26.1 C
Jakarta
Minggu, 25 Juli, 2021

Cara Donasi Banjir Lewat Online, Bisa Gunakan 5 Situs dan Aplikasi Ini

Salah satu cara memberikan donasi kepada korban banjir adalah dengan menggunakan situs atau aplikasi. Di artikel ini, kita akan membahas bagaimana caranya. 

Banjir melanda beberapa wilayah di Indonesia. Belakangan ini, tingginya curah hujan di sejumlah daerah dan faktor-faktor lain membuat bencana banjir melanda ratusan ribu rumah warga. 

Banjir mengakibatkan perekonomian yang melemah, aktivitas yang lumpuh, wabah penyakit, serta menelan korban jiwa. Peristiwa ini tentunya membutuhkan uluran tangan kita semua. 

Di artikel ini kita akan membahas bagaimana cara berdonasi lewat situs atau aplikasi. Kemudian, juga membahas berapa uang yang perlu kamu sisihkan. 

Selain itu, kita juga akan bahas situs dan aplikasi apa saja yang bisa kamu gunakan. Mari kita pelajari. 

Cara Menyisihkan Uang untuk Memberikan Donasi kepada Korban Banjir

Sebenarnya, kamu tidak perlu bingung bagaimana cara menyisihkan uang. Karena yang terpenting, kamu memiliki niat untuk membantu korban banjir. 

Kamu bisa menyisihkan berapapun uang, yang penting dengan nominal semampunya dan kamu mendonasikannya dengan ikhlas. 

Selain itu, kamu juga bisa menyumbangkan barang bekas yang masih bagus, seperti pakaian bekas dan peralatan masak. Peralatan lain-lain juga bisa kamu sumbangkan, asal masih bisa digunakan. 

Bila ada barang yang tidak terpakai, kamu bisa menyumbangkannya. Barang-barang sumbanganmu itu bisa berguna lagi bagi korban pengungsian banjir. 

Cara Berdonasi Lewat Situs dan Aplikasi

Cara berdonasi untuk korban banjir lewat situs dan aplikasi mungkin merupakan cara yang mudah. Bagi kamu yang tidak ingin keluar rumah karena pandemi dan tidak punya waktu karena sibuk bekerja, kamu bisa menggunakan situs dan aplikasi. 

Baca Juga : Ayo Sisihkan Uangmu, Ini 3 Cara Membantu Korban Bencana Banjir

Caranya gampang. Kamu tinggal mencari situs aplikasinya kemudian register. Setelah itu, ikuti petunjuk pengiriman uang dengan cara transfer ke rekeningnya. 

Biasanya situs ataupun aplikasi tersebut juga menerima barang-barang untuk dikirimkan. Kamu tak perlu khawatir bagaimana pengirimannya. Karena situs atau aplikasi tersebut memiliki tenaga relawan yang siap mengantarkan barang-barangmu. 

Ada banyak sekali situs aplikasi yang tersedia untuk membantumu memberikan donasi kepada korban banjir. 

5 Situs dan Aplikasi Penggalangan Dana Donasi Korban Banjir

1. Kitabisa

Kitabisa.com merupakan salah satu platform penggalangan dana bencana yang paling populer di Indonesia. Ini karena aplikasi ini merupakan aplikasi penggalangan dana pertama yang ada di Indonesia. 

Aplikasi ini juga memiliki banyak relawan yang tersebar di seluruh Indonesia. Jadi, ada banyak sekali campaign untuk berdonasi. 

Kamu bisa melakukan registrasi di Kitabisa.com. Kemudian memilih campaign bencana banjir. Kamu bisa memilih wilayah mana yang ingin kamu donasikan. 

2. Ayobantu

Cara donasi korban banjir lewat aplikasi bisa kamu lakukan lewat ayobantu.com. Aplikasi ini sama seperti dengan Kitabisa. 

Ada banyak campaign atau program yang dihadirkan oleh ayobantu. Kamu bisa memilih program donasi korban banjir seperti di Kalimantan Selatan dan lainnya. 

Selain itu, aplikasi ini juga bisa menerima Bitcoin dan kripto. Ayobantu bekerjasama dengan Indodax untuk memberikan donasi. Jadi, ini juga cocok buat kamu yang merupakan seorang trader crypto. 

3. SharingHappiness

Cara donasi korban banjir lewat situs berikutnya bisa menggunakan platform SharingHappiness. 

Situs ini sebenarnya diinisiasi oleh Rumah Zakat pada tahun 2015 lalu. Kemudian, mereka menjadi platform yang berdiri sendiri pada Februari 2016.  

Tidak hanya di Indonesia, bahkan situs ini juga bisa terhubung di seluruh dunia. Ini cocok untuk kamu yang memiliki relasi di luar Indonesia dan bisa mengajak mereka untuk berdonasi kepada korban banjir. 

Kamu bisa mencobanya di Sharringhappiness.org

4. GandengTangan

Situs ini berbeda dengan crowdfunding yang lain. Situs ini menggunakan skema crowdlending atau penggalangan dana pinjaman. 

GandengTangan meminjam uang donatur yang selanjutnya akan dikembalikan secara berkala. 

Kamu bisa berdonasi lewat gandengtangan.id. 

5. Indorelawan

Situs terakhir ada Indorelawan.org.  Situs penggalangan donasi ini merupakan platform online yang menghubungkan relawan dan komunitas. Platform ini mempermudah dengan menggabungkan banyak komunitas dan relawan. 

Tidak hanya soal banjir, Indorelawan.ord juga melakukan kampanye untuk bencana lain dan penyelamatan hak asasi manusia. Sepeti mengajar anak-anak putus sekolah dan lain-lain. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

DIREKTORI LIST

ARTIKEL TERBARU

Qoala Insurtech Ungkap Strategi Digital Marketing Tahun 2021

DuniaFintech.com - Pandemi Covid-19 memberikan banyak perubahan di berbagai aspek bisnis, termasuk gaya pemasaran di setiap industri. Namun, pandemi justru memberi peluang bagi perusahaan...

Fintech Santara, Investasi di Bisnis UMKM dengan Sistem Equity Crowdfunding

DuniaFintech.com - Fintech Santara merupakan platform equity crowdfunding yang berizin dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan. Equity crowdfunding itu sendiri adalah istilah untuk layanan urun...

Jenis-jenis Produk Pinjaman Bank Syariah Indonesia

Sebagaimana bank-bank lainnya, Bank Syariah Indonesia atau BSI juga memiliki produk pinjaman bagi nasabahnya. Apa saja jenis pinjaman bank syariah? Perlu diketahui, Bank Syariah...

PasarPolis, Perusahaan Asuransi dengan User Experience Terbaik

PasarPolis merupakan perusahaan asuransi yang telah hadir sejak tahun 2015 untuk merevolusi industri asuransi yang selama ini cenderung sulit. Dengan memanfaatkan teknologi terbaru, PasarPolis...

Bareksa, Marketplace Investasi Digital Pertama di Indonesia

Bareksa merupakan marketplace investasi reksadana digital terintegrasi pertama di Indonesia. Startup financial technology (fintech) ini milik PT Bareksa Portal Investasi yang berdiri pada 17...
LANGUAGE