25 C
Jakarta
Jumat, 7 Oktober, 2022

Asuransi Kesehatan Mental, Seberapa Penting? Simak di Sini

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi kesehatan mental menjadi salah satu pilihan produk asuransi satu ini menarik minat banyak orang saat ini.

Pasalnya, belakangan ini, kemungkinan seseorang terkena penyakit mental memang sangat tinggi. Dalam hal ini, ada beberapa faktor penyebab terganggunya kondisi kesehatan mental seseorang, di antaranya tekanan di dalam keluarga, lingkungan kerja, dan lingkungan sosial.

Namun, mengalami gangguan kesehatan mental bukanlah sebuah aib dan tidak perlu melakukan penolakan, tetapi sebaliknya. Oleh sebab itu, coba kenali apakan kamu memiliki tanda atau ciri adanya gangguan kesehatan mental.

Lantas, segera dapatkan diagnosis dengan bantuan dokter sehingga kamu pun bisa mendapatkan penanganan dan pengobatan yang tepat. Memang, gangguan kesehatan mental ini sangat menakutkan, apalagi kalau penderita sudah mulai berpikir/bertindak untuk melukai dan menghilangkan nyawanya sendiri.

Baca juga: Asuransi Kesehatan Rawat Jalan, Inilah Rekomendasi Produknya

Nah, untuk mengetahui lebih jauh soal asuransi kesehatan mental ini, simak yuk ulasannya di bawah ini, seperti disadur dari Qoala.

asuransi kesehatan mental

Sekilas tentang Kesehatan Mental

Mental health atau kesehatan mental bukan lagi menjadi istilah yang asing saat ini, apalagi di kalangan kawula muda yang aktif bermedia sosial.

Pada dasarnya, kesehatan mental mengacu pada kognitif, perilaku, dan kesejahteraan emosional. Hal itu berkaitan dengan cara seseorang berpikir, merasa, dan berperilaku, yang bisa memengaruhi aktivitas kesehariannya.

Adapun kesehatan mental yang baik adalah kondisi ketika batin merasa dalam keadaan tentram dan tenang sehingga seseorang mampu menikmati kehidupan dan menghargai orang-orang di sekelilingnya.

Memiliki mental yang sehat atau hidup tanpa mental health issue akan membuat seseorang mampu menggunakan kemampuan atau potensi dirinya dengan maksimal. Dengan demikian, ia dapat menghadapi berbagai tantangan hidup dan menjalin hubungan positif dengan orang yang ditemuinya.

Namun, sebaliknya, seseorang yang bermasalah kesehatan mentalnya akan merasakan suasana hati yang tidak tenang. Ia pun biasanya akan mengalami gangguan dalam berpikir dan tidak mudah mengendalikan emosi. Sekalipun tidak banyak yang menyadari, penyakit mental ini bisa menyebabkan berbagai masalah dalam kehidupan sehari-hari.

Alasan Pentingnya Kesehatan Mental

Sebagaimana diketahui, kesehatan mental yang terjaga tentu berpengaruh terhadap kebahagian hidup. Hal itu karena kesehatan mental akan mempengaruhi cara manusia merasa, berpikir, dan hidup dengan mencakup kesejahteraan emosional, psikologis, dan sosiologis kita. Untuk alasan itu, kamu pun tahu mengapa menjaga kesehatan mental menjadi sangat penting.

Universitas Oxford dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2017 lalu memperkirakan bahwa sekitar 792 juta orang hidup dengan gangguan kesehatan mental. Sementara itu, studi lainnya yang dilakukan oleh National Alliance of Mental Health menunjukkan bahwa:

1. Satu dari lima orang dewasa di Amerika Serikat mengalami gangguan mental setiap tahunnya.

2. Satu dari sepuluh orang dewasa di Amerika Serikat mengalami gangguan mental serius setiap tahunnya.

3. Satu dari enam remaja di Amerika Serikat berusia 6 hingga 17 tahun mengalami gangguan mental setiap tahunnya.

4. Setengah dari semua jenis penyakit mental seumur hidup dimulai sejak berusia 14 tahun dan sekitar 75% pada usia 24 tahun.

5. Kasus bunuh diri merupakan penyebab kematian kedua pada individu berusia 10 hingga 34 tahun.

Nah, berikut ini merupakan beberapa alasan lebih jauh mengapa kesehatan mental sangat penting.

1. Berperan penting dalam sebuah hubungan

Alasan pentingnya mental health, salah satunya, adalah pengaruhnya dalam sebuah hubungan. Kesehatan mental ini sangat mungkin berdampak pada cara seseorang berinteraksi dengan orang-orang di sekitarnya, baik keluarga, teman, maupun rekan kerja.

Adapun seseorang yang mengalami masalah kesehatan mental atau mental health issue mungkin tidak bisa mengontrol dirinya. Hal itu bisa menyebabkan permusuhan dan ketidakmampuan berpartisipasi dalam kegiatan sosial sehingga akan lebih sering terjadi konflik dengan orang-orang terdekat, bahkan juga dengan keluarga.

