30 C
Jakarta
Senin, 8 Agustus, 2022

Asuransi Mobil Zurich Review: Keunggulan hingga Premi

JAKARTA, duniafintech.com – Selain dikenal dengan asuransi kesehatan Zurich Indonesia, PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk (ZAI) juga punya asuransi mobil Zurich.

Asuransi mobil dari Zurich ini menjadi salah satu produk asuransi mobil terbaik yang ada saat ini, dengan polis unggulan bernama Autocillin Asuransi Mobil yang menghadirkan proteksi lengkap dengan berbagai fitur layanan menarik untuk mobil kesayangan kamu.

Autocillin sendiri pada mulanya adalah produk asuransi mobil yang dikelola oleh PT Asuransi Adira Dinamika atau Asuransi Adira. Akan tetapi, setelah diakuisisi oleh Zurich Insurance Indonesia (Zurich Group) per November 2021 lalu, Asuransi Adira saat ini berganti nama menjadi Zurich Asuransi Indonesia. Sejak saat itu, secara otomatis Autocillin Asuransi dikelola sepenuhnya oleh Zurich Asuransi.

Apakah Asuransi Zurich Aman?

Asuransi Zurich (Zurich Insurance Indonesia) adalah salah satu perusahaan asuransi umum terkemuka di Indonesia dan juga di dunia. Reputasinya lumayan baik sebab belum terdengar kaitannya dengan kasus apa pun.

Di samping itu, mereka baru saja mengakuisisi salah satu perusahaan asuransi terbesar, yakni Asuransi Adira. Zurich Asuransi Indonesia pun resmi terdaftar di OJK dengan izin usaha Nomor KEP-542/NB.11/2021. Dengan terdaftarnya Zurich di OJK, dapat dipastikan bahwa asuransi ini aman dan tepercaya. 

Baca juga: Asuransi Mobil Bekas, Segini Besaran Preminya

Keunggulan Asuransi Mobil Zurich

Sebagai salah satu produk asuransi mobil dari perusahaan asuransi ternama, banyak keunggulan dari Asuransi Mobil Zurich yang bisa kamu dapatkan.

Tak hanya mendapatkan proteksi maksimal buat mobil kesayangan kamu, tapi juga manfaat di bawah ini:

  1. Pilihan polis Autocillin lengkap

Rata-rata, perusahaan asuransi mobil hanya menyediakan dua macam pertanggungan, yakni asuransi all risk dan TLO. 

Namun, Asuransi Mobil Zurich menawarkan tiga pilihan polis Autocillin Asuransi yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan juga anggaran.

  1. Menanggung hingga usia mobil tua

Zurich asuransi mobil cocok jika kamu sedang mencari asuransi mobil bekas. Bahkan jaminan comprehensive dari Autocillin menanggung usia mobil hingga usia 8 tahun. Sebagian besar asuransi all risk umumnya hanya menanggung usia kendaraan 5-6 tahun.

Selain itu, polis Mikro Mobilite juga menanggung usia mobil hingga 15 tahun. Cocok juga buat kamu yang ingin mengasuransikan mobil tua kesayangan!

Manfaat Polis Asuransi Mobil Zurich

Terdapat tiga jenis polis yang tersedia, yakni asuransi mesin, asuransi Autocillin, dan juga Asuransi Mikro Mobilite. 

Tersedia juga manfaat pertanggungan asuransi TLO dan all risk dalam polis Autocillin. Berikut penjelasan manfaat pertanggungan untuk setiap jenisnya, seperti dikutip dari Lifepal.

  1. Asuransi mesin

Mesin mobil ibarat jantung, ketika tidak berfungsi dengan optimal bisa menyebabkan mobil kita jadi “sakit” alias tidak memiliki performa yang baik. 

Nah, dengan asuransi mesin dari Zurich Insurance Indonesia ini, kamu akan mendapatkan pertanggungan atas risiko kerusakan mekanis atau elektris pada mobil, terutama di bagian mesin yang menyebabkan mobil kamu jadi gak berfungsi.

