Berapa Uang yang Diperlukan untuk Membeli PS5 dan Aksesorisnya?

0
481
PS5 Ilustrasi

Duniafintech.com – PS5 sudah resmi dijual di Indonesia semenjak akhir Januari 2021. Tapi, berapakah harga PS5? Berapakah uang yang perlu kamu siapkan untuk membeli PS5 beserta aksesorisnya. 

Memiliki console game merupakan satu idaman laki-laki. Biasanya, para peminat console game adalah laki-laki berusia produktif atau laki-laki yang sedang bekerja. Sedangkan anak-anak, lebih memilih untuk bermain game di smartphone. 

PS5 yang baru launching Januari 2021 di Indonesia menyita perhatian para kaum lelaki. Tetapi, apakah PS5 memang pilihan terbaik untuk bermain game dari segmen console? 

Di artikel ini kita akan membahas berapa biaya yang perlu kamu siapkan untuk memiliki console seperti PS5. Karena tidak hanya console nya saja, beberapa kasesoris mungkin kamu butuhkan untuk menambah pengalaman bermainmu.  

Harga PS5

Baru saja launching, kini PS5 sudah bisa kamu beli di distributor resmi. Kamu memang belum menemukan banyak PS5 sebanyak PS4 yang kamu temukan di marketplace seperti Tokopedia. 

Ini karena distributor saja yang baru menjual PS5. Selain itu, pasokan atau peredaran jumlah PS5 masih belum sebanyak PS4. 

Harga PS5 adalah Rp13,5 juta untuk disc edition dan Rp8,8 juta untuk digital edition. 

PS5 memang memiliki dua versi yaitu disc edition dan digital edition. Keduanya memiliki perbedaan. Karena hanya disc version yang bisa menggunakan kaset. Makanya, harganya berbeda. 

Konsumsi Listrik PS5

PS5 membutuhkan daya yang lebih besar dari pendahulunya, PS4. PS5 menghabiskan daya sekitar 100-120 watt. Sedangkan PS4 slim hanya membutuhkan sekitar 60-85 watt saja. 

Jika, kamu upgrade PS4 ke PS5, maka otomatis tagihan listrik mu akan sedikit bertambah. Meski, sebenarnya, tagihan listrik juga tergantung berapa lama kamu bermain. 

Harga Kaset PS5

Harga kaset PS5 mulai dari Rp750 ribu hingga Rp1,5 juta. Beberapa list game dan versi tertentu, bisa lebih mahal. Namun, masih belum banyak kaset bekas PS5 yang dijual. Karena penggunanya masih sedikit. 

Harga game digital juga tak jauh berbeda dengan harga kasetnya. Tetapi, kadang-kadang game digital di Playstation Store juga diskon pada waktu-waktu tertentu.

Kamu bisa mengecek harga kaset PS5 di marketplace dan bisa mengecek harga kaset PS5 digital game di sini

Berapa Uang yang Perlu Disiapkan untuk PS5?

Jika kamu ingin membeli PS5 dengan digital version, kamu hanya membutuhkan uang Rp8,7 juta saja. Kamu bisa menambah satu game digital seharga Rp750 ribu, seperti game Sackboy A Big Adventure atau game lain. Jadi, kamu membutuhkan biaya sekitar Rp9,4 juta. 

Sedangkan untuk disc version, lebih mahal. Kamu membutuhkan uang sekitar 13,5 juta dan satu game fisik paling murah Rp750 ribu. Jadi, totalnya sekitar Rp14,25 juta. 

Kamu bisa menambah aksesoris seperti wireless headset seharga Rp1,5 juta, camera seharga Rp2 juta dan aksesoris lainnya. Ini bisa buat kamu yang ingin membuat konten gaming atau gaming secara streaming. 

Jika kamu yang ingin upgrade dari PS4 ke PS5, pastikan kamu memiliki monitor atau TV yang mendukung 4K atau 8k. Karena jika tidak, kamu hanya mendapatkan resolusi seperti bermain PS4. 

Harga untuk satu TV 4k 55 inch biasanya mulai dari Rp5 juta. Sedangkan TV dengan resolusi 8k biasanya sekitar Rp15 juta atau bahkan bisa lebih mahal. 

Pastikan juga kamu memiliki jaringan internet yang mumpuni untuk bisa bermain online. 

Rincian estimasi biaya  PS5 Disc Edition Versi Komplit :

  1. TV 8K : Rp15.000.000
  2. PS5 disc version : Rp13.500.000  
  3. Headset gaming : Rp  2.000.000
  4. Camera PS4 : Rp  2.000.000
  5. Satu kaset game : Rp    750.000

     Total Rp43.250.000. 

Biaya ini, bisa lebih murah jika kamu sudah memiliki TV dan tidak membutuhkan camera, headset dan hanya bermain game gratis. Biaya itu belum termasuk biaya listrik perbulan dan biaya internet. 

Aksesoris yang tersebut juga belum termasuk aksesoris seperti wheel steering untuk game balapan dan aksesoris lainnya. Kamu bisa mengecek aksesoris game PS5 di toko resmi  dan marketplace. 

Pastikan kamu mendapatkan pengalaman bermain yang kamu butuhkan. Kamu tentunya juga harus menggunakan semua aksesoris yang kamu beli. Sangat disayangkan jika ada aksesoris nganggur yang tidak terpakai karena harganya yang mahal. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here