Baca juga: Asuransi Kesehatan Syariah untuk Keluarga, Inilah Produknya

2. Mempengaruhi kesehatan fisik

Perlu diingat, menjaga pola makan dan tidur yang cukup memang penting untuk kesehatan fisik, tetapi manfaatnya akan dirasa kurang jika seseorang mengalami masalah kesehatan mental.

Pasalnya, kesehatan mental berkaitan dengan kesehatan fisik karena ketika seseorang stres, hal itu akan berpengaruh terhadap sistem imunnya sehingga bisa mengancam kemampuan tubuhnya dalam mengatasi penyakit.

3. Berhubungan dengan produktivitas dan finansial

Alasan lainnya adalah karena kondisi kesehatan ini akan mempengaruhi produktivitas secara keseluruhan. Bukan itu saja, kondisi finansial pun bisa terganggu. Adapun kesehatan mental yang buruk menjadi penyebab menurunnya produktivitas seseorang.

Oleh sebab itu, supaya tetap bisa produktif, pastikan untuk selalu menjaga kesehatan mental. Dengan demikian, kondisi finansial pun akan lebih terjaga.

4. Berdampak terhadap kualitas hidup

Setiap manusia pasti ingin hidup tenang dan bahagia, tetapi sayangnya berbagai kondisi dan masalah membuat mereka mudah stres. Kalau hal ini dibiarkan dalam jangka waktu lama maka tentunya akan berdampak terhadap kualitas hidup yang dijalani.

Bahkan, kondisi ini pun bisa menyebabkan seseorang kehilangan harapan, sedih berkepanjangan, merasa tidak layak, merasa bersalah, cemas, takut, dan tidak bisa mengontrol diri.

Kalau merasakan tanda-tanda tersebut, sebaiknya segera mengunjungi profesional di bidang kesehatan mental. Bahkan, kamu juga dapat memanfaatkan asuransi kesehatan mental yang akan menanggung risiko tertentu sesuai dengan perjanjian yang disepakati dengan pihak perusahaan asuransi.

Asuransi Kesehatan Mental

Pada dasarnya, asuransi kesehatan adalah jenis asuransi yang kian diminati oleh berbagai kalangan. Alasannya juga tentunya bervariasi, tetapi lazimnya berupa keinginan untuk mendapatkan proteksi dari risiko kesehatan yang mungkin terjadi.

Kalau kamu juga merasa bahkan kesehatan mental tidak kalah penting dengan kesehatan fisik maka kamu bisa memilih asuransi kesehatan mental. Dengan demikian, kamu akan mendapatkan perlindungan terhadap risiko kesehatan mental yang di-cover oleh produk asuransi yang dibeli. Biasanya, asuransi ini disediakan oleh pihak swasta dan pemerintah. Berikut ini ulasannya.

1. Asuransi Swasta

Asuransi swasta juga menyediakan asuransi kesehatan mental. Di sini, calon nasabah asuransi bisa memilih produk dari penyedia asuransi mana yang paling sesuai dengan kebutuhan dan dana mereka.

2. BPJS Kesehatan

BPJS atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial adalah sebuah lembaga khusus yang bertugas menyelenggarakan jaminan kesehatan bagi masyarakat Indonesia, termasuk PNS dan pegawai swasta. BPJS kesehatan adalah pilihan asuransi selain asuransi swasta.

Kalau kamu lebih ingin menggunakan perlindungan yang disediakan oleh pemerintah maka BPJS kesehatan ini dapat menjadi alternatif asuransi kesehatan mental.

Sekian ulasan tentang asuransi kesehatan mental yang perlu kamu ketahui. Tetap jaga kesehatan ya, termasuk kesehatan mental!

Baca juga: Paket Asuransi Kesehatan Keluarga, Begini Cara Memilihnya

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Ancaman Resesi Ekonomi Global 2023, Tetap Yakin Ingin Cicil Rumah?

JAKARTA, duniafintech.com - Ekonomi global diprediksi akan menghadapi resesi ekonomi global. Hal itu terlihat dari beberapa kebijakan bank-bank sentral di berbagai negara dengan mengeluarkan...

Pinjol Cepat Cair 2022 Limit Besar Resmi, Ini Rekomendasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Pinjol cepat cair adalah pinjaman yang diajukan via aplikasi di smartphone, dengan proses pencairan dana cepat. Saat ini, pinjol yang berizin Otoritas...

Berita Kripto Hari Ini: Apa Kabar Bursa Kripto Indonesia?

JAKARTA, duniafintech.com – Berita kripto hari ini akan mengulas soal perkembangan bursa kripto Indonesia yang masih belum diluncurkan. Adapun sebelumnya, bursa kripto pun sempat molor—sebagai...

Berita Bitcoin Hari Ini: Sempat Menguat, Bitcoin Melemah!

JAKARTA, duniafintech.com – Berita Bitcoin hari ini akan mengulas soal harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya dengan pergerakan yang beragam. Pada perdagangan pagi ini, mayoritas...

Kerangka Kerja Inklusi Keuangan Fokus Digitalisasi dalam Presidensi G20 Indonesia

JAKARTA, duniafintech.com - Presidensi G20 Indonesia menyusun Kerangka Kerja Inklusi Keuangan sebagai panduan bagi setiap negara untuk mendorong digitalisasi guna menciptakan ekonomi yang inklusif...
LANGUAGE