34.5 C
Jakarta
Sabtu, 1 Oktober, 2022

Asuransi Kesehatan Rawat Jalan, Inilah Rekomendasi Produknya

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi kesehatan rawat jalan adalah salah satu manfaat yang diberikan oleh asuransi asuransi kesehatan secara umum.

Dalam hal ini, perusahaan asuransi akan menanggung biaya rawat jalan nasabah atau tertanggung sesuai dengan kesepakatan dan ketentuan yang berlaku.

Adapun jenis asuransi yang satu ini dapat diperoleh baik untuk perorangan, keluarga, maupun kelompok. Berikut ini ulasan selengkapnya, seperti disadur dari Qoala.

Baca juga: Asuransi Rawat Jalan yang Bagus 2022, Inilah Daftarnya

Apa Itu Asuransi Kesehatan Rawat Jalan?

Pada dasarnya, asuransi kesehatan rawat jalan adalah manfaat asuransi yang akan menanggung biaya layanan rawat jalan mulai dari konsultasi dokter, medical check-up, perawatan gigi, dan lain sebagainya. Layanan ini biasanya tidak membutuhkan rawat inap di rumah sakit.

Manfaat Asuransi Kesehatan Rawat Jalan

Asuransi yang satu ini sebenarnya adalah manfaat tambahan dari asuransi kesehatan yang biasanya ditawarkan oleh berbagai perusahaan penyedia asuransi. Namun, asuransi ini pun tergolong penting.

Pasalnya, biaya rawat jalan adalah salah satu hal yang penting dipertimbangkan saat memilih perlindungan kesehatan. Hal itu karena meski tidak sebesar biaya rawat inap, tetapi jika terus berulang dalam jangka waktu lama, biaya rawat jalan bisa sangat besar.

Lazimnya, jenis asuransi ini mencakup biaya dokter, laboratorium, obatan, obatan, dan lainnya. Karena pentingnya mendapatkan perawatan yang tepat untuk kondisi kesehatan tertentu, asuransi kesehatan satu ini menawarkan berbagai manfaat, antara lain:

1. Tidak perlu pusing akan biaya pengobatan.

2. Membantu mengatur keuangan.

3. Tanpa batasan waktu.

asuransi kesehatan rawat jalan

Jenis-jenisnya

1. Asuransi Rawat Jalan Murni

Guna mendapatkan proteksi dari asuransi yang satu ini murni, kamu tidak harus punya asuransi konvensional terlebih dahulu. Pasalnya, asuransi ini adalah perlindungan yang bisa segera tertanggung dapatkan tanpa harus membeli produk asuransi jenis apa pun di awal.

2. Asuransi Rawat Jalan Rider

Lain dengan asuransi murni, asuransi rawat jalan rider atau tambahan ini mengharuskan pemegang polis untuk terlebih dahulu membeli produk asuransi tertentu. Hal itu karena, sejalan dengan namanya, asuransi yang satu ini memberikan manfaat tambahan berupa proteksi biaya rawat jalan. Nah, untuk bisa menikmati manfaat tersebut, tertanggung harus memiliki polis asuransi kesehatan dasar yang manfaat utamanya adalah rawat inap.

3. Asuransi rawat jalan perorangan

Ini adalah produk asuransi yang diperuntukkan bagi satu tertanggung jasa. Jenis asuransi ini bisa kamu peroleh dalam bentuk asuransi rawat jalan murni maupun tambahan (rider). Semua dapat disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

4. Asuransi Rawat Jalan Keluarga

Asuransi ini merupakan perlindungan yang diberikan untuk satu keluarga. Namun, pada umumnya produk proteksi satu ini hanya akan menanggung maksimal 5 orang anggota keluarga. Manfaatnya sangat jelas, termasuk berbagai jenis perawatan yang tidak membutuhkan rawat inap.

