26.3 C
Jakarta
Jumat, 1 Maret, 2024

Asuransi Mobil Terbaik, Ketahui Jenis hingga Rekomendasi Produknya di Sini

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi mobil terbaik adalah bentuk proteksi atas kendaraan roda empat kesayangan yang penting untuk dimiliki.

Hingga kini, sudah ada banyak pilihan pertanggungan mobil yang bisa digunakan untuk merawat kendaraan kesayangan.

Adapun masing-masing produknya pun memiliki keunggulan yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini ulasan selengkapnya, seperti dikutip dari Lifepal.

Jenis-jenis Asuransi Mobil Terbaik

Pada dasarnya, ada dua jenis asuransi mobil, yaitu all risk dan TLO (total loss only).

Namun, juga ada perusahaan yang menggabungkan keduanya menjadi pertanggungan mobil kombinasi. 

  1. Asuransi mobil all risk

Asuransi mobil all risk, sesuai dengan namanya, memberikan pertanggungan yang komprehensif dengan menanggung segala bentuk risiko. 

Baik risiko kerusakan ringan maupun berat, hingga risiko kehilangan mobil akibat pencurian, semuanya bisa ditanggung dengan jenis pertanggungan ini. 

Pertanggungan mobil all risk terbaik direkomendasikan bagi seluruh pemilik mobil, khususnya pemilik mobil baru.

Pasalnya, manfaat pertanggungannya lebih mendalam dan maksimal, sehingga bisa melindungi mobil baru dengan lebih maksimal.

Baca juga: Asuransi Mobil Online Terbaik 2023, Intip Nih Rekomendasinya

  1. Asuransi mobil TLO

TLO adalah singkatan dari total loss only. Jenis pertanggungan mobil ini memberikan manfaat pertanggungan apabila nilai kerugian mencapai atau sama dengan 75 persen dari nilai mobil sebelum kerugian. 

Biasanya, pertanggungan TLO adalah jenis yang cocok digunakan untuk mobil bekas atau mobil yang usianya sudah cukup tua.

Pasalnya, mobil-mobil tersebut lebih mungkin mengalami kerusakan yang sangat parah. 

Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan bagi pemilik mobil baru untuk juga menggunakan asuransi mobil TLO ini, ya. 

  1. Asuransi mobil kombinasi

Beberapa perusahaan asuransi menggabungkan kedua jenis asuransi mobil dan menyediakan produk asuransi mobil kombinasi. 

Jenis asuransi ini mencampurkan manfaat dari asuransi all risk dan TLO. Namun, bukan berarti kamu akan langsung mendapatkan manfaat dari keduanya di saat bersamaan. 

Sistem asuransi kombinasi berlaku secara bergilir. Misalnya, selama dua tahun pertama kamu akan mendapatkan manfaat berupa pertanggungan all risk. 

Kemudian, tiga tahun berikutnya manfaat yang didapatkan berupa manfaat pertanggungan TLO. 

  1. Asuransi mobil perluasan (rider)

Asuransi rider adalah jenis asuransi tambahan yang biasanya ditambahkan di samping asuransi utama.

Rider atau tambahan hanya bisa didapatkan apabila kamu sudah membeli produk asuransi utama lebih dulu. 

Setiap perusahaan asuransi punya kebijakan berbeda-beda mengenai manfaat tambahan atau rider. Umumnya, manfaat tambahan pada rider meliputi: 

  • Jaminan perluasan asuransi kendaraan banjir dan angin topan
  • Jaminan perluasan asuransi kendaraan gempa bumi dan tsunami
  • Jaminan perluasan asuransi kendaraan huru-hara atau kerusuhan
  • Jaminan perluasan asuransi kendaraan terorisme dan sabotase
  • Jaminan perluasan asuransi kendaraan tanggung jawab hukum pihak ketiga (TPL)
  • Jaminan perluasan asuransi kendaraan kecelakaan diri penumpang
  • Jaminan perluasan asuransi kendaraan tanggung jawab hukum terhadap penumpang

Rekomendasi Asuransi Mobil Terbaik Indonesia

  1. Tugu Pratama Indonesia

Asuransi mobil Tugu Pratama Indonesia merupakan salah satu asuransi mobil yang cukup dikenal di kalangan masyarakat Indonesia.

