29.2 C
Jakarta
Sabtu, 20 Juli, 2024

Bayar Tol tanpa Stop Berlaku Mulai Tahun Ini, Simak Caranya di Sini

JAKARTA, duniafintech.com – Bayar tol tanpa stop atau sistem transaksi Tol Non Tunai Nirsentuh Multi Lane Free Flow (MLFF) rencananya bakal diterapkan mulai Desember 2022 nanti.

Adapun sistem transaksi nontunai berbasis MLFF tersebut menjadi salah satu inovasi baru lewat sistem pembayaran nirsentuh dengan menciptakan suatu efisiensi, efektivitas, aman, dan nyaman dalam penerapan sistem pembayaran jalan tol di tanah air.

Diketahui, Roatex Ltd menjadi badan usaha pelaksana sistem transaksi tol non tunai nirsentuh berbasis MLFF ini. Roatex pun sebagai pemrakarsa proyek sudah ditetapkan sebagai pemenang lelang.

Sekarang ini, Roatex juga sudah membentuk perusahaan sebagai Badan Usaha Pelaksana Sistem Transaksi Tol Nontunai Nirsentuh Berbasis MLFF dengan nama PT Roatex Indonesia Toll System (RITS).

Terkait sistem MLFF ini nantinya akan berjalan, jika merujuk pada keterangan resmi Kementerian PUPR, seperti dilangsir dari Detik.com, Kamis (27/1), sistem MLFF ini bakal menggunakan teknologi Global Navigation Satellite System (GNSS) dan melakukan transaksi melalui aplikasi khusus jalan tol di smartphone.

Kemudian, GPS bakal menentukan lokasi yang dideterminasi oleh satelit dan proses map-matching akan berjalan di central system. Ketika kendaraan keluar tol dan proses map-matching berakhir, sistem bakal melakukan kalkulasi tarif.

Sebagai informasi, penggunaan GNSS ini banyak diterapkan di negara-negara Eropa Timur, termasuk Hongaria. Untuk manfaat lainnya dari kehadiran sistem transaksi MLFF ini adalah efisiensi biaya operasi dan juga meminimalisasi bahan bakar kendaraan.

Di samping itu, teknologi tersebut juga sudah sukses diterapkan di Hungaria selama lebih dari tujuh tahun terakhir, yang dikelola oleh Hungarian Toll Services Company (NUZs). Melalui pengimplementasian sistem ini pengendara pun tidak lagi perlu berhenti dan kendaraan bisa terus berjalan sebagaimana biasanya. Dengan demikian, sehingga tidak ada lagi antrean pada gerbang tol sekaligus bisa mempersingkat waktu tempuh dan efisien.

Untuk diketahui juga, MLFF adalah hasil dari kerja sama bilateral antara Indonesia dengan Hungaria, yang bertujuan untuk meningkatkan sistem pembayaran tol Indonesia. Proyek tersebut diinisiasi ketika kunjungan Perdana Menteri Hungaria, Mr. Victor Orbán, ke Indonesia pada tahun 2016 silam.

Dalam hal ini, pemerintah Hungaria berinvestasi 100% dari proyek ini dengan nilai investasi mencapai 4,5 triliun rupiah dalam bentuk kerja sama pemerintah dan badan Usaha (KPBU). Adapun investasi dari Pemerintah Hungaria ini menunjukkan bahwa Indonesia merupakan negara yang ramah terhadap investasi.

Cara bayar tol tanpa stop

Lantas, bagaimana cara bayarnya?

Terdapat tiga cara transaksi pada sistem MLFF ini, yaitu Electronic on board unit (E-OBU), On board unit (OBU), dan electronic route ticket.

  1. Electronic on board unit (E-OBU)

Adapun E-OBU direkomendasikan bagi yang punya smartphone dan jarang bertukar kendaraan dengan orang lain. Setiap kendaraan yang hendak memasuki jalan tol mesti telah terdaftar dalam sistem, baik data kendaraan maupun pengguna. Pendaftaran bisa dilakukan via aplikasi MLFF yang dapat diunduh dari ponsel. Penggunanya dapat memilih metode pembayaran usai melakukan registrasi.

Nantinya, sistem ini dapat terintegrasi dengan berbagai pembayaran. Usai melakukan registrasi, pengguna bisa langsung menggunakan aplikasi E-OBU hanya dengan menekan tombol mulai. E-OBU akan mengirim sinyal GPS ke MLFF pusat. GPS akan mendeteksi lokasi kendaraan, serta memotong saldo secara otomatis.

  1. On board unit (OBU)

Kedua, bisa dengan menggunakan OBU. Metode ini direkomendasikan bagi kendaraan yang sering digunakan dengan pengemudi yang berbeda. Kalau ingin menggunakan perangkat OBU, Anda dapat membeli OBU dan mendaftarkan kendaraan.

OBU sendiri berfungsi dengan cara yang sama seperti E-OBU, yaitu dengan mencatat penggunaan jalan tol berdasarkan GPS dan Anda bakal membayar sesuai dengan tarifnya.

  1. Electronic route ticket

Cara pembayaran ketiga adalah dengan electronic route ticket. Cara yang berikut ini direkomendasikan untuk mereka yang jarang bepergian menggunakan tol.

Usai memilih titik masuk dan keluar, pengguna bisa membeli electronic route ticket sekali pakai di situs resmi atau aplikasi MLFF.

 

 

 

Penulis: Kontributor / Boy Riza Utama

Editor: Anju Mahendra

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU