26 C
Jakarta
Rabu, 7 Desember, 2022

Cari Asuransi Mobil Terbaik? Coba Pertimbangkan 7 Hal Ini

JAKARTA, duniafintech.com – Cari asuransi mobil terbaik dan terpercaya? Terkait itu, ada beberapa hal yang perlu menjadi pertimbangan kamu.

Seperti diketahui pula, mobil merupakan salah satu barang tersier yang mesti dibeli dengan harga yang relatif mahal.

Maka dari itu, para pemiliknya pun berusaha untuk memberikan perlindungan lebih untuk kendaraan roda empat mereka, termasuk dengan membeli asuransi.

Baca juga: Asuransi Mobil Bekas: Biaya hingga Cara Klaimnya

Mengingat tingginya permintaan, perusahaan yang menawarkan produk asuransi mobil dengan berbagai variasi manfaat dan fitur juga ikut meningkat.

Nah, banyaknya opsi pilihan yang variatif seperti ini akan membuatmu lebih sulit memilih asuransi yang tepat.

Maka dari itu, untuk membantu kamu menemukan asuransi mobil terbaik, berikut ini ulasan yang perlu kamu simak, seperti dinukil dari Qoala.

Jenis Asuransi Mobil yang Perlu Diketahui saat Cari Asuransi Mobil 

  1. Asuransi Mobil TLO: jenis asuransi ini hanya memberikan jaminan pada kerusakan dengan tingkat tertentu dan juga kehilangan akibat pencurian.
  2. Asuransi Mobil All Risk: biasanya, asuransi ini didaftarkan saat pertama kamu membeli mobil baru.
  3. Asuransi Mobil Gabungan: jenis asuransi biasanya akan didapatkan ketika kamu membeli mobil dengan cara kredit atau cicilan.
  4. Asuransi Mobil Perluasan (Rider): asuransi mobil perluasan atau disebut juga asuransi mobil rider ini bukan hanya menanggung risiko akibat kecelakaan dan hilang, melainkan juga menawarkan manfaat tambahan jika kamu membayar premi tambahan.
  5. Asuransi Mobil Collision Coverage: ‘collision coverage’ secara harfiah berarti cakupan tabrakan sehingga jenis asuransi ini merupakan produk yang dikhususkan untuk menanggung risiko kerugian finansial akibat tabrakan yang disebabkan oleh pengemudi.
  6. Asuransi Mobil Liability Insurance: ini adalah salah satu asuransi dasar yang penting untuk diketahui, dengan jenis yang hampir mirip dengan collision coverage, yakni sama-sama merupakan jenis asuransi yang menjamin kecelakaan yang dilakukan pengemudi, tetapi bedanya adalah cakupan asuransi ini tidak hanya untuk kerusakan terhadap mobil namun juga mencakup tagihan medis yang terjadi akibat dari kecelakaan tersebut.
  7. Asuransi Mobil Personal Injury Protection: ini merupakan asuransi yang akan memberikan perlindungan terhadap pengemudi/pemilik mobil beserta penumpangnya jika terjadi kecelakaan.

Cari Asuransi Mobil

Cara Cari Asuransi Mobil Terbaik

1. Pertimbangkan Reputasi Perusahaan Asuransi Mobil

Pertama, sangat penting melihat kredibilitas perusahaan yang mengeluarkan produk asuransinya untuk bisa memperoleh asuransi mobil yang bagus. Terdapat banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencari tahu reputasi dari suatu perusahaan asuransi.

Misalnya, kamu bisa melihat berbagai ulasan atau review yang diberikan untuk kandidat perusahaan dan produk asuransi mobil yang akan kamu beli secara online. Kamu pun bisa mencari artikel tentang perusahaan tersebut di Google atau menanyakannya melalui forum online.

Kemudian, lihatlah track record perusahaan tersebut, pastikan tidak ada kasus pelanggaran hukum agar kamu bisa merasa tenang dan aman mendaftar asuransi di sana. Di samping itu, kamu pun dapat melihat kredibilitas suatu perusahaan asuransi dengan mengecek legalitasnya.

Pastikan bahwa perusahaan tersebut terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) hingga Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI).

2. Cari Tahu Kesehatan Keuangan Perusahaan Asuransi

Bukan hanya soal kredibilitas dan legalitas perusahaannya, penting pula untuk memperhatikan kondisi keuangan perusahaan asuransi yang akan dipilih. Kamu dapat mengetahui keuangan suatu perusahaan asuransi baik atau tidak dengan melihat rasio solvabilitas atau Risk Based Capital (RBC).

Adapun Risk Based Capital (RBC) atau rasio solvabilitas ini bisa digunakan untuk menilai kesehatan keuangan perusahaan asuransi. Kian besar nilainya maka kian sehat kondisi finansialnya. Angka minimal RBC adalah sekitar 120%.

Setidaknya, dengan mengetahui bagaimana keadaan finansial perusahaan yang akan kamu pilih, nantinya kamu bisa memperoleh gambaran apakah perusahaan itu mampu memenuhi janji pembayaran klaim atau tidak.

Lantas, bagaimana caranya kamu melihat nilai RBC atau rasio solvabilitas? Kamu bisa mengecek neraca keuangan perusahaan lewat situs resmi perusahaan terkait.

3. Pahami Syarat-syarat yang Ditentukan Polis

Terdapat sejumlah dokumen yang dipersyaratkan saat mendaftar asuransi mobil. Maka dari itu, ketika kamu mencari asuransi mobil, pastikan pula bahwa syarat-syarat yang perlu dikumpulkan dapat dipenuhi.

Sebetulnya, rata-rata persyaratan yang ditentukan oleh perusahaan asuransi tidak terlalu sulit, misalnya formulir pendaftaran dari perusahaan asuransi yang sudah diisi, fotokopi STNK, fotokopi SIM, fotokopi identitas diri, bisa KTP atau KITAS dan surat NPWP (jika ada).

Adapun hal yang perlu kamu perhatikan saat mengumpulkan persyaratan, yakni data yang diisi harus lengkap, benar, dan akurat. Kalau tidak maka kamu mungkin akan kesulitan saat nanti melakukan pengajuan klaim.

Baca juga: Asuransi Mobil Nissan: Syarat Mengajukan hingga Cara Beli

4. Perhitungkan Nilai Kebutuhan Uang Pertanggungan

Kemudian, jangan pula tergesa-gesa dalam memilih asuransi mobil. Adapun salah satu hal yang penting diperhatikan, yakni ketahui terlebih dahulu apa tujuan kamu membeli produk asuransi.

Pasalnya, jenis asuransi mobil ini cukup beragam dan tiap jenis memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing. Oleh sebab itu, cek kebutuhanmu. Kalau kamu sedang mencari asuransi mobil yang bisa memberikan perlindungan dari kerusakan kecil hingga besar maka kamu bisa memilih produk asuransi all risk.

Akan tetapi, kalau kebutuhanmu hanya sebagai upaya preventif terhadap kerusakan parah maka asuransi jenis TLO sudah cukup. Hal lainnya yang sangat penting untuk diperhatikan, yaitu pastikan bahwa produk asuransi yang kamu beli memiliki besaran premi yang sesuai dengan budget. Jangan sampai besaran premi berpengaruh besar terhadap pengeluaran bulanan kamu.

5. Bandingkan Beberapa Polis Asuransi Mobil

Jika kamu sudah mengetahui jenis asuransi apa yang dibutuhkan maka selanjutnya kamu perlu membandingkan terlebih dahulu sejumlah polis asuransi sebelum memutuskan membeli salah satunya.

Dalam hal ini, kamu dapat membandingkan manfaat yang ditawarkan dari beberapa produk dalam satu perusahaan asuransi agar kamu bisa mendapatkan produk terbaik. Coba juga untuk melihat polis serupa dari beberapa perusahaan berbeda karena bisa saja satu perusahaan mencantumkan poin-poin berbeda dari perusahaan lainnya.