5. Asuransi Rawat Jalan Kelompok

Sebagaimana namanya, asuransi ini adalah perlindungan terhadap sekelompok orang, misalnya karyawan. Umumnya, manfaat asuransi ini termasuk perawatan gigi, biaya melahirkan, kacamata, dan perawatan kesehatan lainnya tanpa perlu rawat inap.

Cara Daftar

Agar kamu bisa mendapatkan manfaat asuransi kesehatan rawat jalan, kamu harus terlebih dahulu membeli produk ini.

Caranya, yaitu dengan melakukan pendaftaran di kantor cabang asuransi terdekat atau melalui agen resmi asuransi.

Sampaikan kepadanya jenis perlindungan apa yang kamu kehendaki. Kemudian, pilih besaran premi asuransi sesuai kemampuan membayar setiap bulannya.

Harga Premi

Lazimnya, harga premi asuransi menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi seseorang dalam memilih jenis asuransi tertentu, termasuk asuransi rawat jalan.

Bagaimanapun, harga premi akan berdampak terhadap kondisi keuangan di masa mendatang terutama selama masa pembayaran premi asuransi. Namun, saat ini banyak produk asuransi yang menawarkan biaya atau harga premi terjangkau.

Itu berarti, kamu bisa menyesuaikan pengeluaran untuk perlindungan terhadap kesehatan sesuai dengan kemampuan finansial.

Adapun produk asuransi rawat jalan hadir dengan harga bervariasi mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah per bulannya.

Baca juga: Inilah 18 Penyakit yang tidak Ditanggung Asuransi Prudential

Prosedur Klaim

1. Cashless

Kalau tidak ingin repot membayar biaya rawat jalan maka kamu bisa memilih prosedur klaim cashless. Perusahaan asuransi lazimnya akan memberikan kartu asuransi yang dapat tertanggung gunakan untuk berbagai layanan rawat jalan.

Layanan itu harus sesuai dengan kesepakatan antara kedua belah pihak dan ketentuan yang berlaku. Dalam klaim cashless, tagihan akan keluar setelah perawatan dan kemudina dikirimkan ke pihak penyedia asuransi.

Hal itu tergolong mudah dan cepat sebab tertanggung tidak perlu mengikuti prosedur lainnya. Meski demikian, pastikan bahwa kartu asuransi itu digunakan di tempat yang tepat, yakni rumah sakit rekanan penyedia asuransi.

2. Reimbursement

Tentu saja, prosedur klaim reimbursement ini berbeda dengan prosedur cashless. Untuk mendapatkan penggantian atas biaya perawatan yang dikeluarkan, tertanggung harus terlebih dahulu mengeluarkan uang pribadi.

Kemudian, mereka bisa mengajukan klaim agar biaya yang mereka keluarkan diganti oleh perusahaan asuransi. Umumnya, persyaratan prosedur klaim reimbursement tidak serumit yang dibayangkan, yakni cukup mengisi formulir dan mengumpulkan bukti pembayaran.

Apabila diperlukan maka kamu juga harus menyertakan dokumen persyaratan lain sesuai peraturan perusahaan asuransi.

Rekomendasi Asuransi Kesehatan Rawat Jalan

1. Cigna Premium Health Protection

Fasilitas produk:

– Layanan konsultasi medis, pemeriksaan medis, dan obat-obatan.

– Sistem pembayaran cashless.

– Ada sekitar 800 rumah sakit rekanan Cigna di berbagai negara, termasuk Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Thailand.

– Manfaat medical check-up setiap dua tahun sekali.

– Premi asuransi terjangkau yaitu mulai dari Rp300 ribu.

– Nilai pertanggungan hingga Rp500 juta.

Persyaratan:

– Pemegang polis berusia minimal 21 tahun.

– Tertanggung utama dan pasang berusia 18 hingga 70 tahun serta tertanggung anak berusia 6 bulan hingga 17 tahun.

– Jangka waktu pertanggungan dapat diperpanjang hingga 80 tahun untuk tertanggung utama dan pasangan dan 23 tahun untuk tertanggung anak.

2. Simas Sehat Sinar Mas sebagai Asuransi Kesehatan Rawat Jalan

Fasilitas:

– Memberikan manfaat hingga tertanggun berusia 75 tahun.

– Manfaat peninjauan polis selama 15 hari.

– Hadir dengan harga terjangkau.

– Memberikan manfaat rawat jalan dan kecelakaan diri sekaligus.

– Menanggung biaya rawat jalan akibat kecelakaan serta perawatan pra dan pasca operasi.

3. Smartcare Executive AXA Mandiri

Fasilitas dan manfaat:

– Masa tunggu 30 hari.

– Pertanggungan biaya rawat jalan umum mulai dari Rp350 ribu hingga Rp500 ribu.

– Pertanggungan rawat jalan sesuai dengan tagihan fasilitas kesehatan rekanan AXA Mandiri.

4. HealthPlus Family (+RJ) Lippo Insurance

Fasilitas dan manfaat:

– Usia masuk nasabah mulai dari 0 hingga 60 tahun sehingga dapat dibeli kapan saja.

– Perpanjangan polis bisa dilakukan hingga tertanggung berusia 65 tahun.

– Pertanggungan biaya dokter umum mulai dari Rp125 ribu hingga Rp200 ribu serta dokter spesialis mulai dari Rp275 ribu hingga Rp600 ribu.

– Biaya obat-obatan yang dicover adalah Rp3,7 juta hingga Rp6 juta.

– Biaya diagnosa yang menjadi tanggungan asuransi adalah sekitar Rp2,5 juta hingga Rp4 juta.

– Biaya fisioterapi mulai dari Rp125 ribu hingga Rp200 ribu.

– Memberikan manfaat biaya konsultasi dokter umum.

5. Smartmed Premier Allianz

Fasilitas:

– Layanan medis VIP di berbagai rumah sakit rekanan di dalam dan luar negeri seperti Singapura.

– Manfaat asuransi bisa kamu gunakan di selain jaringan rumah sakit rekanan Allianz menggunakan sistem reimbursement.

– Tanggungan biaya perawatan sesuai dengan tagihan apabila sesuai plan yang kamu pilih.

– Bonus sebesar 20 persen jika tidak ada klaim dalam jangka waktu 1 tahun.

Sekian ulasan tentang Asuransi Kesehatan Rawat Jalan yang perlu kamu ketahui. Tertarik untuk membeli produknya? Beli yuk sekarang juga!

Baca juga: Profil Asuransi Mobil BESS hingga Daftar Bengkel Rekanannya

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Cara Isi Saldo DANA via ATM BCA hingga Internet Banking

JAKARTA, duniafintech.com – Cara isi saldo DANA via ATM BCA ini tentunya penting diketahui oleh para pengguna layanan keuangan tersebut. Seperti diketahui bersama, dompet digital...

Cara Bayar Akulaku via Mandiri Online serta Persyaratannya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara bayar Akulaku via Mandiri Online berikut persyaratannya perlu diketahui oleh para pengguna layanan ini. Seperti diketahui pula, hadirnya aplikasi kredit online...

Asuransi Kecelakaan Kerja: Manfaat hingga Rekomendasi Produk

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi kecelakaan kerja adalah bentuk proteksi yang sangat diperlukan oleh seorang pekerja atau karyawan. Asuransi sendiri adalah bentuk perlindungan yang penting bagi...

AIA Call Center, Email, hingga Alamat Kantornya

JAKARTA, duniafintech.com – AIA Call Center adalah salah satu cara termudah untuk bisa menghubungi atau mencari tahu soal beragam layanan AIA. Adapun layanan yang dimaksud...

Menteri Erick Dorong Perempuan dan Generasi Muda Duduki Jabatan Direksi BUMN

JAKARTA, duniafintech.com - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendorong transformasi perusahaan BUMN dengan mendukung keterwakilan perempuan di jajaran direksi dan pemimpin dari generasi...
LANGUAGE