27.8 C
Jakarta
Senin, 27 Mei, 2024

Asuransi Mobil Online Terbaik 2023, Intip Nih Rekomendasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi mobil online lahir dan berkembang seiring dengan pesatnya pertumbuhan teknologi informasi hingga saat ini.

Lahirnya asuransi online membuat produk proteksi bisa ditawarkan lewat saluran digital.

Berbagai jenis asuransi yang sudah bisa dibeli secara online adalah asuransi rumah, asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi perjalanan dan asuransi mobil.

Nah, berikut ini ulasan tentang asuransi online untuk mobil yang perlu diketahui, seperti dikutip dari Qoala.

Baca juga: Contoh Polis Asuransi Mobil dan Hal-hal Dasar yang Ada di Dalamnya

Daftar Produk Asuransi Mobil Online

Beberapa perusahaan berikut ini menawarkan asuransi mobil online. Inilah daftarnya.

  1. Sinar Mas

Sinar Mas memiliki asuransi mobil online terbaik yang ditawarkan dengan berbagai keunggulan, mulai dari preminya yang murah, jumlah bengkel rekanan 584 bengkel yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia, hingga usia mobil tanggungan yang cukup tua.

Asuransi mobil dari Sinar Mas ini bisa menjadi salah satu kandidat yang harus dipertimbangkan.

Premi TLO Sinar Mas asuransi mobil ini mulai dari Rp 35.000, sedangkan untuk All Risk Rp 175.000 dengan usia mobil tanggungan maksimal 12 tahun.

  1. MAG

Multi Artha Guna (MAG) juga menawarkan asuransi kendaraan bermotor, termasuk asuransi mobil online.

Premi TLO-nya mulai dari Rp35.000 dan premi All Risk Rp 193.000.

Kamu pun akan dimudahkan dalam mengakses layanan sebab asuransi ini punya bengkel rekanan hingga mencapai 534 bengkel.

Asuransi ini bahkan juga mencakup perlindungan terhadap biaya perbaikan di bengkel resmi.

  1. Garda Oto

Meski bukan yang termurah, tetapi perusahaan asuransi Garda Oto juga menjadi nama besar yang berdiri sejak 1995 sehingga jaminan yang diberikannya dapat dipercaya. Bengkel rekanan dari perusahaan ini pun lumayan banyak dan tersebar hingga 500 lokasi.

Dengan demikian, kamu tidak perlu bingung harus ke mana saat ingin memperbaiki kerusakan kendaraan.

Asuransi ini pun mencakup jaminan tambahan untuk risiko huru-hara, gempa bumi, banjir, dan lainnya.

Kelebihan lainnya, yakni fitur gratis layanan 24 jam Emergency Road Assistance, di antaranya layanan mobil derek, ban kempes di jalan, dan lainnya.

Biaya premi untuk jenis asuransi TLO mulai dari Rp63.000, sementara untuk asuransi mobil all risk adalah Rp215.000.

Lebih jauh, usia mobil yang masuk pertanggungan maksimal 10 tahun.

  1. ABDA Auto Insurance

Asuransi otomotif ABDA pun tidak tergolong sebagai asuransi mobil murah sebab premi TLO-nya dipatok mulai dari Rp 68.000 dan All Risk Rp 280.000.

Namun, harga yang dibayarkan akan sebanding dengan layanannya, antara lain, free Emergency Road Assistance 24 jam dan ketersediaan bengkel rekanan hingga 400 lokasi.

  1. ACA Otomate

Asuransi Central Asia (ACA) merupakan bagian dari Salim Group juga menjadi salah satu yang terbaik di bisnis asuransi mobil.

Jenis asuransi yang ditawarkannya pun beragam, mulai jenis All Risk, TLO, dan juga ACA Otomate yang ditawarkan dalam 3 paket yang berbeda.

Meski dari segi premi tidak termasuk yang termurah, tetapi layanannya jelas sangat lengkap.

