Ayo Sisihkan Uangmu, Ini 3 Cara Membantu Korban Bencana Banjir

0
126

Duniafintech.com – Apakah kamu sudah menyisihkan uangmu untuk membantu korban bencana banjir?

Banjir meliputi beberapa daerah di Indonesia saat ini. Dari awal tahun 2021 ini, banjir melanda Kalimantan Selatan, beberapa daerah di Pulau Jawa seperti Pekalongan, Tegal, Bogor, Aceh, Manado, Jakarta dan lain-lain. 

Banjir adalah sebuah peristiwa atau bencana dimana daratan digenangi oleh air. Biasanya, banjir terjadi karena luapan dari perairan seperti sungai, laut, parit atau selokan dan air hujan yang tidak bisa ditampung. 

Baca juga : Hadirkan Layanan Transfer Internasional, Ini Cara Transfer ke Luar Negeri

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat sedikitnya terjadi 127 banjir yang terjadi selama Januari 2021. Jumlah tersebut tersebar di beberapa daerah di Indonesia. 

BNPB mengungkapkan, dari banjir yang terjadi di Kalimantan Selatan saja, sudah menelan 20 orang korban jiwa. Meski tidak menelan banyak korban jiwa, seperti bencana lain yang terjadi pada awal tahun ini, banjir merupakan kejadian yang paling sering terjadi. 

Dari catatan lembaga pemerintah tersebut, puluhan ribu rusak dan ratusan ribu orang harus diungsikan. 

Banjir tidak hanya menghentikan aktifitas. Tetapi juga menimbulkan banyak penyakit. Karena digenangi oleh air kotor yang bercampur dengan limbah dan lain-lain, genangan air sangat berbahaya bagi kesehatan. 

Salah satu bentuk penyakit yang sering terjadi saat bencana banjir adalah diare.  Selain itu, juga ada penyakit kulit, malaria dan penyakit-penyakit lainnya. 

Baca Juga : Mulai Investasi Emas di Tengah Pandemi? Simak Tips Berikut Ini!

Selain kesehatan atau keselamatan, banjir juga menghentikan aktivitas perekonomian di daerahnya. Kerugian total akibat banjir di awal tahun ini, diperkirakan mencapai triliunan Rupiah.

Selain tidak bisa bekerja, orang-orang harus merelakan bahan olahan, perkebunan dan pertanian, dan bahan-bahan lainnya hanyut oleh air. Tentu saja, bahan pangan juga sulit untuk didapat karena harus mengimpor dari daerah lain. 

Bagaimana Cara Menyisihkan Uang untuk Korban Banjir?

Kamu tidak perlu berpikir panjang bagaimana cara menyisihkan uang untuk korban bencana banjir. Kamu bisa menyumbangkan atau berdonasi dengan seikhlasnya. Mulai dari nominal berapapun. 

Selain itu, kamu juga bisa menyumbangkan pakaian bekas mu untuk korban bencana banjir. Kamu hanya perlu mengumpulkannya dan packing kemudian mengirimkan pakaian bekas yang tidak terpakai. 

Buat kamu yang memiliki usaha, kamu juga bisa menyumbangkan peralatan yang bisa digunakan untuk korban banjir. Misalnya, peralatan masakan, bahan-bahan makanan dan lain-lain. 

Yang terpenting adalah kamu bergerak atau berniat untuk menyumbang dan tidak mengharapkan pamrih apapun. Jadi, tak perlu dipaksakan. kamu bisa berdonasi semampumu.  

Cara Berdonasi untuk Korban banjir

Sudahkah kamu menyisihkan uangmu untuk membantu korban bencana banjir di awal tahun ini? 

Tidak ada salahnya kamu menyisihkan sebagian gajimu atau barang-barang lain yang bisa kamu sumbangkan. Ada beberapa cara membantu korban bencana banjir yang bisa kamu lakukan. 

Berikut beberapa caranya. 

  1. Donasi Lewat Aplikasi

Bantuan untuk korban bencana banjir bisa kamu lakukan melalui aplikasi. Ada beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk langsung menyumbangkan uangmu. Kamu tinggal melakukan transfer lewat handphone ke rekening aplikasinya. 

Misalnya seperti Kitabisa.com. Di aplikasi ini banyak sekali program-program penggalangan dana yang bisa kamu ikuti. Tentunya seperti beberapa bencana banjir yang terjadi saat ini. 

Selain itu, kamu juga bisa berdonasi di Ayobantu.com. Platform ini hampir sama dengan Kitabisa.com. Bedanya di aplikasi ini, kamu bisa menggunakan kripto. Karena Ayobantu.com bekerjasama dengan Indodax, perusahaan crypto exchanges terbesar di Indonesia. 

  1. Donasi Lewat Lembaga dan Komunitas

Ada banyak lembaga yang bertugas untuk penyaluran kemanusiaan, seperti untuk korban bencana banjir. Misalnya seperti lembaga muslim seperti Badan Amil Zakat (BAZ) dan yayasan lainnya. 

Kamu bisa menghubungi nomor telepon dengan mencari website dan alamatnya di Google. Kamu juga bisa mencarinya lewat media sosial seperti Instagram. 

Selain menyumbangkan dana dan barang, kamu juga bisa bergabung dengan lembaga tersebut untuk menyumbangkan tenagamu. 

  1. Ajak Teman-Temanmu untuk Berdonasi

Ada banyak sekali lembaga atau komunitas yang bisa kamu percayai untuk menyalurkan bantuan bencana banjir. Tetapi, ada juga cara dengan membuat komunitas sendiri. 

Kamu bisa memulainya dengan mengajak teman-temanmu. Misalnya teman-teman di komunitas olah raga mu, teman-teman kantor dan teman-teman lainnya. Kalian bisa mengumpulkan uang dengan nominal berapapun dan mengumpulkan barang-barang yang dibutuhkan. 

Kegiatan ini juga mengasyikkan karena kamu dan teman-teman bisa bersama-sama turun ke lapangan dan membantu langsung korban bencana banjir. Selain itu, juga mempererat solidaritas dalam berteman. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here