25.6 C
Jakarta
Minggu, 4 Desember, 2022

Asuransi Mobil BCA: Syarat Mengajukan hingga Cara Belinya

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi Mobil BCA menjadi salah satu rekomendasi asuransi bagi mobil yang perlu dipertimbangkan untuk dimiliki.

Pasalnya, saat mencari asuransi mobil, kamu memang harus mencari perusahaan yang benar-benar akan membayar klaim asuransi. 

Nah, asuransi mobil yang satu ini pun sangat direkomendasikan sebagai bentuk proteksi terhadap kendaraan kesayanganmu. Berikut ini ulasan selengkapnya, seperti dirangkum dari Qoala.

Baca juga: Cari Asuransi Mobil Terbaik? Coba Pertimbangkan 7 Hal Ini

Sekilas tentang Asuransi Mobil BCA

Dalam sejarahnya, BCA insurance merupakan perusahaan yang didirikan pada 1 Desember 1988 di Bandung menggunakan nama PT Ganesha Cipta Danamas.

Nama ini kemudian berubah menjadi Transpacific General Insurance di tahun 2006 dan di tahun 2010 perusahaan ini diambil alih oleh dana pensiun BCA dan BCA Finance dan mengubah namanya menjadi Central Sejahtera Insurance.

Pada 23 Desember 2013, perusahaan ini kembali berganti menjadi BCA insurance setelah kepemilikan sahamnya berubah. Dalam hal ini, BCA memiliki 75% saham di perusahaan ini.

Produk yang ditawarkannya berupa asuransi kendaraan, pengangkutan, rekayasa, uang, kebakaran, kecelakaan diri, dan mikro. Perusahaan ini berfokus untuk menyukseskan pertumbuhan bisnis di masa depan lewat manajemen dan jajarannya.

Hal itu pun kian diperkuat dengan peningkatan SDM dan sistem yang bisa bekerja secara lebih percaya diri dan produktif. Perusahaan ini juga selalu memperluas wilayah pelayanan dengan cara membuka kantor pemasaran di seluruh bagian Indonesia dan juga usaha untuk meningkatkan layanan supaya bisa memberikan pelayanan terbaik dalam melayani pelanggan.

Daftar Produk dan Polis Asuransi Mobil BCA

Asuransi mobil all risk

Asuransi ini akan melindungi mobil dari segala macam resiko dan biasanya disebut juga sebagai asuransi komprehensif atau keseluruhan. Dalam hal ini, pihak asuransi akan membayar klaim untuk berbagai jenis kerusakan, mulai dari kerusakan ringan hingga rusak berat, bahkan kehilangan.

Asuransi mobil total loss only

Pada asuransi ini, klaim hanya bisa diajukan saat terjadi kehilangan total. Pada asuransi mobil, kehilangan total yang dimaksud, yakni terjadinya kerusakan sebesar atau di atas 75% atau terjadi pencurian.

Jika kerusakan mobil kurang dari jumlah tersebut maka kamu tidak akan mendapatkan ganti rugi. Angka 75% ini diambil dari kemungkinan mobil yang tidak bisa digunakan lagi. Meski ruang lingkup kliennya cukup kecil, tetapi biayanya lebih murah.

Manfaat

Adapun jaminan pokok yang akan kamu peroleh, yakni ganti rugi atas kerusakan total dan juga kerusakan sebagian pada mobil untuk asuransi komprehensif.

Sementara itu, asuransi total loss only akan memberikan ganti rugi atas kerusakan yang totalnya di atas 75% dari harga kendaraan.

Terdapat pula jaminan perluasan yang dapat diberikan jika terjadi hal-hal seperti gempa bumi, kerusuhan, terorisme, angin topan, tanggung jawab hukum pihak ketiga, badai, letusan gunung berapi, pemogokan, sabotase, hujan es, tsunami, banjir, dan tanah longsor.

 

Keunggulan

  • Mendapatkan perlindungan kendaraan yang maksimal: asuransi mobil akan memberikanmu fasilitas perlindungan dalam bentuk perawatan maupun kecelakaan.
  • Ganti rugi atas kerugian: asuransi mobil akan memberikan ganti rugi dengan jumlah yang terbilang besar atas terjadinya kerusakan, kehilangan maupun pencurian sesuai dengan jumlah premi yang dibayarkan pada polis sehingga kerugian ekonomi yang kamu rasakan dari kejadian tersebut bisa diminimalisir.
  • Investasi perawatan: mobil yang diberikan asuransi juga akan menjadi lebih terawat dari kerusakan-kerusakan kecil dan ketika dijual kembali maka akan memiliki harga yang lebih tinggi daripada mobil yang tidak memiliki asuransi.