Dengan membandingkan hal tersebut, kamu berpotensi lebih besar untuk menemukan produk asuransi terbaik untuk kebutuhanmu.

6. Konsultasikan dengan Ahli Asuransi

Meski sepintas tampak sederhana, tetapi nyatanya cukup banyak elemen dari asuransi yang mungkin akan membuatmu bingung. Kalau kamu bisa membuat keputusan dengan mempertimbangkan elemen-elemen itu sendirian maka hal ini bagus untukmu. Kalau tidak maka kamu perlu bantuan ahli.

Dalam hal ini, kamu dapat mencari berbagai perusahaan yang menawarkan jasa konsultasi asuransi di internet, silakan pilih salah satunya, dan konsultasikan asuransi mobil seperti apa yang kamu mau. Dengan saran ahli, kamu bisa menemukan asuransi mobil terbaik yang sesuai dengan kebutuhanmu.

7. Pilih Asuransi Mobil yang Rekanan Bengkelnya Luas

Seperti halnya asuransi kesehatan yang bekerja sama dengan rumah sakit rekanan, asuransi mobil pun memiliki bengkel rekanan. Lazimnya, kalau kamu tidak melakukan perbaikan di bengkel rekanan maka biaya perbaikannya tidak dapat diklaim untuk memperoleh ganti rugi dari pihak asuransi.

Maka dari itu, penting untuk mengetahui seberapa luas cakupan bengkel rekanan mereka, apakah tersebar di banyak wilayah di Indonesia, khususnya di daerah dekat rumahmu. Di samping cakupannya, cari tahu pula apakah bengkel rekanannya resmi dari brand mobil atau tidak, kredibel atau tidak.

Hal itu penting supaya kamu tidak kesulitan ketika mencari bengkel rekanan untuk memperbaiki kerusakan mobilmu dan memastikan kualitas bengkel itu.

Daftar Produk Asuransi Mobil Terbaik

  1. Asuransi Mobil Jasaraharja Putera
  2. Asuransi Mobil Sinar Mas
  3. Asuransi Garda Oto
  4. Asuransi Mobil Terbaik Adira Autocillin
  5. Asuransi Allianz Utama Indonesia
  6. AXA Auto Insurance
  7. Asuransi Adira Syariah
  8. Asuransi BRINS OTO
  9. Asuransi ACA Otomate
  10. ABDA Auto Insurance

Sekian ulasan tentang cari asuransi mobil yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Cara Klaim Asuransi Mobil All Risk serta Syarat dan Triknya

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

RUU PPSK Tidak Semua Koperasi Diawasi Oleh OJK

JAKARTA, duniafintech.com - Rancangan Undang-Undang (RUU) Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (PPSK) menimbulkan pro dan kontra. Hal itu karena didalamnya membahas tentang keberadaan kerja koperasi...

Presiden Jokowi Instruksikan Kemendag Bangun Ekonomi Digital di Sektor Perdagangan

JAKARTA, duniafintech.com - Presiden Joko Widodo memberikan arahan kepada Kementerian Perdagangan agar dapat memanfaatkan potensi ekonomi digital. Hal itu dilakukan melalui akselerasi transformasi digital pada...

Pinjol Cepat Cair Legal Berizin OJK, Intip Nih Rekomendasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Pinjol cepat cair adalah pinjaman melalui aplikasi di smartphone yang proses pencairan dananya sangat cepat. Pinjol atau pinjaman online berizin Otoritas Jasa...

Ini Langkah Strategi Pemerintah Jaga Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

JAKARTA, duniafintech.com - Didukung dengan kemampuan penanganan pandemi yang baik, percepatan vaksinasi, peran APBN sebagai shock absorber, tingginya harga komoditas unggulan, hingga kesuksesan Presidensi...

Dollar ke Rupiah Hari Ini, Cek Kurs BCA, Mandiri, dan BRI

JAKARTA, duniafintech.com – Dollar ke rupiah hari ini, sesuai kurs, melemah pada level Rp 15.618 di perdagangan pasar spot Selasa (6/12). Diketahui, rupiah melemah 0,99%...
LANGUAGE