Uang Pertanggungan (UP) dari asuransi ini mencapai Rp75 juta dan perlindungannya juga mencakup risiko banjir hingga kerugian pihak ketiga.

Di samping itu, juga ada gratis ERA 24 jam serta fasilitas mobil pengganti selama mobilmu dalam masa perbaikan.

Premi untuk TLO di ACA Otomate dimulai dari Rp48.000 dan untuk premi All Risk sebesar Rp218.000, sedangkan untuk usia mobil tertanggung maksimal 7 tahun.

  1. Tugu Pratama

Dengan premi TLO mulai dari Rp35.000 dan All Risk Rp175.000, Asuransi Tugu Pratama boleh disebut sebagai asuransi mobil online murah yang punya jaringan cukup luas hingga 307 bengkel rekanan yang tersebar di berbagai lokasi.

Usia mobil yang tertanggung maksimal, yaitu 10 tahun. Kelebihan tambahan lainnya, yakni voucher pengisian BBM di SPBU Pertamina.

  1. Adira Autocillin

Asuransi Autocillin dari Adira pun menawarkan asuransi mobil online All Risk dan TLO dengan layanan tambahan cukup lengkap, mulai dari free ERA 24 jam, klaim cepat lewat aplikasi hanya 1 hari, hingga fitur Autocillin Garage yang dapat menyelesaikan perbaikan kerusakan ringan di hari yang sama.

Akan tetapi, preminya memang sedikit lebih mahal, dengan rincian untuk TLO dimulai dari Rp72.000, sedangkan All Risk Rp282.000.

  1. Allianz (MobilKu)

Allianz menjadi nama besar di dunia asuransi sehingga mutu dan kepercayaannya terjamin.

Terdapat beberapa jenis asuransi yang disediakan Allianz untuk kendaraan, mulai dari comprehensive hingga yang suka-suka, yang bisa disesuaikan dengan pilihanmu.

Biaya preminya pun relatif murah, yakni untuk paket ECO, misalnya dipatok dengan biaya premi mulai dari Rp39.000 per bulan.

Adapun layanan tambahan yang ditawarkannya juga boleh disebut cukup lengkap, mulai dari free ERA 24 jam, perlindungan dari risiko banjir, hingga jaminan tambahan pertanggungan pihak ketiga.

  1. AXA (AXA Auto Insurance)

AXA Mandiri pun menjadi salah satu nama yang sangat wangi di bisnis asuransi. Di samping karena reputasinya, AXA juga dikenal karena memberi layanan yang lengkap dengan nilai premi relatif murah, mulai dari Rp46.000.

Kamu juga dapat memperoleh layanan tambahan berupa gratis derek plus taksi, tanggungan kecelakaan diri, hingga pertanggungan pihak ketiga.

Di samping itu, asuransi ini dapat mengcover hingga mobil berusia 15 tahun untuk jenis asuransi TLO. Karena itu, asuransi mobil ini pun bisa kamu pakai untuk perlindungan mobil bekas.

  1. Tokio Marine

Tokio Marine merupakan perusahaan asuransi asal Jepang yang terbesar dan tertua di negara tersebut.

Perusahaan ini menawarkan asuransi mobil terpercaya dengan premi murah dan layanan yang lengkap.

Dengan premi mulai dari Rp36.000 untuk TLO, kamu sudah dapat memperoleh layanan tambahan berupa derek plus ambulans, pertanggungan pihak ketiga, bencana dan kecelakaan diri.

Sekalipun cakupan jaringan bengkel rekanannya tidak begitu luas ketimbang perusahaan lainnya—hanya sekitar 100 bengkel rekanan—, tetapi garansi perbaikan bengkel yang mereka tawarkan sangat terjamin dan terpercaya.

Adapun untuk mobil tertanggung, usianya maksimal 10 tahun.

Baca juga: Asuransi Mobil Terbaik dan Cara Mengeceknya, Simak Ya!

