30 C
Jakarta
Senin, 8 Agustus, 2022

Akulaku Vs Kredivo, Mana yang Lebih Baik?

JAKARTA, duniafintech.com – Manakah yang lebih baik antara Akulaku vs Kredivo sebagai platform penyedia PayLater pilihan banyak orang saat ini?

Sebagai informasi, Akulaku dan Kredivo memang masih menjadi yang terbaik di antara banyaknya layanan PayLater yang tersedia sekarang ini.

Hal itu terbukti karena kedua layanan ini sama-sama memiliki jumlah pengguna terbanyak hingga kini. Maka dari itu, wajar saja kalau ada banyak calon pengguna PayLater yang masih bingung, apakah hendak menggunakan Akulaku atau justru memakai Kredivo.

Nah, buat kamu yang masih bingung menentukan pilihan di antara dua platform ini, simak pembahasan selengkapnya di bawah ini.

Sekilas tentang Akulaku dan Kredivo

Untuk diketahui, Akulaku adalah aplikasi pinjaman online yang cukup populer di Indonesia dan hanya dapat diakses oleh pengguna Android sebab hanya tersedia di Google Play Store. Aplikasi ini menyediakan layanan pinjaman tunai yang dapat dipakai untuk berbagai kebutuhan sejak tahun 2018. Untuk mendaftarkan diri, pengguna dapat menyertakan selfie KTP dan mengisi data diri sesuai instruksi.

Sementara itu, Kredivo merupakan aplikasi pinjaman online berupa pembayaran barang belanjaan dengan cara beli sekarang, bayar nanti untuk penggunanya. Dalam arti, Kredivo adalah aplikasi pinjaman online yang menawarkan layanan pay later. Dengan Kredivo, pengguna dapat mengajukan pinjaman untuk barang yang dibeli di e-commerce dengan cicilan selama 3,6, hingga 12 bulan. Cara daftarnya pun sangat mudah, yakni tinggal mengisi data, foto KTP, dan selfie KTP. 

Baca juga: SPinjam vs Dana Cicil Akulaku, Inilah Perbandingannya

Apakah Kredivo dan Akulaku Aman?

Dua layanan PayLater terbaik ini tidak perlu diragukan lagi keamanannya sebab telah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga terjamin aman dan legal. Kalau kamu punya limit kredit dari Akulaku atau juga di Kredivo, nantinya ada banyak keuntungan yang akan kamu peroleh.

Kamu bahkan juga bisa pinjam uang di Akulaku dan Kredivo lewat fasilitas pinjaman tunai Kredivo dan Pinjaman Akulaku yang tersedia pada layanan masing-masing.

akulaku vs kredivo

Beberapa Perbandingan Akulaku vs Kredivo

Ditinjau sekilas, Akulaku vs Kredivo boleh disebut hampir memiliki banyak kesamaan. Namun, buat kamu yang masih bingung akan menggunakan layanan Akulaku atau Kredivo, kamu bisa melihat beberapa perbandingannya di bawah ini, seperti dikutip dari proseskredit.com.

Perbandingan limit kredit

Kamu perlu mengetahui terlebih dahulu soal kebijakan Akulaku dan Kredivo limit. Berapa sih limit kredit untuk pelanggan masing-masing? Akulaku diketahui menyediakan limit kredit hingga jutaan rupiah untuk para pelanggan pertama dan tidak menerapkan aturan mengenai jenis akun pelanggan.

Di lain sisi, Kredivo punya ketentuan pemberian limit sesuai jenis akun yang didaftarkan. Bagi akun starter dan basic, pelanggan hanya akan menerima limit maksimal Rp3.000.000 dan untuk akun premium, limit kreditnya bisa mencapai Rp15.000.000.

Lebih jauh, pelanggan Akulaku nantinya dapat menaikkan limitnya menjadi puluhan juta rupiah dengan cara melengkapi beberapa data yang diminta. Adapun bagi pengguna akun starter dan basic di Kredivo nantinya bisa melakukan upgrade Kredivo Premium kalau ingin memperoleh limit yang besar.

Perbandingan durasi pembayaran/tenor

Terkait durasi pembayaran/ tenor tagihannya, baik Kredivo maupun Akulaku sama-sama punya kebijakan masing-masing. Di Akulaku, terdapat fitur pembayaran tempo (30 hari) dan cicilan hingga 12 bulan.

Di lain sisi, di Kredivo, fitur cicilan hanya tersedia bagi pemilik akun premium, dengan tenor cicilan yang disediakan antara 3 bulan hingga 12 bulan, sedangkan untuk pengguna starter dan basic hanya dapat menggunakan tenor 30 hari. Ketentuan ini berlaku untuk pembelian barang maupun pinjaman tunai Kredivo.

