28.4 C
Jakarta
Minggu, 2 Oktober, 2022

Asuransi Mobil Jadi Perlindungan Penting Kala Musim Hujan Datang

JAKARTA, duniafintech.com – Tips memilih asuransi mobil penting untuk diketahui agar mendapatkan produk mobil yang sesuai kebutuhan. Dalam beberapa hari terakhir ini sebagian wilayah di Indonesia kerap diguyur hujan deras dimana musim hujan pada tahun 2022/2023 diprediksi oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) akan datang lebih awal dibandingkan normalnya. BMKG menjelaskan bahwa perkiraan awal musim hujan di Indonesia akan terjadi di bulan September hingga November 2022 kemudian perkiraan puncak musim penghujan terjadi di bulan Desember 2022 dan Januari 2023.

Musim hujan tentu seiring dengan potensi banjir yang menjadi momok bagi setiap pengendara, dimana kerugian yang ditimbulkan tidak hanya kelumpuhan pada jalur transportasi namun termasuk juga kerusakan pada mobil-mobil pribadi akibat terendam genangan air. Sebagai pemilik kendaraan yang terendam banjir, kamu masih dapat memperbaiki kendaraan menggunakan penanganan dan perawatan khusus dengan biaya yang tidak sedikit. Untuk itu, saat banjir kamu perlu berhati-hati dan mengetahui kemungkinan kerusakan apa saja yang dapat terjadi pada kendaraanmu.

Tim DuniaFintech kali ini akan membagikan informasi terkait kerusakan umum pada mobil akibat banjir.

* Kerusakan mesin.

Kerusakan pada mesin yang umum terjadi akibat banjir adalah Water Hammer. Water Hammer adalah keadaan dimana ruang bakar terkontaminasi air sehingga menyebabkan piston berlubang atau bengkok, hal ini disebabkan karena piston tidak dapat mengkompresi air. Biasanya hal ini paling sering dialami mobil yang nekat menerobos banjir atau menghidupkan mobil secara paksa saat keadaan terendam.

Jika kendaraan terendam banjir mencapai setinggi kap mesin, sebaiknya jangan menyalakan kendaraan karena hal tersebut akan menyebabkan kerusakan parah seperti korsleting atau kerusakan lain pada komponen elektrikal mobil.

* Kerusakan di bodi mobil.

Air merupakan musuh dari logam. Artinya, bodi mobil rentan berkarat saat terendam banjir. Air akan masuk ke dalam celah-celah mobil yang sulit dijangkau. Air kotor yang dibawa banjir bisa saja mengandung bahan kimia atau zat asam yang mempercepat korosi mobil. Jika hal ini terjadi, akan timbul banyak karat-karat pada bodi mobil.

* Kerusakan di sektor sistem kelistrikan.

Komponen kelistrikan menjadi komponen yang paling rentan bila terkena banjir. Ketika mobil sudah terendam genangan air, komponen-komponen yang ada pada mobil dapat rusak seketika akibat masuknya air ke bagian ruang mesin, terlebih lagi jika air tersebut mengandung lumpur. Salah satunya adalah ECU (Electronic Control Unit), jika terjadi kerusakan pada ECU yang menjadi otak mobil, aki, kabel-kabel, motor starter, dinamo, dan lain sebagainya, perlu dilakukan pengecekan secara menyeluruh, jika tidak dilakukan maka akan menyebabkan potensi korslet yang memicu kebakaran.

* Kerusakan di interior mobil.

Interior mobil menjadi sektor yang paling sulit dikembalikan seperti sedia kala jika mobil terendam banjir. Dashboard, jok, plafon, doortrim, karpet, dan lainnya akan mengalami kerusakan parah. Meskipun dikeringkan tetap saja akan meninggalkan bekas banjir di setiap sisinya, mengingat banjir merupakan air kotor.

* Kerusakan di sektor kolong mobil.

Sektor kolong seperti kaki-kaki mobil sudah pasti wajib dicek saat mobil menjadi korban banjir. Misalnya saja bearing roda, rem, dan kopling. Air yang masuk ke komponen tersebut bakal mempercepat keausan pada komponen. Kopling yang terendam bisa menyebabkan karat dan membuat perpindahan gigi menjadi selip. Begitu pun dengan rem. Kotoran lumpur dari banjir bisa menghambat kerja sistem rem. Seal dan piston rem akan cepat rusak sehingga bisa membuat ban terkunci.

Sebagaimana diketahui, mobil memang menjadi sarana transportasi yang efektif, terlebih saat bepergian jarak jauh dan bersama keluarga.

Mengingat nilai asetnya yang tinggi, tentu saja membeli asuransi kendaraan dapat menjadi pertimbangan untuk memberikan proteksi bagi kendaraan roda empat ini.

Baca jugaAsuransi Hewan Peliharaan, Inilah 3 Rekomendasi Produknya

Namun, sebelum membeli asuransi kendaraan, kamu pun harus memilih asuransi mobil terbaik bagi kendaraan kesayangan.

Seperti diketahui, asuransi memang berperan sebagai bentuk perlindungan yang akan menjamin risiko atau kerugian yang terjadi terhadap kendaraan, misalnya saja kecelakaan, banjir, kebakaran, dan lainnya.

Dengan adanya asuransi, akan memberikan manfaat positif bagi kamu. Lantas, bagaimana tips memilih asuransi mobil terbaik? Berikut ini ulasan selengkapnya.

Tips Memilih dan Apa Itu Asuransi Mobil?

Pada dasarnya, asuransi mobil adalah jenis asuransi yang memberikan proteksi pada mobil dari kerusakan akibat kecelakaan, benturan, terbalik, atau tergelincir.

Dengan memiliki asuransi jenis ini, kamu bisa menghindari biaya perbaikan mobil yang lumayan besar jumlahnya.

Sebagai informasi, ada banyak perusahaan asuransi yang menjual produk asuransi kendaraan di Indonesia, antara lain, Asuransi ACA, AIG, AXA Mandiri, Allianz, dan yang lainnya.

Terkait hal itu, peserta asuransi yang mengalami kerusakan pada mobil dan tercover dalam polis hanya perlu datang ke bengkel-bengkel rekanan asuransi tadi.

Lazimnya juga, asuransi kendaraan mobil terbaik terbagi menjadi dua jenis, yaitu asuransi all risk dan total loss only (TLO).

Tips Memilih Asuransi Mobil Terbaik

Asuransi kendaraan memang menjadi kebutuhan penting sebagai sebuah bentuk perlindungan dan juga antisipasi terhadap berbagai macam hal yang boleh jadi akan merugikan Anda ketika terjadi musibah nantinya.

Tentu saja, kamu pun tidak mau mengambil sejumlah risiko kerugian atas mobil yang kamu miliki. Sekalipun sudah terdapat banyak penggunaan layanan asuransi, tetapi kamu tetap harus mengetahui cara memilih asuransi kendaraan yang tepat dan tentunya terbaik. Inilah panduannya.

1. Ketahui Kebutuhan Mobil

Pertama, kamu harus memahami dan mengetahui dengan jelas soal kondisi kendaraan kamu, yang biasanya meliputi kondisi mesin, body, usia dan lainnya yang dianggap perlu menjadi pertimbangan.

Saat kamu sudah mengetahui kondisi kendaraan, hal itu akan memudahkan kamu untuk memilih jenis asuransi kendaraan yang paling tepat bagi kendaraan kamu itu.

Seperti disinggung di atas, ada dua jenis asuransi kendaraan yang dapat kamu pilih dan pertimbangkan, yaitu asuransi all risk atau comprehensive dan asuransi total loss only (TLO).

Adapun setiap jenis asuransi kendaraan akan memberikan manfaat dan keuntungan yang berbeda-beda, sesuai pada jenis dan fitur layanan yang dipilih.

Oleh sebab itu, pastikan bahwa kamu sudah mengetahui berbagai keuntungan dan bentuk perlindungan yang akan diberikan oleh asuransi kendaraan kepada kamu sehingga kamu pun tidak mengalami kerugian di masa mendatang.

2. Melakukan Survei

Tahapan berikutnya adalah kamu harus melakukan survei terlebih dahulu terhadap penyedia asuransi. Pastinya, ada banyak sekali penyedia asuransi mobil terbaik yang telah dipercaya oleh banyak nasabah.

Tentu saja, sebuah penyedia asuransi mobil terbaik akan menyediakan produk berkualitas, menyediakan pelayanan yang terbaik dan beragam produk yang ditawarkan. Dalam hal ini, kamu pun bisa melakukan perbandingan antar penyedia asuransi mobil yang telah kamu survei tadi.

3. Sesuaikan Kemampuan Dana

Adapun besarnya pembayaran yang akan lakukan nanti pastinya juga akan berpengaruh terhadap perlindungan dan fasilitas yang kamu peroleh.

Oleh sebab itu, sebaiknya sesuaikan keuangan kamu dengan biaya premi yang nantinya tidak akan memberatkan kamu.

Baca jugaAsuransi Property All Risk: Definisi dan Hal yang Perlu Dipahami

Terkait hal itu, jangan sampai kamu memaksakan diri untuk mampu membayarkan premi yang besar, padahal itu di luar kemampuan keuangan kamu. Tentunya, hal itu akan menjadi masalah dalam pengeluaran kamu di masa mendatang.

Daftar Asuransi Mobil Terbaik di Indonesia 2022

Sebagai pertimbangan, berikut ini daftar asuransi mobil terbaik saat ini yang bisa kamu pertimbangkan:

– Asuransi mobil Sinarmas

– Asuransi mobil Adira Syariah

– Asuransi mobil Adira Autocillin

– Asuransi kendaraan all risk Tugu Pratama

– Asuransi mobil ACA

– Asuransi all risk dan TLO MAG

– Asuransi all risk Mega Insurance

– Asuransi kendaraan AXA Mandiri

– Asuransi kendaraan Tokio Marine

– Asuransi kendaraan bermotor Allianz

– Asuransi kendaraan Chubb

– Asuransi mobil Sompo Insurance Indonesia

– Asuransi Garda Oto

– Asuransi mobil ABDA

– Asuransi kendaraan ASWATA

– Asuransi mobil Bess

– Asuransi mobil MPM

– Asuransi mobil Jasindo

Sekian ulasan tentang cara memilih asuransi mobil terbaik yang perlu kamu ketahui. Beli yuk produk asuransinya sekarang juga!

Baca jugaPremi Asuransi Mobil Sinarmas & Cara Klaimnya Terlengkap

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Kartu Debit Mandiri: Jenis-jenis hingga Cara Membuatnya

JAKARTA, duniafintech.com – Kartu debit Mandiri senantiasa memberikan kemudahan dalam bertransaksi di banyak tempat dan di waktu kapan saja. Sebagai informasi, kalau dibandingkan dengan uang...

Call Center Allianz Asuransi dan Layanan Pengaduannya

JAKARTA, duniafintech.com – Call Center Allianz asuransi dan layanan pengaduannya tentu penting diketahui oleh para pemilik polis/nasabahnya. Seperti diketahui bersama, Allianz Indonesia menjadi salah satu...

Jenis-jenis Mining Bitcoin, Bisa Dilakoni Buat Mendulang Cuan! 

JAKARTA, duniafintech.com - Mining atau menambang bitcoin ada berbagai jenis juga lho. Ini perlu diketahui bagi seorang investor crypto. Karena selain trading, ada cara...

Wow, Hampir Rp 1 Triliun Bitcoin Dibekukan Terkait Kasus Bos Terra Luna

JAKARTA, duniafintech.com – Otoritas Korea Selatan meminta dua platform jual beli kripto untuk membekukan Bitcoin senilai US 60 juta dollar yang terkait dengan Bos...

Asuransi Rumah Tinggal Terbaik, Ini 5 Rekomendasi Produknya

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi rumah tinggal, apa itu? Adapun rumah tinggal adalah tempat beristirahat hingga berkumpul bersama keluarga. Fungsi rumah tinggal ini membuat siapa pun...
LANGUAGE