Baca juga: Cari Asuransi Mobil Nissan Terbaik? Ini Rekomendasinya

Maka dari itu, polis satu ini cocok buat kamu yang mobilitas sehari-harinya menggunakan mobil pribadi maupun dinas. Beberapa keunggulan lainnya yang bisa kamu dapatkan antara lain:

* Perlindungan sparepart mesin: Proteksi maksimal untuk bagian-bagian cylinder head(s), exhaust manifold, expansion plugs, harmonic balancer , intake manifold, mounts, oil pan (termasuk drain plug), rotary engine rotor housing, timing belt/chain and tensioner, timing chain cover, valve cover(s), water pump, seals and gaskets dalam grup komponen.

* Masa pertanggungan: 12 bulan

* Usia maksimal kendaraan: 7 tahun

* Usia masuk tertanggung: 17—60 tahun

* Masa tunggu: 30 hari untuk Asuransi Motor Zurich dan 5 hari untuk kecelakaan dan tanggung jawab pihak ketiga

* Jenis santunan: Bersifat first loss, sebesar Rp5 juta

  1. Asuransi mobil Autocillin

Polis asuransi mobil unggulan yang sebelumnya dikelola oleh asuransi mobil Adira ini menghadirkan tiga jenis pilihan perlindungan yang lebih lengkap.

Asuransi Autocillin menyediakan dua jenis perlindungan asuransi mobil all risk atau comprehensive dan satu jenis asuransi TLO mobil. Berikut penjelasannya:

1. TLO

* Jaminan utama: Ganti rugi atas kerusakan atau kerugian total sebanyak 75% akibat kecelakaan, kebakaran, maupun pencurian

* Jaminan tambahan: Tidak tersedia jaminan tambahan

* Perluasan jaminan: Tanggung jawab hukum pihak ketiga maks. Rp50 juta; angin topan, banjir, badai, hujan es, tanah longsor; gempa bumi, tsunami, dan letusan gunung berapi; huru-hara dan kerusuhan; terorisme dan sabotase; kecelakaan diri untuk pengemudi maks. 25 juta untuk 1 pengemudi; kecelakaan diri untuk penumpang maks. 25 juta/penumpang, max. 4 penumpang

* Fitur: Tidak tersedia fitur layanan

* Bengkel rekanan: Layanan ini tidak tersedia

* Autocillin Rescue: Layanan derek untuk kecelakaan

2. Comprehensive

* Jaminan utama: Ganti rugi atas kerusakan atau kerugian sebagian maupun total akibat kecelakaan, kebakaran, dan pencurian

* Jaminan tambahan: Tidak tersedia jaminan tambahan

* Perluasan jaminan: Tanggung jawab hukum pihak ketiga maks. Rp50 juta; angin topan, banjir, badai, hujan es, tanah longsor; gempa bumi, tsunami, dan letusan gunung berapi; huru-hara dan kerusuhan; terorisme dan sabotase; kecelakaan diri untuk pengemudi maks. 50 juta untuk 1 pengemudi; kecelakaan diri untuk penumpang maks. 25 juta/penumpang, max. 4 penumpang; fasilitas bengkel resmi

* Fitur: New for old; STNK renewal service; personal effects maks. Rp2 juta

* Bengkel rekanan: Autocillin garage; Bengkel resmi (dengan penambahan perluasan); Bengkel rekanan umum

* Autocillin Rescue: Layanan derek; Emergency Road Assistance (ERA); Layanan ambulans

3. Comprehensive Plus

* Jaminan utama: Ganti rugi atas kerusakan atau kerugian sebagian maupun total kecelakaan, kebakaran, dan pencurian

* Jaminan tambahan: Angin topan, banjir, badan, hujan es, tanah longsor; gempa bumi, tsunami, dan letusan gunung berapi; huru-hara dan kerusuhan; kecelakaan diri untuk pengemudi sebesar 5% dari TSI; kecelakaan diri untuk penumpang sebesar 2,5% dari TSI untuk penumpang

* Perluasan jaminan: Tanggung jawab hukum pihak ketiga maks. Rp100 juta; terorisme dan sabotase; penambahan limit jaminan kecelakaan diri untuk pengemudi jadi maks. Rp50 juta untuk 1 pengemudi; penambahan limit jaminan kecelakaan diri untuk penumpang jadi maks. 25 juta/penumpang, max. 4 penumpang; fasilitas bengkel resmi

* Fitur: New for old; STNK renewal service; personal effects maks. Rp2 juta

* Bengkel rekanan: Autocillin garage; Bengkel resmi (dengan penambahan perluasan); Bengkel rekanan umum

* Autocillin Rescue: Layanan derek; Emergency Road Assistance (ERA); Layanan ambulans

Asuransi mikro mobilite

Kalau kamu ingin membeli asuransi kendaraan Zurich dengan manfaat lengkap namun harga preminya terjangkau, kamu bisa memilih Mobilite dari Asuransi Zurich.

Manfaat yang dihadirkan produk Asuransi Kendaraan Zurich ini antara lain:

* Santunan kehilangan mobil (TLA & TLS) 

* Santunan kecelakaan diri

* Santunan tanggung jawab pihak ketiga

* Semua santunan mulai Rp25 juta—Rp50 juta

* Premi terjangkau, hanya Rp300 ribu untuk periode polis 12 bulan/1 tahun

* Menanggung usia mobil hingga 15 tahun

Cara Klaim Asuransi Mobil Zurich

Saat akan melakukan klaim, kamu harus memastikan cara klaim yang dilakukan telah tepat sebab kalau tidak maka pengajuan klaim berpotensi ditolak oleh pihak asuransi. Nah, sebelum melakukan klaim, siapkan dulu dokumen persyaratan, seperti berikut ini:

* Formulir klaim

* Fotokopi SIM dan STNK

* Laporan kepolisian

* Foto kerusakan kendaraan

Kemudian, supaya pengajuan klaim lancar dan tidak ditolak, di samping melengkapi dokumen persyaratan, inilah panduan cara klaim asuransi mobil Zurich yang bisa dicoba.

  1. Via aplikasi Autocillin Mobile Claim

Pertama, kamu bisa coba cara online melalui aplikasi. Pastikan bahwa aplikasi Autocillin Mobile Claim telah terunduh di ponsel kamu. Kemudian, ikuti langkah berikut ini: 

* Login dengan memasukkan informasi data nasabah

* Masuk ke menu “Lapor Kerusakan”

* Isi formulir klaim, informasikan secara mendetail kronologi kejadian kerusakan mobil

* Tambahkan lampiran berupa kartu identitas diri, dokumen persyaratan, dan foto kendaraan

* Pilih bengkel rekanan yang diinginkan

* Tunggu sampai dapat notifikasi bahwa klaim disetujui

  1. Melalui call center 

Di samping dengan klaim online, klaim pun dapat dilakukan melalui layanan call center asuransi Zurich. Caranya adalah kamu tinggal menghubungi ke nomor 1500456 dan menyatakan keinginan untuk mengajukan klaim.

Selain via telepon, akses ke layanan call center pun bisa ke sarana berikut ini: 

* WhatsApp di nomor +628121113456

* Email ke [email protected]  

* Mendatangi kantor cabang Zurich

Baca juga: Contoh Polis Asuransi Mobil? Simak Ulasannya di Sini

Biasanya, dalam prosedur klaim asuransi mobil, ada terdapat biaya klaim asuransi mobil yang harus dibayar sendiri oleh nasabah alias own risk/OR asuransi mobil. Besaran biayanya tentu bervariasi, bergantung dari premi yang dibayarkan dan juga ketentuan masing-masing perusahaan asuransi. Rata-rata, biaya own risk yang dibebankan kepada Tertanggung sekitar Rp200—300 ribu.

asuransi mobil zurich

Premi Asuransi Mobil Zurich

Adapun harga premi Asuransi Mobil Zurich hanya tertera untuk polis Mikro Mobilite, yakni Rp300 ribu per tahunnya. Pada dasarnya, biaya asuransi mobil pun berbeda-beda, mengikuti faktor tertentu yang mempengaruhinya, di antaranya:

* Wilayah domisili

* Tipe dan harga kendaraan

* Usia kendaraan

* Jenis pertanggungan asuransi

Daftar Bengkel Rekanan Asuransi Zurich Mobil

Saat ini, asuransi mobil Autocillin bekerja sama dengan bengkel rekanan yang tersebar luas di seluruh Indonesia. Bengkel rekanan Asuransi Autocillin Garage memberikan pelayanan terbaik untuk perbaikan mobil kesayangan kamu. Berikut ini daftar alamat bengkel rekanan Autocillin Garage.