Baca juga: Asuransi Mobil Bekas: Biaya hingga Cara Klaimnya

Syarat Mengajukan Asuransi Mobil BCA

Berikut ini beberapa persyaratan dokumen yang harus diikuti untuk bisa mengajukan asuransi ini:

  • Fotokopi STNK
  • Fotokopi KTP/SIM/Kitas
  • Dokumen lain sesuai dengan jenis perlindungan yang dipilih

Jika persyaratan di atas sudah disetujui maka kamu sebagai calon nasabah akan membayar premi sesuai dengan yang tertulis dalam polis asuransi untuk mendapatkan perlindungan yang sesuai dengan biaya yang kamu bayarkan.

Cara Beli Asuransi Mobil BCA

Sebagai informasi, kamu bisa membeli asuransi mobil yang satu ini dengan mudah secara offline atau online. Untuk pembelian offline, silakan datang langsung ke agen asuransi BCA terdekat yang tersedia di kota kamu atau bisa juga kontak mereka via telepon atau mendatangi ke kantor cabang BCA Insurance yang ada di kotamu.

Jika ingin mau cara yang lebih praktis maka kamu bisa membeli secara online lewat situs resminya. Sebelum membeli asuransi, pastikan bahwa kamu sudah mengetahui jenis produk dan juga polis yang tepat dan sesuai dengan kebutuhanmu.

Lebih jauh, untuk meyakinkan diri bahwa produk ini adalah pilihanmu yang tepat, kamu bisa menanyakan terlebih dahulu ke customer service sebelum mengambil keputusan akhir. Di lain sisi, untuk produk tertentu, kamu pun bisa membelinya via jalur lainnya, misalnya lewat bancassurance, telemarketing, atau keagenan.

Cara Bayar Premi

Bagi kamu yang mau membayar premi asuransi mobil ini, kamu bisa melakukannya secara offline dengan datang langsung ke kantor cabang atau kantor pusat BCA Insurance.

Selanjutnya, kamu pun bisa menggunakan aplikasi BCA Life Mobile Services jika ingin membayarnya secara online untuk langkah yang lebih praktis. Aplikasi ini dapat diunduh secara langsung lewat Google Play Store atau App Store.

Sekian ulasan tentang asuransi mobil BCA yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Asuransi Mobil Nissan: Syarat Mengajukan hingga Cara Beli

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Perusahaan Asuransi yang Diawasi OJK, Simak Ya Daftarnya

JAKARTA, duniafintech.com – Perusahaan asuransi yang sudah terdaftar dan diawasi OJK (Otoritas Jasa Keuangan) hingga kini sudah banyak. Meski demikian, hanya sekitar 1,7 persen penduduk...

Outstanding Shares, Apa Itu? Ini Pengertian hingga Manfaatnya

JAKARTA, duniafintech.com – Outstanding shares merupakan salah satu istilah dalam dunia investasi saham yang wajib dipahami oleh investor. Pada dasarnya, istilah ini merujuk pada sebuah...

Kerugian Ikut Asuransi Prudential dan Keuntungannya, Cek Ya!

JAKARTA, duniafintech.com – Kerugian ikut asuransi Prudential dan keuntungannya perlu diketahui oleh nasabah dari perusahaan asuransi ini. Seperti diketahui, salah satu pertimbangan saat akan membeli...

Cara Pindah Faskes BPJS Berikut Syarat dan Ketentuannya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara pindah faskes BPJS Kesehatan berikut ini sangat penting diketahui oleh para peserta asuransi satu ini. Cara pindah faskes-nya pun sebetulnya sangat...

Kripto Masuk Pembahasan RUU P2SK, Ini Respon CEO Indodax

JAKARTA, duniafintech.com - Rancangan Undang Undang (RUU) Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (P2SK) resmi masuk ke dalam daftar Program Legislasi Nasional (Prolegnas) DPR yang...
LANGUAGE