapat menanggung hingga 5 anggota keluarga. 

Harga preminya pun terjangkau, mulai dari Rp158 ribu saja per bulan dan nantinya kamu pun sudah bisa mendapatkan manfaat pertanggungan berupa rawat inap sesuai tagihan, rawat jalan, biaya ambulans, dan yang lainnya.

Untuk batas maksimal usia tertanggung utama adalah 65 tahun. Paket asuransi kesehatan keluarga dari AXA Mandiri ini memiliki masa tunggu selama 30 hari.

asuransi kesehatan keluarga cashless

5. BRI Life Simply Healthcare

Berikutnya ada BRI Life Simply Healthcare, dengan premi sebesar Rp1,2 juta per bulan untuk 4 orang anggota keluarga.  Dengan harga yang sangat terjangkau, BRI Life ini bisa jadi rekomendasi asuransi kesehatan anak premi murah.

Adapun manfaat pertanggungan yang diberikannya berupa santunan harian rawat inap, biaya ICU, biaya pembedahan, biaya aneka perawatan, biaya rawat jalan, konsultasi dokter online gratis, dan yang lainnya. 

Perlu juga diketahui, asuransi yang satu ini telah bekerja sama dengan 800 rumah sakit rekanan di seluruh Indonesia. Nah, ketika berobat di rumah sakit rekanan ini, kamu bisa melakukan klaim dengan sistem cashless.

6. Takafulink Salam Community

Rekomendasi asuransi yang berikut ini adalah sebuah produk asuransi kesehatan syariah untuk keluarga. Adapun batas usia masuk tertanggung utamanya, yakni 75 tahun dan peserta asuransinya minimal 10 orang lantaran ini merupakan asuransi kumpulan.

Sejatinya, produk yang satu ini masuk dalam kategori asuransi jiwa. Namun, manfaat yang diberikannya bukan hanya pertanggungan jiwa, melainkan juga manfaat perlindungan kesehatan.

Adapun manfaat yang diberikannya mencakup santunan rawat inap dan santunan meninggal dunia. Asuransi ini pun telah bekerja sama dengan lebih dari 1.000 rumah sakit rekanan.

Baca juga: Asuransi Kesehatan Mental, Seberapa Penting? Simak di Sini

7. Manulife MiUltimate HealthCare

Bagi kamu yang sedang mencari asuransi kesehatan keluarga premi murah, asuransi Manulife dapat kamu pertimbangkan sebagai pilihan. Manulife MiUltimate HealthCare adalah asuransi kesehatan yang bagus untuk keluarga lantaran dapat menanggung bukan hanya di Indonesia, melainkan juga di Malaysia. 

Adapun usia masuk tertanggung utamanya cukup panjang, yakni maksimal 70 tahun, sementara untuk nasabah anak, batas usia masuknya adalah 30 hari hingga 17 tahun. 

Untuk keunggulan lainnya adalah bukan hanya menjadi rekanan sejumlah rumah sakit di luar negeri, asuransi ini pun menyediakan pertanggungan untuk manfaat psikologis. Manfaat yang satu ini tidak banyak ditemukan pada produk asuransi kesehatan untuk keluarga lainnya.

8. Allianz Care Syariah sebagai Asuransi Kesehatan Keluarga Cashless

Pilihan asuransi kesehatan syariah untuk keluarga selanjutnya adalah Allianz Care Syariah. Polis asuransi ini secara khusus dinamakan Allisya Care. 

Adapun untuk nasabah dewasa, batas usia masuknya adalah 60 tahun, sedangkan untuk nasabah anak punya batas usia masuk maksimal 15 hari sampai dengan 18 tahun. 

Untuk pertanggungan yang diberikannya mencakup biaya rawat inap, biaya kunjungan dokter, biaya pembedahan, biaya ICU, rawat jalan akibat kecelakaan, dan juga santunan meninggal dunia.

Cara Klaim Asuransi Kesehatan Keluarga Cashless

Sejatinya, setiap perusahaan asuransi menetapkan kebijakan berbeda mengenai cara klaim. Namun, klaim cashless ini umumnya sangat mudah, yakni cukup dengan melakukan langkah berikut ini: 

– Mendatangi pihak administrasi rumah sakit.

– Menyerahkan kartu asuransi kesehatan keluarga.

– Pihak rumah sakit akan menghubungi pihak asuransi secara langsung.

Nah, selama pihak rumah sakit menghubungi pihak asuransi, kamu tidak perlu menunggu lama. Di sini, kamu bisa langsung melakukan pendaftaran sesi konsultasi dan melakukan pengobatan.

Jika prosedur konsultasi dan pengobatan sudah selesai maka selanjutnya kartu asuransi akan dikembalikan. Kamu pun tidak perlu mengeluarkan biaya apa pun selama prosedur ini.

Meski demikian, penting diingat bahwa klaim cashless ini hanya dapat dilakukan di rumah sakit yang sudah menjadi rekanan asuransi pilihanmu ya. Pasalnya, jika rumah sakit yang didatangi bukanlah rumah sakit rekanan maka klaim cashless ini tidak bisa dilakukan.

Pada beberapa kasus, kamu pun mungkin akan diminta untuk melampirkan dokumen tambahan sebagai lampiran dari kartu asuransi yang diserahkan ke pihak rumah sakit. Dokumen klaim cashless yang dibutuhkan, antara lain:

– KTP

– Kartu Keluarga (KK)

– Kartu asuransi

– Buku pemeriksaan (jika ada)

Perbedaan Klaim Asuransi Cashless dan Reimbursement

Di samping metode cashless, juga ada sistem klaim dengan cara reimbursement, yang merupakan cara klaim yang bisa dilakukan jika kamu berobat di rumah sakit yang bukan merupakan rumah sakit rekanan asuransi.

Saat menggunakan sistem klaim reimburse ini, pertama sekali kamu perlu membayar biaya pengobatan rumah sakit secara mandiri. Kamu pun nantinya bisa menghubungi pihak asuransi untuk mengajukan reimburse.

Caranya adalah dengan mengisi formulir klaim reimbursement, kemudian melampirkan dokumen persyaratan yang diminta, di antaranya bukti pembayaran dan hasil pemeriksaan rumah sakit. 

Jika pengajuan klaim kamu disetujui maka selanjutnya pihak asuransi akan mengganti biaya yang sudah dikeluarkan terlebih dahulu untuk menanggung biaya rumah sakit. Tentunya, cara ini berbeda dengan sistem cashless yang cenderung lebih praktis sebab nasabah hanya perlu menyerahkan kartu asuransi saja ke pihak rumah sakit tanpa perlu mengurus proses lainnya. 

Sekian ulasan tentang asuransi kesehatan keluarga cashless yang bisa kamu pilih ya. Selamat mencoba produknya!

Baca juga: Asuransi Kesehatan Rawat Jalan, Inilah Rekomendasi Produknya

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Cara Isi Saldo DANA via ATM BCA hingga Internet Banking

JAKARTA, duniafintech.com – Cara isi saldo DANA via ATM BCA ini tentunya penting diketahui oleh para pengguna layanan keuangan tersebut. Seperti diketahui bersama, dompet digital...

Cara Bayar Akulaku via Mandiri Online serta Persyaratannya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara bayar Akulaku via Mandiri Online berikut persyaratannya perlu diketahui oleh para pengguna layanan ini. Seperti diketahui pula, hadirnya aplikasi kredit online...

Asuransi Kecelakaan Kerja: Manfaat hingga Rekomendasi Produk

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi kecelakaan kerja adalah bentuk proteksi yang sangat diperlukan oleh seorang pekerja atau karyawan. Asuransi sendiri adalah bentuk perlindungan yang penting bagi...

AIA Call Center, Email, hingga Alamat Kantornya

JAKARTA, duniafintech.com – AIA Call Center adalah salah satu cara termudah untuk bisa menghubungi atau mencari tahu soal beragam layanan AIA. Adapun layanan yang dimaksud...

Menteri Erick Dorong Perempuan dan Generasi Muda Duduki Jabatan Direksi BUMN

JAKARTA, duniafintech.com - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendorong transformasi perusahaan BUMN dengan mendukung keterwakilan perempuan di jajaran direksi dan pemimpin dari generasi...
LANGUAGE