Syarat Mengajukan

Sejatinya, syarat untuk daftar asuransi mobil daring ini tidak jauh berbeda dengan asuransi mobil offline, yakni berupa beberapa dokumen dasar berikut ini:

  • Formulir pendaftaran asuransi yang sudah diisi.
  • Scan atau foto STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan)
  • Scan atau foto KTP (Kartu Tanda Penduduk) untuk WNI dan KITAS (Kartu Izin Tinggal Sementara) dan/atau KITAP (Kartu Izin Tinggal Permanen) untuk WNA.
  • Scan atau foto SIM (Surat Izin Mengemudi).
  • Scan atau foto NPWP atau SIUP.

Namun, pastikan juga bahwa scan atau foto dari dokumen yang akan diupload itu memiliki resolusi baik dan informasi yang tertulis bisa terbaca dengan jelas.

Cara Klaim

Cara klaim asuransi mobil ini pun kurang lebih sama dengan asuransi mobil offline, dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Membuat laporan klaim
  • Menyiapkan dokumen klaim
  • Survei dari perusahaan asuransi
  • Hasil analisis dan penilaian klaim
  • Penggantian klaim

Asuransi Mobil Online

Jenis-jenis Asuransi Mobil Online

  1. TLO

Jenis asuransi ini hanya akan mengcover kerusakan parah sehingga mobil tidak bisa dipakai lagi atau saat hilang karena dicuri.

Kerusakan yang bisa diklaim, yakni kerusakan yang nilai perbaikannya minimal sebesar 75% dari harga mobil, sedangkan preminya biasanya senilai 0,44% dari harga mobil.

  1. All Risk

Asuransi ini merupakan jenis yang lebih menyeluruh. Jika kendaraanmu didaftarkan di asuransi ini maka kamu akan memperoleh ganti rugi untuk klaim kerusakan ringan hingga parah dan juga kehilangan akibat dicuri.

Dibandingkan dengan asuransi TLO, preminya memang lebih besar, yakni sekitar 3,26% dari harga mobil.

  1. Gabungan

Jenis yang satu ini merupakan gabungan dari asuransi All Risk dan TLO, yang hanya bisa diperoleh ketika kredit mobil.

Dengan terdaftar pada asuransi ini, mobil kamu akan ditanggung secara secara all risk pada tahun pertama, sementara untuk tahun-tahun selanjutnya hanya TLO.

  1. Perluasan (Rider)

Kemudian, juga ada jenis asuransi mobil jaminan perluasan. Asuransi ini adalah manfaat tambahan di luar pertanggungan risiko yang disebabkan oleh kecelakaan atau hilang.

  1. Collision Coverage

Sejalan dengan namanya, jenis asuransi berikut ini ditawarkan khusus untuk mengcover risiko kerusakan akibat tabrakan yang disebabkan oleh pengemudi.

Adapun ganti rugi yang diberikan senilai harga mobil. Bahkan, jenis asuransi ini tetap memberikan ganti rugi kalau kendaraan itu rusak berat dan biaya kendaraan terkait perbaikannya melebihi harga mobil.

  1. Liability Insurance

Jenis yang berikutnya ini mirip dengan collision coverage, yakni asuransi yang menjamin kecelakaan yang diakibatkan oleh pengemudi.

Namun, perbedaannya, di samping menjamin kerusakan terhadap mobil, asuransi ini pun menanggung tagihan medis yang berkaitan dengan kecelakaan tersebut.

  1. Personal Injury Protection

Asuransi ini sekilas mirip dengan asuransi jiwa sebab memberikan perlindungan untuk pengemudi atau pemilik kendaraan dan juga penumpang dari risiko kematian, cacat tetap dan biaya perawatan yang diakibatkan kecelakaan.

Akan tetapi, asuransi jenis yang satu ini masih belum diterapkan di Indonesia, tetapi sudah umum di negara-negara maju seperti di benua Eropa atau Amerika.

Baca juga: Asuransi Mobil Terbaik dan Murah, Cek Daftarnya

Baca terus berita fintech Indonesia dan berita kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU