25.8 C
Jakarta
Kamis, 6 Oktober, 2022

Sesuai Syariat Islam, Inilah Rekomendasi Asuransi Syariah yang Aman

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi syariah yang aman tentunya akan memberikan perlindungan khusus bagi Anda. 

Sebagai masyarakat, penting untuk memilih asuransi yang menjadi perlindungan bagi anda dan keluarga. 

Asuransi syariah sering menjadi pilihan keluarga yang ingin menjaga nilai-nilai syariah di kehidupannya. Dengan ilmu Islam dalam memutuskan sebuah kontrak asuransi, banyak Muslim yang akhirnya memilih produk asuransi syariah tersebut. 

Mengenal Apa Itu Asuransi Syariah

Menurut OJK, asuransi syariah adalah sebuah usaha untuk saling melindungi dan saling membantu antara para pemegang polis (peserta). Melalui pengumpulan dan pengelolaan yang memberikan pola-pola dana untuk menghadapi risiko tertentu melalui perikatan yang sesuai dengan prinsip syariah.  

Lebih lanjut dijelaskan, asuransi syariah menggunakan prinsip sharing of risk, dimana risiko dari satu orang/pihak dibebankan kepada seluruh orang/pihak yang jadi pemegang polis. Untuk perannya, perusahaan asuransi syariah melakukan pengelolaan operasional dan investasi dari sejumlah dana yang diterima pemegang polis. 

Baca jugaAsuransi Kesehatan Mental, Seberapa Penting? Simak di Sini

Terakhir, akad yang digunakan di sini menggunakan prinsip tolong-menolong antara sesama pemegang polis dan perwakilan/kerjasama pemegang polis dengan perusahaan asuransi syariah. 

Asuransi Syariah yang Aman

Rekomendasi Asuransi Syariah yang Aman dan Terpercaya

Setelah mengenal jenis asuransi ini, mari kita ketahui asuransi syariah yang aman. Berikut ini, 10 rekomendasi asuransi syariah yang aman dilansir dari Popmama.com, di antaranya:

1. Asuransi kesehatan FWD Syariah

Di FWD, ada pilihan Asuransi Bebas Handal FWD Syariah yang memiliki premi termurah. Kamu bisa membayar hanya Rp 75 ribu per bulan. 

Sedangkan untuk manfaat yang didapat cukup tinggi yaitu mencapai hingga Rp 100 juta per tahun. Salah satu kelebihan andalan dari asuransi ini adalah adanya tanggungan Covid-19 yang berupa santunan harian, karantina, hingga santunan meninggal dunia. 

2. Asuransi kesehatan JMA Syariah

JMA Asyifa adalah salah satu produk asuransi yang seluruhnya menggunakan ilmu syariah. Dalam asuransi syariahnya, menanggung perawatan gigi menjadi manfaat dasarnya. 

Selain itu, ada juga manfaat dari asuransi syariah ini antara lain santunan meninggal dunia, menanggung biaya rawat inap hingga operasi juga. 

3. Asuransi kesehatan syariah Takaful Keluarga

Berada di bawah naungan Asuransi Takaful Keluarga, produk asuransi syariah ini memiliki asuransi Takafulink Salam. Asuransi kesehatan syariah ini tepat untuk mereka yang ingin manfaat askes, jiwa, penyakit kritis, dan investasi dalam satu polis. 

Baca jugaAsuransi Kesehatan Individual, Inilah Rekomendasi Produknya

Benefit yang bisa didapatkan antara lain memberikan pertanggungan biaya rawat inap, rawat jalan, rawat gigi, persalinan ICU, dan pembedahan sekaligus. Lalu, ada 49 penyakit kritis yang ditanggung polis.

Satu lagi, ada santunan bagi nasabah yang meninggal dunia dan nilai tunai investasi. Harga polisnya adalah sekitar Rp 300 ribu per bulan. 

4, Asuransi kesehatan Prudential Syariah

Prudential juga punya produk syariah yaitu PRUprime Healthcare Syariah. Ini merupakan asuransi dengan perlindungan sampai rentang usia 85 tahun. Yang menarik, ada manfaat rawat inap yang benefitnya mencapai Rp 8 juta per hari. 

Selain menjalani asuransi dengan prinsip syariah, produk ini juga punya banyak keunggulan seperti pembayaran biaya kesehatan cashless di 2 negara (Indonesia, Malaysia, Singapura) dan memberikan santunan jika meninggal dunia. 

Selain itu, nasabah juga berhak mendapat manfaat sebesar 10-50 persen jika tidak ada klaim. Sedangkan batas manfaat tahunannya bisa mencapai hingga Rp 35 miliar. 

5. Asuransi kesehatan Syariah Sinarmas MSIG Life

Sinarmas MSIG Life juga punya produk syariah yang bernama SMiLe Medical Syariah. Benefitnya adalah menanggung nasabah hingga usianya mencapai 90 tahun. 

Menariknya, tanggungan dari asuransi ini cukup lengkap dan nilainya cukup tinggi. Beberapa keunggulannya antara lain pertanggungan biaya kamar rawat inap, biaya pembedahan yang ditanggung asuransi sesuai dengan tagihan rumah sakit, dan limit tahunan polis hingga Rp 1,4 miliar. 

6. Asuransi kesehatan AXA Mandiri Syariah

Sepertinya, hampir semua asuransi juga memiliki produk syariah. Seperti AXA Mandiri yang punya syariah yang punya banyak keunggulan. 

Pertama, premi aksesnya cukup terjangkau yaitu mulai dari Rp 4 juta per tahun atau Rp 300 ribu per bulan. Dengan premi tersebut, nasabah bisa mendapat santunan meninggal dunia hingga 50 kali lipat dari kontribusi dasar tahunan dan santunan rawat inap mulai dari Rp 750 ribu dan santunan ICU harian mulai dari Rp 1,5 juta. 

7. Asuransi kesehatan Syariah Manulife

Berkah Medicare Plus adalah asuransi kesehatan syariah dari Manulife. Polis dari produk ini cukup menguntungkan karena bisa memberikan manfaat askes dan penyakit kritis sekaligus. 

Seperti contoh, ada santunan harian rawat inap hingga ICU dan pertanggungan biaya perawatan kanker hingga cuci darah. 

8. Allianz Syariah

Allianz punya asuransi syariah yang bernama AlliSya Care. Ada 8 plan yang bisa dipilih, sesuai dengan kebutuhan perorangan dan askes syariah untuk keluarga. 

Beberapa kelebihan dari polis asuransi ini adalah santunan meninggal dunia sekaligus dan diskon 5% setiap tambahan anggota keluarga. Ada juga pembagian surplus underwriting secara adil jika tidak ada klaim dan berniat perpanjang polis. 

9. BNI Life Syariah

Dalam BNI Life Syariah, ada salah satu produknya yang bernama Ahsan medicare. Produk ini cukup banyak dicari karena preminya hanya sekitar Rp 300 ribu per bulan. 

Sedangkan keuntungan yang bisa didapat antara lain santunan meninggal dunia sekaligus dalam satu polis dan manfaat loyalty bonus jika nasabah hidup hingga masa polis berakhir. 

10. BRI Life

Yang terakhir ada BRILife-Link Proteksi Syariah yang merupakan bagian produk dari BRI Life. Produk ini dilengkapi dengan asuransi tambahan (rider), gratis Ujrah penarikan (redemption), terdapat pilihan tambahan yang lengkap dan bervariatif, serta memberikan manfaat proteksi dan investasi. 

Usia untuk nasabah asuransi cukup panjang yaitu dari umur 1 tahun hingga 65 tahun. Masa asuransinya juga panjang yaitu mencapai 100 tahun. Satu lagi, pembayaran kontribusinya cukup fleksibel dengan pilihan periode tahunan, semesteran, triwulan atau bulanan.

Nah, itulah rekomendasi asuransi syariah yang aman dan terpercaya di Indonesia. Semoga bermanfaat ya.

Baca jugaHarap Waspada! Satgas Temukan 7 Entitas Tawarkan Investasi Bodong

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

 

Penulis: Panji A Syuhada

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Asuransi Online Terbaik – Tips Jaga Diri Kala Pancaroba Datang

JAKARTA, duniafintech.com - Asuransi online terbaik menjadi salah satu solusi memproteksi diri kala musim pancaroba datang kerap membawa penyakit. Perubahan cuaca dan suhu udara di...

Masyarakat Digital Perempuan, Pemuda dan UMKM jadi Fokus Pemerintah

JAKARTA, duniafintech.com - Masyarakat Digital Perempuan, Pemuda dan UMKM, jadi fokus pemerintah untuk memacu peningkatan produktivitasnya. Bank Indonesia menyampaikan dalam acara perhelatan internasional Presidensi G20,...

Kurs Dollar ke Rupiah Hari Ini di BCA dan BRI, Cek di Sini

JAKARTA, duniafintech.com – Dollar ke rupiah hari ini, Rabu (5/10/2022), menurut kurs yang tersedia, menguat pada level Rp 15.248 di perdagangan pasar spot. Adapun rupiah...

Pertumbuhan Investor Pasar Modal Asal Sumatera Utara Meningkat 30,41 Persen

JAKARTA, duniafintech.com - Pertumbuhan investor pasar modal Provinsi Sumatera Utara, menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai  memiliki potensi. Terbukti, investor pasar modal Provinsi Sumatera Utara...

Berita Bitcoin Hari Ini: Wuih, Bitcoin Kembali ke US$20.000!

JAKARTA, duniafintech.com – Berita Bitcoin hari ini datang dengan kabar menggembirakan. Pasalnya, Bitcoin kembali menyentuh level US$20.000. Sebagai informasi, harga mayoritas kripto utama kembali pada...
LANGUAGE