Baca juga: Akulaku PayLater Tersedia di Platform Bhinneka

Perbandingan suku bunga Akulaku vs Kredivo

Perbandingan berikutnya dilihat dari suku bunga yang berlaku pada Kredivo dan Akulaku. Untuk pembelian barang di Akulaku, kamu akan dikenakan bunga sebesar 3% untuk tenor 30 hari. Besaran suku bunga ini akan bertambah, menyesuaikan pilihan tenor yang digunakan. Berikut ini daftar suku bunganya:

* 1 Bulan: 3%

* 2 Bulan: 7%

* 3 Bulan: 11%

* 6 Bulan—12 Bulan: 15%

Ketentuan Suku Bunga di Kredivo agak berbeda. Pasalnya, setiap pelanggan Kredivo dapat menikmati belanja di Kredivo dengan bunga 0% apabila memilih tenor 1 bulan dan 3 bulan, sementara untuk pembelian barang menggunakan limit Kredivo dengan tenor 6—12 bulan, suku bunga yang berlaku hanya 2,6%.

Perbandingan cara pengajuan

Berikutnya, ada perbandingan Akulaku vs Kredivo dari sisi pengajuan limit masing-masing  PayLater ini. Pada layanan Akulaku, setiap calon pengguna hanya perlu melakukan registrasi untuk mengajukan limit dengan cara mengisi formulir berisi informasi data diri, data penghasilan, dan mengunggah dokumen yang diperlukan.

Selain itu, pengguna juga bisa mencantumkan Kode Referral Akulaku dari pelanggan setia yang punya Kredit Skor baik agar pengajuan kamu dapat disetujui. Kalau sudah lolos verifikasi maka tidak lama kemudian limit kredit kamu akan diberikan dan langsung aktif.

Sementara itu, bagi calon pengguna Kredivo, kamu akan diminta untuk memilih jenis akun terlebih dahulu. Kalau sudah maka selanjutnya kamu tinggal mengisi formulir pendaftaran. Jika pengajuan diterima maka limit kredit akan segera diaktifkan.

Kredivo pun menyediakan program Kode Referral Kredivo yang dapat digunakan oleh calon pengguna. Namun, penting diingat bahwa proses verifikasi pengajuan Kredivo ini cukup sulit sehingga pastikan bahwa kamu telah memenuhi semua syarat dan kriteria sebagai pengguna Kredivo.

Berikut ini daftar perbedaan Akulaku Vs Kredivo:

1. Akulaku

* Proses Pinjaman: Lebih Cepat, Mudah

* Produk : Dana Tunai

* Izin: OJK

* Coverage Area: Seluruh Indonesia

* Aplikasi: Android

* Beda Pengguna: Tidak Ada Pembedaan

Baca juga: 3 Cara Kredit HP di Akulaku, Mudah Kok!

2. Kredivo

* Proses Pinjaman: Cepat, Mudah

* Produk : PayLater, Dana Tunai

* Izin: OJK

* Coverage Area: Tidak Seluruh Indonesia

* Aplikasi: Android, IOS

* Beda Pengguna: Dibedakan Basic dan Premium

Itulah informasi mengenai perbedaan antara Akulaku Vs Kredivo yang perlu diketahui. Dari ulasan di atas, Akulaku tampak lebih unggul daripada Kredivo di beberapa sisi. Sudah menentukan pilihan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Berita Bitcoin Hari Ini: BTC Menguat Tipis, Dalam Sepekan Melesat

JAKARTA, duniafintech.com - Berita Bitcoin hari ini datang dari pergerakan Bitcoin atau BTC yang masih terus bergairah. Meskipun naik tipis, namun BTC berada di...

Airdrop Crypto Adalah: Pengertian dan Cara Mendapatkannya

JAKARTA, duniafintech.com - Istilah-istilah dalam dunia cryptocurrency mesti Anda pahami juga, salah satunya Airdrop Crypto. Airdrop crypto adalah aset kripto yang diberikan secara gratis pada...

Aktivasi SPinjam Shopee Ditolak? Gampang Kok Mengatasinya!

JAKARTA, duniafintech.com – Aktivasi SPinjam Shopee ditolak? Kamu tidak perlu khawatir ya sebab dalam ulasan kali ini akan dijelaskan cara mengatasinya. Shopee sendiri merupakan salah...

Waduh Makin Panas! Elon Musk Tantang CEO Twitter Debat Terbuka

JAKARTA, duniafintech.com - Kisruh antara Elon Musk dan Twitter nampaknya masih terus berlanjut. Kekinian, persoalan itu disinyalir makin panas. Elon Musk menantang Chief Executive Officer...

Mudah Banget, Inilah Cara Deposit Indodax Melalui OVO

JAKARTA, duniafintech.com - Cara deposit Indodax melalui OVO ternyata gampang lho. Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah mudah ini, dan bisa langsung trading crypto.  Di Indodax,...
LANGUAGE