29.3 C
Jakarta
Jumat, 23 Februari, 2024

Asuransi Mobil Syariah Terbaik dengan Premi Termurah, Simak Ya!

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi mobil syariah terbaik merupakan produk asuransi yang dapat menjamin nasabah terhadap risiko kerugian finansial atas mobil berdasarkan hukum islam.

Risiko-risiko tersebut termasuk kerusakan akibat kecelakaan, bencana alam, kerusakan, kebakaran, kerusuhan, dan pencurian serta kerugian jiwa hingga materi.

Untuk memiliki produk asuransi mobil dengan pembiayaan syariah terbaik, maka perlu melihat apa saja pilihannya dan bagaimana manfaat yang ditawarkan.

Asuransi mobil syariah berbeda dengan yang konvensional karena pengelolaan finansial dan izin usahanya tak hanya perlu diketahui oleh OJK, namun juga perlu persetujuan Dewan Syariah Nasional – Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI).

Namun, baik asuransi kendaraan syariah maupun konvensional, menawarkan manfaat atau jaminan yang sama. Besaran premi atau kontribusi untuk keduanya juga sama. Selain itu, bengkel rekanan yang bekerja sama dengan asuransi konvensional juga bisa bekerja sama dengan asuransi syariah untuk mobil.

Sekilas tentang Asuransi Kendaraan Syariah

Asuransi mobil syariah merupakan salah satu produk asuransi yang menjamin dana ganti rugi bagi kendaraan mobil yang rusak dengan menerapkan prinsip asuransi syariah. Kerusakan yang dimaksud bisa berbagai macam seperti karena kecelakan, kebakaran, hingga bencana alam yang tidak terduga.

Pentingnya memiliki asuransi kendaraan syariah juga sebagai upaya untuk melindungi kendaraan dari kerusakan. Menurut data World Health Organization (WHO), kecelakaan saat berkendara di lalu lintas menjadi penyebab kematian terbesar ke-3 di Indonesia sejauh ini. Jadi, tak ada alasan lagi bahwa memiliki asuransi mobil syariah tidaklah penting.

Baca juga: Panduan Memahami Premi Asuransi Syariah: Jenis hingga Ketentuan Pengelolaan Dana

Asuransi Mobil Syariah Terbaik
Ilustrasi: Asuransi Mobil Syariah Terbaik

Baca juga: Sesuai Syariat Islam, Inilah Rekomendasi Asuransi Syariah yang Aman

Daftar Asuransi Mobil Syariah Terbaik dan Termurah

Jadi, jika Anda mencari asuransi kendaraan yang sesuai dengan hukum islam, berikut rekomendasi asuransi mobil syariah terbaik yang bisa Anda dapatkan.

  1. Otomate Syariah

Otomate syariah merupakan produk asuransi mobil syariah dari perusahaan ACA. Sama seperti asuransi kendaraan pada umumnya, Otomate Syariah juga menyediakan polis asuransi All Risk dan Total Loss Only. Selain itu, nasabah juga bisa mendapatkan manfaat tambahan seperti fasilitas mobil pengganti, mobil derek dan ambulans,  pertanggungan tanggung jawab hukum pihak ketiga hingga Rp20 juta, santunan meninggal dunia karena kecelakaan hingga Rp10 juta, dan masih banyak lagi yang lainnya.

  1. Garda Oto Syariah

Asuransi Garda Oto Syariah adalah salah satu produk asuransi yang memiliki sistem nasabah saling menanggung risiko dengan cara melakukan hibah seluruh atau sebagian kontribusi lewat pembiayaan yang disebut dana tabarru.

Perusahaan Garda Oto Syariah menjadi pemegang amanah untuk melakukan pengelolaan dan mengatur proses investasi dana dari para nasabah. Dalam kata lain, perusahaan Garda Oto Syariah memiliki tugas untuk mengelola hal operasional saja tidak sebagai penanggung.

Beberapa fitur tambahan dalam asuransi Garda Oto Syariah antara lain bengkel rekanan Garda Oto, bengkel authorized Garda Oto, Garda Akses 24 Jam Garda Oto, Garda Center Garda Oto, dan Garda Siaha Garda Oto (Towing Car, Ambulance, Emergency Roadside Assistance, Garda Mobile Otocare).

  1. Ramayana Syariah

Ramayana Syariah merupakan produk asuransi kendaraan syariah yang dimiliki oleh PT Asuransi Ramayana Tbk yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Asuransi ini memiliki banyak produk-produk baik itu secara umum maupun kerugian yang dikelola dengan prinsip syariat Islam, yaitu tolong menolong dan sistem bagi hasil. Sangat cocok bagi Anda yang ingin perlindungan komprehensif tanpa riba.

Salah satu produk terbaik yang dimiliki adalah Asuransi Mobil Ramayana Syariah.

  1. Autocillin Ikhlas

Autocillin Ikhlas adalah produk asuransi kendaraan syariah dari ADIRA yang menawarkan perlindungan atas kerusakan atau kehilangan. Keunggulan Autocillin Ikhlas adalah memiliki dua fitur yakni Fleksibel dan Bagi Hasil. Fleksibel adalah pembayaran premi dilakukan untuk perlindungan TLO atau Comprehensive, sedangkan bagi hasil adalah nasabah akan mendapatkan bagi hasil pada akhir periode dengan syarat nasabah tidak melakukan klaim.

Premi yang dibayarkan pada asuransi syariah Autocillin Ikhlas nantinya digunakan untuk perlindungan perluasan. Beberapa perlindungan perluasan berupa jaminan ganti rugi terhadap pihak ketiga, kecelakaan, diri, biaya pengobatan, banjir atau angin topan, bencana alam, pemogokan, kerusuhan hingga makar.

  1. Asuransi BNI Oto Syariah

Asuransi BNI Oto Syariah menerapkan akad murabahah. Prinsip ini adalah perjanjian jual beli harga asal dengan keuntungan tambahan yang disepakati.

Berikut adalah manfaat-manfaat yang nantinya bisa nasabah dapatkan:

  • Bengkel rekanan yang tersebar di seluruh Indonesia.
  • Biaya pertanggungan atas risiko kecelakaan, pencurian hingga bencana alam.
  • Terdapat fasilitas derek, ambulans hingga mobil pengganti selama proses perbaikan.
  • Proses klaim dan persyaratannya lebih mudah.

Sebagai catatan, untuk mendaftar asuransi ini, nasabah harus berusia minimal berumur 21 tahun dengan penghasilan tetap minimal 2 tahun dan melengkapi berkas-berkas yang dibutuhkan.

  1. Chubb Syariah

Asuransi Chubb Syariah ini merupakan salah satu pilihan jenis jaminan asuransi kendaraan chubb. Produk yang satu ini akan memberikan proteksi terhadap segala risiko kerugian yang berupa kerusakan atau kehilangan kendaraan.

Sebagai produk asuransi syariah, asuransi jenis ini akan dilandaskan pada hukum asuransi mobil syariah yang berlaku. Nah, manfaat dari pertanggungannya pun mencakup beberapa hal.

  • Pertanggungan kerusakan atau kehilangan.
  • Pertanggungan atas hukum untuk pihak ketiga.
  • Ganti rugi akibat kecelakaan.

Demikian ulasan lengkap mengenai ragam produk asuransi mobil syariah terbaik di Indonesia. Semoga bermanfaat ya.

Baca jugaHukum Asuransi Syariah, Bandingkan Asuransi Konvensional

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE