31 C
Jakarta
Jumat, 31 Maret, 2023

Bank Indonesia Siapkan Uang Tunai untuk Natal dan Tahun Baru Rp117,7 Triliun

JAKARTA, duniafintech.com – Dalam menyambut Natal dan Tahun Baru, Bank Indonesia akan siapkan uang tunai sebanyak Rp117,7 triliun, dan langkah tersebut dipersiapkan dengan mempertimbangkan mobilitas masyarakat.

Deputi Gubernur Bank Indonesia Aida Budiman menjelaskan uang tunai yang siapkan untuk natal dan tahun baru mengalami peningkatan sebesar 5,8 persen jika dibandingkan dengan tahun lalu.

Deputi Gubernur Bank Indonesia Aida Budiman mencatat hingga minggu kedua bulan Desember 2022, masyarakat sudah melakukan penarikan uang sebesar Rp54,77 triliun atau sekitar 47 persen dari uang yang disediakan.

Deputi Gubernur Bank Indonesia Aida Budiman menjelaskan dalam siapkan jumlah dan pecahan uang tunai untuk natal dan tahun baru tersebut mempertimbankan perkiraan mobilitas masyarakat yang semakin meningkat, perkiraan belanja pemerintah dan bantuan sosial tunai serta rata-rata kenaikan outflow dalam beberapa tahun terakhir mencapai 4,8 persen.

Baca juga: Bank Indonesia Naikkan Suku Bunga Acuan, Ini Prediksi Bank Indonesia Untuk Ekonomi Indonesia

Sementara itu dalam kesiapan pemenuhan kebutuhan uang, pihaknya akan memperhatikan dengan prinsip 3K yaitu Kesiapan jumlah dan pecahan uang yang diperlukan, Kesiapan akses bagi masyarakat khususnya BI dan Kesiapan dari perbankan dan Penyelenggara Jasa Pengolahan Uang Rupiah (PJPUR).

“Bank Indonesia akan memastikan ketersediaan uang rupiah dengan kualitas yang terjaga wilayah NKRI selama Nataru,” kata Deputi Gubernur Bank Indonesia Aida Budiman.

Baca juga: Tingkatkan Inklusi Keuangan, CEO Indodax Dukung Bank Indonesia Terbitkan Rupiah Digital

Deputi Gubernur Bank Indonesia Aida Budiman menjelaskan dalam kesiapan akses bagi masyarakat, BI akan melakukan tiga hal yaitu layanan kas kepada perbankan di seluruh kantor BI, layanan kas kepada msasyarakat di seluruh kantor perwakilan BI termasuk akan mengadakan kas keliling ritel sebanyak 55 kali di 47 titik layanan.

“Secara khusus melakukan pemantauan pelaksanaan di daerah yang melakukan perayaan Natal dan Tahun Baru serta destinasi wisata,” kata Deputi Gubernur Bank Indonesia Aida Budiman.

Baca jugaBank Indonesia Catat Penyaluran Kredit Perbankan Alami Peningkatan

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Cara Investasi Emas dan Keuntungannya, Bisa via Online Juga Lho!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara investasi emas untuk pemula, apakah susah? Tentu saja tidak. Bahkan, caranya pun sangat mudah sekali. Seperti diketahui, emas memang bukan hanya...

Menko Airlangga Puji GoTo Dorong UMKM Menuju Ekonomi Digital

JAKARTA, duniafintech.com - Sektor ekonomi digital dinilai mampu menjadi salah satu pemantik percepatan pemulihan serta peningkatan daya tahan ekonomi. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko)...

Waspadai Bull Trap Kripto, Begini Tips Cara Menghindari nya Menurut CEO Indodax

JAKARTA, duniafintech.com - Hari ini, Jumat (31/3/23) pukul 12.00 WIB harga Bitcoin masih berada di kisaran lebih dari 423 juta rupiah. Kenaikan pada harga...

Hore! Pemerintah Resmi tidak Naikkan Tarif Listrik hingga Bulan Juni

JAKARTA, duniafintech.com - Penyesuaian Tarif Tenaga Listrik (Tariff Adjustment) periode April-Juni 2023 untuk 13 (tiga belas) Pelanggan Non Subsidi PT PLN (Persero) telah ditetapkan...

Cara Investasi Bitcoin bagi Pemula: Buat Akun hingga Penarikan

JAKARTA, duniafintech.com – Cara investasi Bitcoin yang benar untuk pemula tentu wajib dipahami jika kamu ingin terjun ke dunia aset kripto. Saat ini, investasi mata...
LANGUAGE