28.4 C
Jakarta
Minggu, 2 Oktober, 2022

Berita Kripto Hari Ini: Bursa Kripto Ditargetkan Meluncur Tahun Ini

JAKARTA, duniafintech.com – Berita kripto hari ini mengulas seputar perkembangan bursa kripto Indonesia yang kembali ditargetkan bakal meluncur tahun ini. 

Sebelumnya, bursa kripto juga sempat molor alias diundur. Hal ini sebagai bentuk persiapan dan kehati-hatian Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi atau Bappebti. 

Saat itu, bursa kripto direncanakan meluncur pada akhir 2021, kemudian diundur menjadi akhir kuartal 1 2022. Namun, sampai saat ini masih belum ada kejelasan, kapan bursa kripto akan meluncur.

Namun kekinian, Wakil Menteri Perdagangan RI Jerry Sambuaga memberikan bocoran dan target dapat meluncur tahun 2022 ini. Informasi lebih lengkapnya mari kita simak berita kripto hari ini.

Berita Kripto Hari Ini

Bursa Kripto Indonesia Segera Meluncur– Berita Kripto Hari Ini

Inilah berita kripto hari ini:

1. Berita Kripto Hari Ini: Bursa Kripto Ditargetkan Meluncur Tahun Ini

Bursa kripto Indonesia ditargetkan meluncur tahun 2022 ini. Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menargetkan bursa kripto Indonesia dibentuk 2022.

Menurut dia, melalui Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi atau Bappebti, Kemendag masih berhati-hati dan mengkaji berbagai sisi dan pertimbangan.

“Kita usahakan secepatnya ya. Kita tidak mau grasa-grusu, kalau tiba-tiba ada yang enggak lengkap terus nanti ada isu. Kita pengennya semua lengkap persyaratan dilalui dan tentunya peraturan itu yang paling penting,” ujar dia di Ruang Rapat Auditorium Bappebti, Jakarta Pusat, pada Senin 15 Agustus 2022.

Baca juga: Wajib Tahu, Inilah Jenis Crypto Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Setelah semua kajian dan persyaratan dilengkapi, kata Jerry, barulah terbentuk bursa kripto Indonesia. Bappebti ingin memastikan dasar pembentukan bursa yang sebetulnya untuk memberikan perlindungan kepada konsumen. 

“Kami yakin dengan segala persyaratan dan upaya yang dibangun ini juga bisa mempercepat proses pembentukan bursa,” ungkapnya. 

Bappebti berharap semua proses itu bisa direalisasikan dalam waktu dekat. “Ya mudah-mudahan tahun ini bisa rampung mohon doanya. Karena kita masih memastikan semua persyaratan terpenuhi, ketika sudah komplit mudah-mudahan bisa direalisasikan segera,” tutur dia.

2. Guna Mendukung Ekosistem Digital Indonesia

Menurut Jerry, pembicaraan mengenai bursa kripto Indonesia sudah dilakukan beberapa waktu lalu dengan otoritas. 

Dia menilai hal itu harus dilakukan karena pembentukan bursa untuk perlindungan konsumen juga sekaligus memenuhi salah satu syarat bahwa perdagangan aset fisik kripto itu memang harus di bursa.

Baca juga: Sejarah Terciptanya Bitcoin, Crypto Pemegang Tahta Nomor Satu Dunia

Sehingga, dia berujar, bisa memudahkan semua pihak atau stake holders. Selain itu, pembentukan bursa kripto ini juga bukan hanya untuk kepentingan konsumen, juga pelaku usaha untuk memberikan situasi yang baik dan ekosistem digital.

“Karena ini kan ujung-ujungnya adalah pembentukan ekosistem komoditas yang baik untuk semua,” ucap Jerry. 

“Dengan adanya bursa ini kita berharap bisa meningkatkan trust, juga keamanan, dan kenyamanan konsumen dan pelaku usaha,” tambahnya. 

3. Sempat Beberapa Kali Diundur

Sebelumnya, bursa kripto Indonesia batal diluncurkan pada akhir Maret 2022 lalu. Saat itu, Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) RI Jerry Sambuaga mengatakan mundurnya peluncuran bursa kripto Indonesia merupakan salah satu bentuk kehati-hatian. 

Juga sebagai ketelitian pemerintah untuk melindungi masyarakat sebagai konsumen aset blockchain tersebut. Hingga saat ini, nasib bursa kripto Indonesia masih dalam tahap persiapan oleh pemerintah.

Sebelumnya Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan, Indrasari Wisnu Wardana yang sekaligus menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) menjadi tersangka dugaan korupsi minyak goreng.

Baca juga: Beragam Kegunaan Bitcoin, Bukan Cuma Buat Investasi Aja Lho!

Kasus minyak goreng itu sempat menimbulkan pertanyaan bagaimana nasib proyek bursa kripto yang saat ini tengah digarap oleh Bappebti.

Saat itu, bursa kripto direncanakan meluncur pada akhir 2021, kemudian diundur menjadi akhir kuartal 1 2022. Namun, sampai saat ini masih belum ada kejelasan, kapan bursa kripto akan meluncur.

Itulah informasi penting mengenai berita kripto hari ini yang membahas soal perkembangan bursa kripto Indonesia. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda, khususnya para trader kripto tanah air.

Baca jugaBerita Bitcoin Hari Ini: Usai Laporan Inflasi AS, Kripto Perkasa Lagi!

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Kartu Debit Mandiri: Jenis-jenis hingga Cara Membuatnya

JAKARTA, duniafintech.com – Kartu debit Mandiri senantiasa memberikan kemudahan dalam bertransaksi di banyak tempat dan di waktu kapan saja. Sebagai informasi, kalau dibandingkan dengan uang...

Call Center Allianz Asuransi dan Layanan Pengaduannya

JAKARTA, duniafintech.com – Call Center Allianz asuransi dan layanan pengaduannya tentu penting diketahui oleh para pemilik polis/nasabahnya. Seperti diketahui bersama, Allianz Indonesia menjadi salah satu...

Jenis-jenis Mining Bitcoin, Bisa Dilakoni Buat Mendulang Cuan! 

JAKARTA, duniafintech.com - Mining atau menambang bitcoin ada berbagai jenis juga lho. Ini perlu diketahui bagi seorang investor crypto. Karena selain trading, ada cara...

Wow, Hampir Rp 1 Triliun Bitcoin Dibekukan Terkait Kasus Bos Terra Luna

JAKARTA, duniafintech.com – Otoritas Korea Selatan meminta dua platform jual beli kripto untuk membekukan Bitcoin senilai US 60 juta dollar yang terkait dengan Bos...

Asuransi Rumah Tinggal Terbaik, Ini 5 Rekomendasi Produknya

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi rumah tinggal, apa itu? Adapun rumah tinggal adalah tempat beristirahat hingga berkumpul bersama keluarga. Fungsi rumah tinggal ini membuat siapa pun...
LANGUAGE