27.8 C
Jakarta
Selasa, 31 Januari, 2023

Berita Bitcoin Hari Ini: Bitcoin Cs Hijau Lagi, Cek Harganya

JAKARTA, duniafintech.com – Berita Bitcoin hari ini terkait harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya pada perdagangan Jumat (9/12/2022).

Adapun mayoritas kripto jajaran teratas terpantau mengalami pergerakan yang seragam dan kembali bertengger di zona hijau.

Berikut ini berita Bitcoin hari ini selengkapnya, seperti dinukil dari Liputan6.com.

Baca juga: Berita Bitcoin Hari Ini: Bitcoin Cs di Zona Merah, Intip Harganya

Berita Bitcoin Hari Ini: BTC Menguat 2,18 Persen

Mengacu pada data Coinmarketcap, Jumat pagi, 9 Desember 2022, Bitcoin (BTC) menguat 2,18 persen dalam 24 jam terakhir dan 1,50 persen sepekan.

Kini, harga kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar berada di level USD 17.220 per koin atau setara Rp 268,5 juta (asumsi kurs Rp 15.594 per dolar AS). 

Pada pagi ini, Ethereum (ETH) turut menguat. Diketahui, ETH naik 4,23 persen dan 0,29 persen dalam sepekan sehingga saat ini ETH berada di level USD 1.282 per koin. 

Selanjutnya ada Binance coin (BNB) yang kembali menguat. Dalam 24 jam terakhir BNB naik 1,93 persen, tetapi masih melemah 1,11 persen sepekan. Dengan demikian, BNB dibanderol dengan harga USD 289,58 per koin. 

Lalu ada Cardano yang turut menguat. Dalam satu hari terakhir, ADA menguat 1,71 persen, tetapi masih melemah 0,19 persen sepekan sehingga ADA berada pada level USD 0,3148 per koin.

Sementara itu, Solana (SOL) masih bertengger di zona hijau dengan penguatan selama satu hari terakhir sebesar 0,91 persen dan 1,12 persen sepekan. Kini, harga SOL berada di level USD 13,67 per koin.

berita bitcoin hari ini

Daftar Harga Kripto Lainnya

Di lain sisi, ada XRP yang ikut menghijau. Diketahui, XRP menguat 2,83 persen dalam 24 jam terakhir, tetapi masih melemah 0,81 persen sepekan sehingga saat ini XRP dibanderol seharga USD 0,3943 per koin. 

Kemudian, ada koin meme Dogecoin (DOGE) yang pada pagi ini kembali melesat. Dalam satu hari terakhir, DOGE naik 3,11 persen, tetapi masih melemah 3,19 persen sepekan. Hal itu membuat DOGE diperdagangkan di level USD 0,09862 per token.

Adapun stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC) pada hari ini sama-sama menguat 0,01 persen. Hal itu membuat harga keduanya masih bertahan di level USD 1,00. 

Sementara itu, Binance USD (BUSD) menguat 0,01 persen dalam 24 jam terakhir, membuat harganya masih berada di level USD 1,00. Untuk keseluruhan kapitalisasi pasar kripto dalam 24 jam berada di level USD 858,5 miliar.

Baca juga: Berita Bitcoin Hari Ini: Bitcoin Cs Menguat Lagi! Cek Harganya

Berita Bitcoin Hari Ini: Bitcoin adalah Komoditas, Bukan Mata Uang

Senator AS John Boozman sebelumnya mengatakan, sekalipun disebut sebagai mata uang kripto, Bitcoin tetap dianggap sebuah komoditas bukan mata uang. Ia pun menekankan bahwa pertukaran di mana komoditas diperdagangkan, termasuk bitcoin, harus diatur oleh Commodity Futures Trading Commission (CFTC).

“Bitcoin, meskipun mata uang kripto, itu tetap adalah komoditas. Ini adalah komoditas di mata pengadilan federal dan pendapat ketua Securities and Exchange Commission (SEC). Tidak ada perselisihan tentang ini,” ucapnya dalam sebuah sidang, dikutip dari Bitcoin.com, Selasa (6/12/2022).

Sang senator, yang menyebut bahwa keruntuhan FTX mengejutkan, berkata bahwa laporan publik menunjukkan kurangnya manajemen risiko, konflik kepentingan, dan penyalahgunaan dana pelanggan. 

Ia pun melanjutkan bahwa untuk berbicara tentang regulasi kripto dan memberdayakan Commodity Futures Trading Commission (CFTC) sebagai pengatur utama pasar spot kripto. 

“CFTC secara konsisten menunjukkan kesediaannya untuk melindungi konsumen melalui tindakan penegakan hukum terhadap aktor jahat,” terangnya.

Dirinya juga yakin bahwa CFTC merupakan agensi yang tepat untuk peran regulasi yang diperluas di pasar spot komoditas digital.

Sementara itu, pada Agustus 2022, Boozman dan beberapa senator memperkenalkan Undang-Undang Perlindungan Konsumen Komoditas Digital (DCCPA) untuk memberdayakan CFTC dengan yurisdiksi eksklusif atas pasar spot komoditas digital. 

Adapun dua RUU lainnya sudah diperkenalkan di Kongres tahun ini untuk menjadikan regulator derivatif sebagai pengawas utama untuk sektor kripto.

Sementara Bitcoin merupakan komoditas, Ketua SEC Gary Gensler berulang kali mengatakan bahwa sebagian besar token kripto lainnya adalah sekuritas.

Sekian ulasan tentang berita Bitcoin hari ini yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Berita Bitcoin Hari Ini: Bitcoin Cs Melemah, Intip Harganya

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Investasi Sektor Manufaktur Naik 52 Persen di Tahun 2022, Tembus Rp497,7 Triliun

JAKARTA, duniafintech.com - Investasi pada sektor industri manufaktur di Tanah Air terus meningkat meski di tengah dinamika geopolitik dunia yang menyebabkan ketidakpastian ekonomi global....

Daftar HP Samsung Terbaru 2023 Dari Berbagai Seri

JAKARTA, duniafintech.com - Samsung dikenal sebagai salah satu merek ponsel pintar atau HP favorit banyak orang, terutama bagi para pengguna sistem operasi Android. Pasalnya,...

Sri Mulyani Upayakan Sinergi APBN Kembangkan Produktivitas UMKM

JAKARTA, duniafintech.com - Sinergi APBN sebagai instrumen keuangan negara dengan para pelaku usaha menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani dapat mengamplifikasi pemulihan ekonomi Indonesia. Berkaitan dengan...

Moncer! Ekspor Mobil Surplus Capai 64 Persen

JAKARTA, duniafintech.com - Industri otomotif ekspor mobil surplus merupakan salah satu sektor manufaktur yang strategis karena berperan penting dalam upaya menopang perekonomian nasional.  Juru Bicara...

Berikan PMN, Sri Mulyani Minta BTN Penuhi Kebutuhan Rumah

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan hak untuk mendapatkan tempat tinggal, termasuk dari BTN, yang layak diatur dalam undang-undang. Namun...
LANGUAGE