33.6 C
Jakarta
Jumat, 25 September, 2020

Australia X Indonesia Membahas Medsos dan SDM

duniafintech.com – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengadakan pertemuan dengan Menteri Perindustrian dan Iptek Australia Karen Andrews dalam pertemuan bilateral sebelum Forum G20 di Tsukuba, Jepang dalam rangka dukungan bagi Indonesia.

Baca juga : Halving Bitcoin: Akankah Jadi Kesempatan & Indikasi Bull Run Seperti Sebelumnya?

Indonesia kerap mengharapkan dukungan Australia dalam mendorong engagement platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Whatsapp, khususnya dalam menyaring konten radikalisme, terorisme, dan kekerasan terhadap anak. 

Hal disampaikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara dalam pertemuan bilateral dengan Menteri Perindustrian, Iptek dan Teknologi Australia, Karen Andrews, sebelum Forum  Pertemuan Menteri Perdagagan dan Menteri Digital Negara G20 di Tsukuba, Perfektur Ibaraki, Jepang, Minggu (09/06/2019).

Baca juga : Platform Pariwisata Blockchain Akan Rilis di Wilayah Rusia Yugra

“Dengan adanya tekanan yang sama dari “like minded countries” seperti australia, tentunya akan semakin mendorong engagement dari platform media sosial,” tutur Menteri Kominfo.

Rudiantara mengungkapkan, sebelumnya Indonesia menyampaikan dukungan serupa  untuk negara Singapura.

“Sebagai salah satu negara tetangga terdekat yang kemungkinan akan terkena dampak signifikan jika terjadi instabilitas pertahanan keamanan di Indonesia,” tambahnya.

Selain konten media sosial, pertemuan itu juga membahas mengenai fokus Pemerintah Indonesia dalam pengembangan teknologi digital dan pembangunan sumber daya manusia (SDM).

“Kominfo telah meluncurkan Digital Talent Scholarship untuk 25.000 digital talents yang berusia di bawah 29 tahun, bekerja sama dengan sejumlah perusahaan teknologi global,” jelasnya. 

Rudiantara juga menyampaikan harapan atas dukungan negara tersebut dalam program pengembangan SDM melalui kerja sama pendidikan.

“Indonesia menyampaikan harapan dukungan dari Australia dalam mendukung program pengembangan SDM dimaksud dengan memperkuat kerja sama di sektor pendidikan antar kedua negara,” ungkap Rudiantara.

Dalam pertemuan tersebut, Indonesia juga menyampaikan harapan agar negara tersebut mendukung dan menjadi bagian dari Board of Advisory untuk inisiatif IDEA Hub yang diluncurkan Indonesia pada saat masa Presidensi Jerman pada tahun 2017. 

“Partisipasi Australia tentunya akan memberikan sudut pandang yang berbeda yang akan berdampak positif bagi implementasi IDEA Hub ke depannya,” tutur Menteri Kominfo tersebut.

Ia menjelaskan respons dan sambutan baik Australia aras tawaran tersebut dan akan berkoordinasi lebih lanjut secara internal.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Bank dan Fintech Ini Salurkan Pendanaan Rp 500 M Untuk UMKM Desa

DuniaFintech.com - Bank dan fintech ini salurkan pendanaan Rp 500 M untuk UMKM desa? Ya! PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk...

Modal Smartphone Pinjam Uang 20 Juta langsung Cair Bisa Mudah Didapatkan, Mau?

Duniafintech.com - Memang ada platform yang menyediakan pinjam uang 20 juta langsung cair dan aman terdaftar OJK? Tentu ada dong, dengan kecanggihan...

Mandiri Capital Suntikkan Dana Seri A untuk Startup PoS iSeller

DuniaFintech.com - Startup teknologi Point of Sales (PoS) iSeller mendapatkan kucuran dana tahap Seri A oleh Mandiri Capital sebagai pimpinan lingkaran pendana....

Deretan Aplikasi Penghasil Uang untuk Tambah Isi Kantong Selain Aplikasi GoIns

Duniafintech.com - Di Era jaman serba digital ini semua kemungkinan dapat terwujud. Dengan kemajuan teknologi yang canggih, Anda bisa menghasilkan uang dengan...

Strategi Mitigasi KoinWorks untuk UKM di Masa Resesi

DuniaFintech.com - Penyelenggara jasa keuangan berbasis teknologi (fintech) KoinWorks menjelaskan tentang cara pencegahan pelaku UKM dalam bertahan dan memulai adaptasi terhadap perangkat...
LANGUAGE