28.7 C
Jakarta
Sabtu, 28 Januari, 2023

BAGAIMANA NILAI BITCOIN MELAWAN EMAS, FIAT DAN SEMUA UANG DUNIA

duniafintech.com – Untuk memasukkan perspektif tentang Bitcoin di antara semua uang dunia, Howmuch telah menghasilkan visualisasi yang penuh dengan wawasan.

Sejak 2009, Bitcoin telah menempuh perjalanan panjang dan telah mengatasi banyak kendala dalam perjalanannya. Harga Bitcoin telah tumbuh secara eksponensial, dan tutup pasarnya pada saat tulisan ini dibuat, lebih dari $41 miliar, yang merupakan kekayaan bersih yang sama dari pendiri Google, Larry Page. Bill Gates, orang terkaya di dunia dengan kekayaan bersih $86 miliar, memiliki kekayaan bersih Larry Page dan Bitcoin.

Baca juga : https://duniafintech.com/bitcoin-bisa-dipakai-di-indowebster/

Nilai Bitcoin 

“Bitcoin adalah cryptocurrencies yang terbesar, dan paling terkenal, tapi bukan satu-satunya. Ada pula Litecoin, Monero, dan yang lainnya, dan total volume uang virtual yang beredar di Internet, di luar jangkauan pemerintah dan bank, adalah sekitar $100 miliar. Seperti GDP Maroko saat ini yang merupakan ekonomi terbesar ke-60 di dunia, “catat Raul Amoros.

Saat ini, perusahaan teknologi mendominasi pasar saham lebih dari sebelumnya. Nilai moneter raksasa seperti Amazon ($402 miliar) dan (Apple $730 miliar) setara dengan GDP di negara-negara yang jauh lebih besar seperti Nigeria dan Belanda. Nilai moneter Apple adalah 18 kali lipat kapitalisasi pasar Bitcoin.

Beralih ke skala atas, jumlah uang aktual dalam catatan dolar dan koin yang beredar di seluruh dunia adalah $1,5 triliun. Sebesar 36 lipatan kapitalisasi pasar Bitcoin.

Terlepas dari uang fidusia, emas telah memainkan peran penting dalam permainan uang karena kelangkaan dan daya jualnya. Emas masih menjadi dasar uang di tahun 1960an, dalam garis yang tak terputus yang membentang kembali ke awal sejarah. Saat ini, angka terbaru untuk semua emas di dunia adalah 171.300 ton, yang saat ini dihargai $8.2 triliun.

Sementara, visualisasi menunjukkan bahwa jumlah “uang sempit” adalah $31 triliun. Uang sempit adalah kategori jumlah uang beredar yang mencakup semua uang fisik seperti koin dan mata uang, bersama dengan aset likuid lainnya yang dimiliki oleh bank sentral. Ini adalah 750 kali pangsa pasar Bitcoin.

Sedangkan untuk “uang luas”, yang merupakan totalitas aset yang dapat diubah oleh rumah tangga dan bisnis menjadi uang tunai atau digunakan untuk melakukan pembayaran, jumlahnya mencapai $83 triliun. Ini mewakili 2000 kali pangsa pasar Bitcoin, tapi juga 2,5 kali jumlah total uang sempit. Hanya saja jelas bahwa sistem kita sekarang akan macet jika semua orang mencoba menarik uang yang seharusnya “mudah” dikonversi menjadi uang tunai, sementara persediaan uang fisik tidak mencukupi untuk menutupi penarikan tersebut.

“Jika peningkatan yang terlihat dari Bitcoin memberi tahu kita apa adanya, orang-orang kehilangan kepercayaan mereka akan uang, dan ukuran kekayaan tradisional lainnya,” Raul Amoros menyimpulkan .

Mari kita bicara lagi ketika nilai total semua kripto di atas melampaui pasokan emas dunia ….”

Source : cointelegraph.com

Writter by : Arina Calista Putri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Allianz vs Prudential, Pilih Mana? Simak Perbandingan Selengkapnya

JAKARTA, duniafintech.com – Allianz vs Prudential, pilih mana? Sejatinya, keduanya adalah perusahaan asuransi terbesar yang ada di Indonesia. Seperti diketahui, ada banyak perusahaan asuransi global...

Malacca Trust: Profil, Produk, hingga Cara Klaim Asuransinya

JAKARTA, duniafintech.com – Malacca Trust Finance merupakan sebuah perusahaan multifinance yang memiliki berbagai macam jasa pembiayaan. Di antara pembiayaannya, yaitu produk asuransi umum yang berdiri...

Berita Bitcoin Hari Ini: Bitcoin Menguat Tipis, Cek Harga Kripto Hari Ini

JAKARTA, duniafintech.com – Berita Bitcoin hari ini terkait harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya menjelang akhir pekan, Sabtu (28/1/2023). Pada perdagangan hari ini, Bitcoin cs...

Cara Beli Koin Shopee: Syarat hingga Manfaatnya bagi Customer & Seller

JAKARTA, duniafintech.com – Cara beli koin Shopee tentu akan sangat penting diketahui, khususnya oleh seller di platform e-commerce ini. Pasalnya, koin ini bisa digunakan untuk...

Normalisasi APBN, Pemerintah tidak Tanggung Biaya Pasien Covid-19

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan bahwa seluruh belanja APBN 2023 telah dinormalisasi atau normalisasi APBN. Artinya, seluruh belanja APBN...
LANGUAGE