Produk asuransi dari Tugu dikenal memiliki harga premi yang sangat terjangkau.

Preminya dimulai dari Rp35 ribu saja per bulan jenis TLO dan varian all risk memiliki harga mulai dari Rp170 ribuan per bulan.

Keunggulan lainnya, asuransi Tugu juga sudah dilengkapi dengan 307 bengkel rekanan yang tersebar di seluruh Indonesia.

  1. ABDA Auto Insurance

ABDA Auto Insurance menyediakan jaminan utama perlindungan all risk dan total loss only.

Jaminan utamanya memberikan layanan Road Assistance 24 jam berupa: 

  • Layanan derek
  • Fuel delivery
  • Battery boosting
  • Locksmith dan flat tire

Ada pula jaminan perlindungan tambahan personal accident untuk pengemudi dan penumpang dengan tambahan premi yang harganya cukup terjangkau.

  1. ACA Auto Insurance

Perusahaan ini merupakan business partner dari BCA Finance yang memiliki produk asuransi kendaraan dalam memberikan jaminan dasar dan jaminan perluasan sekaligus. 

Untuk jaminan dasar, asuransi ini menawarkan jaminan yang bersifat comprehensive (gabungan) dan kerugian total (TLO) yang memberikan pertanggungan atas kerusakan berskala sama atau lebih berat dari 75 persen.

Sedangkan untuk jaminan perluasan, ACA Auto Insurance bersedia menanggung kerugian akibat musibah yang dialami oleh peserta asuransi.

Contohnya seperti kendaraan rusak karena kebakaran, banjir, tanah longsor dan lain sebagainya.

Pertanggungan tambahan itu bisa didapatkan dengan tambahan biaya premi asuransi.

  1. Allianz Auto Insurance

Produk asuransi yang ditawarkan oleh Allianz Auto Insurance ada tiga paket, yaitu Allianz Mobilku Grand, Allianz Mobilku ECO dan Allianz Mobilku Suka-suka. 

Ada pula manfaat tambahan dari asuransi mobil Allianz berupa perlindungan 24 jam dari kecelakaan diri (meninggal atau cacat total tetap) dengan uang pertanggungan Rp100 juta dari asuransi mobil Allianz yang berlaku di seluruh dunia.

  1. AXA Auto Insurance

Tawaran yang paling menarik dari produk asuransi PT Asuransi AXA Indonesia ini adalah layanan smart drive yang memberikan perlindungan dari segala macam bentuk kemungkinan risiko yang akan dihadapi.

  1. Adira Autocillin Insurance

Mungkin inilah asuransi yang paling ramah terhadap customer karena pada tahun 2011, perusahaan ini berhasil meraih penghargaan sebagai The Best Customer Choice of Car Insurance.

Tidak hanya penghargaan itu, asuransi mobil Adira Autocillin Insurance juga sudah banyak meraih penghargaan dari tahun ke tahun seperti pada tahun 2013, perusahaan ini berhasil meraih penghargaan Most Favorite General Insurance Product.

  1. Garda Oto Auto Insurance

Garda Oto Auto Insurance sebagai anak perusahaan dari Asuransi Astra Buana menawarkan klaim asuransi dari empat channel. 

Keempat channel tersebut terdiri atas Garda Mobile Autocare via aplikasi, Garda Akses 24 jam via telepon, klaim online via website dan Unit Layanan Strategis ada di berbagai pusat perbelanjaan.

  1. Bringin General Auto Insurance

Mendapatkan predikat sangat bagus atas penghargaan Golden Trophy dalam kategori Kinerja Keuangan 2015 dan penghargaan asuransi terbaik kategori aset diatas Rp1—3 triliun membuatnya cukup dikenal. 

Bringin General Auto Insurance dapat menjadi salah satu pilihan asuransi kendaraan yang patut dipertimbangkan.

Manfaatkan asuransi mobil syariah untuk menjaminmu dari mahalnya biaya perbaikan di bengkel.

Asuransi mobil syariah mengedepankan pengelolaan keuangan sesuai ketentuan syariat dan turut diawasi oleh MUI.

  1. Asuransi Wahana Tata

Berdiri sejak tahun 1964, Asuransi Wahana Tata masih setia memberikan perlindungan kepada para pemegang polis asuransinya. 

Ada tiga pilihan paket yang dapat kamu pilih sesuai dengan kebutuhan dan kondisi finansial, yaitu paket signature, platinum, dan premium.

  1. Bess Insurance

Didirikan pada tahun 1997, Asuransi Bess menawarkan jaminan kerugian yang terjadi pada mobil atau kendaraan dengan kemudahan dan kenyamanan proses pendaftaran sampai proses klaim asuransi mobil.

  1. Chubb General Insurance

Beroperasi di 54 negara, ada dua jenis jaminan pertanggungan yang ditawarkan oleh Chubb General Insurance, yaitu Pertanggungan Gabungan (Comprehensive) dan Kerugian Total Saja (Total Loss Only), ada juga perluasan jaminan yang bisa kita pilih.

  1. Jasindo Oto Insurance

Memiliki moto “Aman di Hati, Ringan di Premi”, asuransi mobil Jasindo Oto Insurance yang telah berdiri sejak 1973 ini menyediakan tiga paket yaitu Gold, Silver, dan Classic. Masing-masing paket produk asuransi memiliki kelebihan masing-masing.

Baca juga: Contoh Polis Asuransi Mobil dan Hal-hal Dasar yang Ada di Dalamnya

  1. JP-ASTOR Auto Insurance

Asuransi dari PT. Asuransi Jasaraharja ini telah berdiri sejak tahun 1993 dan menawarkan dua jenis pertanggungan dasar, yaitu kerugian TLO (Total Loss Only) dan gabungan (comprehensive/all risk).

Meskipun hanya dua jenis pertanggungan dasar yang ditawarkan, tetapi kita dapat meminta jaminan tambahan untuk mendapatkan manfaat pertanggungan perluasan seperti fitur tanggung jawab kepada pihak ketiga.

  1. Mega Mobil Auto Insurance

Mega Mobil Auto Insurance masih satu atap dengan Bank Mega. Perusahaan ini menawarkan asuransi TLO yang disebabkan oleh berbagai akibat dari musibah yang dialami seperti kecelakaan, pencurian, benturan, tergelincir, terperosok, kebakaran dan lain sebagainya.

  1. Asuransi Mobil Sinarmas/Simas Insurtech

Asuransi Mobil Simas Insurtech merupakan anak perusahaan dari PT. Sinarmas Multi Artha Tbk.

Perusahaan ini mendapatkan izin usaha dari OJK pada tanggal 21 Oktober 2014. 

Simas Insurtech bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan jasa asuransi mobil, baik secara offline maupun online.

  1. Mitsui Sumitomo Indonesia Auto Insurance

Untuk produk asuransi mobil, perusahaan ini menawarkan jaminan dasar yang terdiri dari Risiko Gabungan/Komprehensif termasuk tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga dan TLO. 

Perluasan jaminan dalam produk asuransi mobil ini juga tersedia dengan berbagai macam manfaat tambahan yang juga bisa didapatkan dengan membayar premi tambahan.

  1. Mobil Koe Auto Insurance

Asuransi Bumiputera dari PT. Asuransi Umum Bumi Putera Muda 1967 ini mungkin merupakan asuransi yang memiliki dua jenis premi yaitu premi umum dan khusus dengan harga premi terjangkau.

  1. Rama Auto Insurance

Produk asuransi mobil milik PT. Asuransi Rama Satria Wibawa ini menawarkan polis asuransi kendaraan bermotor baik untuk penggunaan yang bersifat pribadi, dinas maupun usaha.

Jaminan pertanggungan yang dijamin dalam asuransi ini berdasarkan pada Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia. 

Selain itu, ditambahkan juga dengan berbagai perluasan risiko akibat bencana alam, kerusuhan, terorisme dan lain sebagainya.

Kerugian yang timbul akibat tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga juga dijamin dalam asuransi ini.

  1. MNC Insurance

MNC Insurance sebagai salah satu anak perusahaan MNC Group ini memang menawarkan berbagai manfaat asuransi yang cukup menarik, yakni:

  • New for Old atau penggantian mobil baru akibat Total Loss Accident selama 8 bulan pertama
  • Personal Effect. Jaminan ganti rugi terhadap kerusakan atau kehilangan barang pribadi di dalam kendaraan
  • Towing mobil (Layanan Derek) sementara masih ada hanya untuk daerah JABODETABEK
  • Ambulance apabila mengalami kecelakaan
  • Emergency Roadside Assistance, perbaikan gratis di lokasi kejadian terhadap kendaraan yang mengalami gangguan
  • Gratis Indovision yang membuat asuransi ini berbeda dari asuransi lainnya
  1. Asuransi Mobil MAG

Asuransi Multi Artha Guna atau yang lebih dikenal sebagai Asuransi MAG mulai beroperasi sejak 14 November 1980.

Perusahaan yang awalnya bergerak di bidang asuransi umum ini saat ini telah memiliki produk asuransi mobil.

Asuransi Mobil Terbaik

Tips Memilih sesuai Kebutuhan

  1. Pertimbangkan kredibilitas perusahaan asuransi

Pastikan kamu memilih produk dari perusahaan yang memiliki reputasi baik dan layanan yang memuaskan.

Maka dari itu, sebelum membeli, kamu perlu mencari informasi yang selengkap-lengkapnya mengenai perusahaan tersebut.

Lihat dan cari tahu mengenai rasio keluhan konsumen dan penyelesaian atas pelayanan yang diberikan perusahaan asuransi tersebut sebagai pertimbangan dalam mengambil keputusan.

  1. Layanan dan kredibilitas bengkel rekanan

Pertimbangkan juga mengenai bengkel rekanan yang dimiliki oleh perusahaan, karena kita akan berhubungan langsung dengan mereka jika sewaktu-waktu terjadi risiko pada mobil kita.

Pastikan bengkel tersebut memiliki infrastruktur yang memadai serta layanan yang memuaskan.

Perhatikan juga jumlah bengkel rekanan yang dimiliki, termasuk letaknya dan jarak jangkauan bengkel tersebut dari tempat tinggalmu.

  1. Bandingkan besaran premi yang ditetapkan

Ada banyak perusahaan yang menawarkan premi terjangkau dan ringan. Artinya kamu memiliki banyak pilihan yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan. Pilihlah yang sesuai dengan kondisi finansial kita.

  1. Perhatikan fitur layanan yang ditawarkan

Meski terlihat sama, namun pada kenyataannya setiap perusahaan asuransi akan memiliki fitur layanan yang berbeda-beda dan keunggulan tersendiri. Jadi kita harus benar-benar cermat dalam memilih.

Kamu juga bisa menyesuaikan perusahaan asuransi yang dipilih dengan merek kendaraanmu. 

Terkadang, ada perusahaan-perusahaan tertentu yang memberikan layanan yang sangat cocok untuk merek mobil tertentu.

Baca juga: Kredit Mobil Murah tanpa DP? Bisa Banget dengan Cara Ini!

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE