31 C
Jakarta
Rabu, 2 Desember, 2020

Beberapa Alasan CBDC Tidak Sama Dengan Cryptocurrency

DuniaFintech.com – CBDC, atau yang dikenal sebagai mata uang digital bank sentral semakin dipelajari berbagai negara untuk diterapkan. Beberapa waktu sebelumnya, CBDC Yuan mulai diresmikan oleh bank sentral Tiongkok. Selain itu juga, dikabarkan Brasil dan Belanda juga tengah mempelajari kerangka kebijakan untuk Central Bank Digital Currency tersebut.

Meski demikian, cointelegraph menyebut bahwa mata uang bukan merupakan sebuah terobosan yang membawa perubahan terhadap sektor keuangan. Dalam situsnya, juga dikatakan bahwa mata uang digital bank sentral tidak memiliki fungsi efektif untuk penggunanya.

Mulai dari privasi hingga masalah kebebasan finansial individu tidak mampu terjawab oleh mata uang digital bank sentral.Hal itu menjadikan CBDC berbeda dengan cryptocurrency dalam sistem keuangan berbasis teknologi.

Lebih lanjut, untuk membahas apa saja perbedaan antara CBDC dan cryptocurrency dari segi pemanfaatan dan juga fungsi, mari kita simak ulasannya berikut.

Baca juga:

Perbedaan Mendasar CBDC dan Cryptocurrency

  • CBDC Tidak Menerapkan Desentralisasi

CBDC tidak akan mendesentralisasikan harta benda seseorang. Hal itu tidak akan mendesentralisasikan kekuasaan atau kepemilikan dan kendali atas uang yang dimiliki oleh suatu individu. Mereka tidak akan memberikan kendali dan kedaulatan kepada individu atas nilai dalam dompetnya.

Sebagai contoh, Bank Rusia sedang mengerjakan Rubel digital pada bulan lalu. Tetapi apa yang juga baru-baru ini diumumkan adalah bahwa pemerintah Rusia tidak terlalu menyukai cryptocurrency dan token. Dengan kata lain, pemerintah Rusia menginginkan bagiannya dalam sistem mata uang digital, dengan catatan pemerintah mengendalikan dan mengawasinya.

  • CBDC Minim Inovasi Ketimbang Cryptocurrency

Jika melihat CBDC, maka secara terbuka dan lahiriah mempromosikan keunggulan inovasi dan kemampuan mereka untuk menggunakan teknologi mutakhir terbaik dalam membuat transfer nilai antara satu sama lain menjadi lebih efisien.

CBDC hanya mempublikasikan kebutuhan untuk membuat sistem keuangan kuno lebih efisien dan lebih selaras dengan perkembangan zaman. Namun dalam penerapannya mereka belum sepenuhnya menjadikan inovasi desentralisasi sebagai nilai revolusionernya.

  • CBDC Tidak Promosikan ‘Kebebasan Finansial’

Kalimat bijak ‘jika Anda tidak bisa mengalahkan mereka, bergabunglah dengan mereka’ merupakan hal yang dilakukan oleh CBDC. Mereka ingin mengadopsi sistem cryptocurrency tanpa memberikan warganya privasi dan kebebasan demokratis yang disediakan mata uang terdesentralisasi.

CBDC merupakan keinginan atas sebuah sistem mata uang yang bisa dilacak. Hal itu meliputi keputusan regulator dan otoritas pajak mana yang boleh dan tidak untuk mengakses data keuangan. CBDC bukanlah upaya untuk merevolusi keuangan atau teknologi.

Menurut contelegraph, pada dasarnya CBDC adalah upaya terakhir untuk mempertahankan kendali atas individu, bahkan ketika mata uang terdesentralisasi yang sebenarnya memindahkan kekayaan, kekuasaan dan pengaruh dari tangan dunia lama.

DuniaFintech/Fauzan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Kenali Untung Rugi Menggunakan Paylater Bagi Para Milenial

Duniafintech.com - Fitur PayLater kian populer dikalangan milenial, sebab fitur pembayaran paylater ini bisa digunakan untuk membayar ‘nanti’ berbagai macam transaksi mulai dari kebutuhan...

Pemerintahan Venezuela Siap Perbanyak Penambangan Cryptocurrency

DuniaFintech.com - Pemerintahan Venezuela dibawah rezim Nicolas Maduro akan menggencarkan penambangan cryptocurrency atau bisa disebut mata uang digital. Hal ini dilakukan agar negara tersebut...

Kasus COVID-19 Melonjak, Harga Emas 1 Desember Terinjak

DuniaFintech.com - Harga emas 1 Desember 2020 di penyelenggara PT Pegadaian kembali melemah setelah Presiden Joko Widodo mengumumkan data kasus aktif dan angka kesembuhan COVID-19 yang...

Pintek Mendapat Pendanaan dari Finch Capital untuk Tingkatkan Akses Pendidikan

DuniaFintech.com – Pintek mendapat pendanaan dari Finch Capital? Ya! Perusahaan teknologi finansial yang memberikan pembiayaan pendidikan untuk siswa hingga lembaga pendidikan, berhasil mendapatkan...

Bidik Digitalisasi di Sektor Koperasi, LinkAja Gandeng Kospin Jasa

Duniafintech.com - Penyedia layanan uang elektronik LinkAja gandeng kospin jasa (Koperasi Simpan Pinjam JASA) untuk mendorong digitalisasi koperasi. Kerja sama yang dilakukan mencakup integrasi...
LANGUAGE