Ikuti Tiongkok, Brasil Siapkan Penggunaan Mata Uang Digital

0
127
uang digital Brasil

DuniaFintech.com – Negara Brasil mengikuti langkah Tiongkok dalam meluncurkan mata uang digital sebagai cara alternatif. Hal ini dkatakan Menteri Ekonomi, Paulo Guedes yang mengatakan bahwa Brasil akan menerbitkan mata uang digital serta bank sentralnya sendiri (CBDC).

Guedes membuat pernyataan pada Kamis kemarin dalam sebuah upacara perayaan 100 juta rekening tabungan digital yang dibuka di Caixa Economica Federal. Ia menilai kemajuan teknologi membuatnya yakin bahwa Brasil juga mampu mengikuti tren positif tersebut.

“Sekarang bank sentral sudah kembali bersifat otonom, juga luar biasa dalam dimensi digital. Beberapa nama seperti Pix, OpenBank, fintech dan mata uang digital. Brasil akan memiliki mata uang digitalnya sendiri. Brasil memimpin di depan banyak negara,”

Hal yang diucapkan Guedes menjadi yang pertama kali terlontar langsung dari dirinya. Meski demikian, ia belum merinci lebih lanjut proyek CBDC yang dilakukan bank sentral. Banco Central do Brasil mengumumkan pada Agustus bahwa mereka telah membentuk kelompok riset untuk memungkinkan penerbitan real digital.

Baca juga:

Proyek Mata Uang Digital Brasil

Presiden bank sentral, Roberto Campos Neto, telah mengatakan bahwa Brasil membutuhkan perbaikan mengenai proyek mata uangnya. Hal ini akan terjadi dalam lingkup sistem Pix yang merupakan pembayaran digital federal yang baru.

“Pix sangat penting, karena mulai sekarang, kami melihat penyatuan bentuk pembayaran yang instan, terbuka, dan dapat dioperasikan dengan sistem data terbuka. Mereka akan bertemu di suatu tempat di masa depan dengan mata uang yang belum disempurnakan,”

Campos sendiri mengklaim bahwa penggunaan mata uang digital Brasil akan direalisasikan pada 2022. Di lain sisi, Guedes mengatakan bahwa dia berencana melakukan penawaran umum perdana bank digital Caixa Economica Federal yang baru dibentuk. Ia mengatakan akan mencoba melakukan kerja sama dengan bank tersebut.

Ini adalah pertama kalinya Guedes berbicara tentang masalah ini. Namun ia belum memberikan rincian lebih lanjut tentang proyek CBDC yang dilakukan oleh Bank Sentral.

DuniaFintech/fauzan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here