* Autocillin Garage 01: PT. Karya Murni Sentosa, Jl. Siliwangi KM. 7 No. 50 Caringin Rawalumbu Bekasi

* Autocillin Garage 02: CV Karya Mandiri, Jl. Raya Bangkingan-Gedung No. 24 Ds. Gadung Rt.01 Rw.01-Desa Gadung, Surabaya

* Autocillin Garage 03: PT. Karya Murni Sentosa, Jl. Seha No.88 Jakarta Selatan

* Autocillin Garage 04: CV. Molindo Inti Perkasa, Jl. Gatot Subroto Baru No. 51 Tallo Makassar

* Autocillin Garage 05: Karya Prima, Jl. Krakatau No. 10 Medan

* Autocillin Garage 06: CV Karya Mandiri, Jl.Gatot Subroto Timur No.340 Tembau Denpasar

* Autocillin Garage 07: Autofocus (Bengkel rekanan Autocillin Surabaya) Jl. Sidosermo II/72A Surabaya

* Autocillin Garage 08: UD Metro Motor (Bengkel Autocillin Jakarta) Jl. Prof. Dr. Satrio No. 273 Karet Kuningan Jakarta

* Autocillin Garage 09: PT. Karya Murni Sentosa, Jl. By Pass km 15,5 Air Pacah, Padang (samping TVRI)

* Autocillin Garage 10: PT Megalos Auto Cemerlang, Jl. Kopo Cirangrang No.443 Kel. Margasuka Kec. Babakan Ciparay Kota Bandung

* Autocillin Garage 11: CV Jaya Bersama, Jl. Bima No.89 Pekanbaru

* Autocillin Garage 12: PT Glassindo Mobil Utama Jl. Gunung Sahari V No 9 Jakarta Pusat

Itulah informasi terkait Asuransi Mobil Zurich yang perlu diketahui. Setelah mengetahui besaran preminya, mulai tertarik untuk membeli produk ini? Beli sekarang yuk!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Cara Bayar Tambah Daya PLN lewat Mandiri, Bisa Online Loh!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara bayar tambah daya PLN lewat Mandiri berikut ini sangat penting diketahui agar nantinya bisa memudahkan prosesnya. Seperti diketahui, listrik adalah salah...

Berita Bitcoin Hari Ini: BTC Menguat Tipis, Dalam Sepekan Melesat

JAKARTA, duniafintech.com - Berita Bitcoin hari ini datang dari pergerakan Bitcoin atau BTC yang masih terus bergairah. Meskipun naik tipis, namun BTC berada di...

Airdrop Crypto Adalah: Pengertian dan Cara Mendapatkannya

JAKARTA, duniafintech.com - Istilah-istilah dalam dunia cryptocurrency mesti Anda pahami juga, salah satunya Airdrop Crypto. Airdrop crypto adalah aset kripto yang diberikan secara gratis pada...

Aktivasi SPinjam Shopee Ditolak? Gampang Kok Mengatasinya!

JAKARTA, duniafintech.com – Aktivasi SPinjam Shopee ditolak? Kamu tidak perlu khawatir ya sebab dalam ulasan kali ini akan dijelaskan cara mengatasinya. Shopee sendiri merupakan salah...

Waduh Makin Panas! Elon Musk Tantang CEO Twitter Debat Terbuka

JAKARTA, duniafintech.com - Kisruh antara Elon Musk dan Twitter nampaknya masih terus berlanjut. Kekinian, persoalan itu disinyalir makin panas. Elon Musk menantang Chief Executive Officer...
LANGUAGE