26.1 C
Jakarta
Sabtu, 2 Maret, 2024

Berita Bitcoin Hari Ini: Ini Penyebab Bitcoin Loyo setelah The Fed Naikkan Suku Bunga

JAKARTA, duniafintech.com – Berita bitcoin hari ini terkait cryptocurrency, termasuk Bitcoin, yang kompak terkoreksi pada Kamis (23/3).

Hal itu terjadi lantaran investor mempertimbangkan keputusan kebijakan terbaru dari Federal Reserve (the Fed) terkait kenaikan suku bunga.

Berikut ini berita bitcoin hari ini selengkapnya, seperti disitat dari Liputan6.com.

Baca juga: Berita Bitcoin Hari Ini: Bitcoin Cs Lesu, Cek Harganya

Berita Bitcoin Hari Ini: BTC Turun 4,8 Persen

Melangsir CNBC, Kamis (23/3/2023), Bitcoin turun 4,8 persen menjadi USD 26.895 atau setara Rp 410,4 juta (asumsi kurs Rp 15.263 per dolar AS). 

Sementara itu, Ether turun 4,1 persen menjadi USD 1.726 atau setara Rp 26,34 juta, menurut data dari Coin Metrics.

Adapun The Fed memberlakukan kenaikan suku bunga seperempat poin persentase pada akhir pertemuan kebijakan terbarunya, menyatakan kehati-hatian tentang krisis perbankan baru-baru ini dan menunjukkan kenaikan mendekati akhir. Proyeksi the Fed hanya membutuhkan satu kenaikan lagi tahun ini.

Peningkatan 25 basis poin sudah diantisipasi secara luas. Keputusan itu menjadikannya kenaikan suku bunga kesembilan berturut-turut dan kenaikan seperempat poin kedua berturut-turut setelah serangkaian kenaikan suku bunga yang lebih besar dilaksanakan sepanjang 2022.

Menurut Co Founder perusahaan perdagangan kripto Dexterity Capital, Michael Safai, harapannya, nada dovish yang telah lama ditunggu-tunggu dari The Fed akhirnya akan tiba di tengah krisis perbankan ini. 

“Harapan itu pupus oleh komentar Powell bahwa kenaikan suku bunga dapat berlanjut selama hal-hal terus stabil, melemahkan beberapa momentum yang telah memimpin kenaikan kripto dalam beberapa hari terakhir,” ucap Safai.

Meski demikian, imbuh Safai, banyak hal yang mendorong reli bitcoin terbaru, di antaranya kelemahan berkelanjutan dalam sistem perbankan dan potensi peningkatan neraca bank sentral.

Volatilitas Bitcoin sudah kembali pada bulan ini dan hal itu membuat harga cryptocurrency naik lebih dari 20 persen untuk bulan tersebut dan membawa keuntungan tahun ini menjadi lebih dari 70 persen. 

Di saat bersamaan, korelasinya dengan saham telah rusak, setelah diperdagangkan sejajar dengan ekuitas selama sekitar dua tahun.

Akan tetapi, faktor ekonomi makro masih menjadi pendorong terbesar harga bitcoin.

Berita Bitcoin Hari Ini: Bitcoin Cs Loyo pada Perdagangan Hari Ini

Sebelumnya dilaporkan, harga bitcoin dan kripto teratas lainnya terpantau alami pergerakan yang seragam pada perdagangan Kamis, (23/3/2023).

Adapun mayoritas kripto jajaran teratas terpantau kembali berada di zona merah.

Baca juga: Berita Bitcoin Hari Ini: Bitcoin Loyo, XRP Menguat, Cek Harganya di Sini

Menurut data Coinmarketcap, Kamis, 23 Maret 2023 pagi, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) kembali melemah 2,71 persen dalam 24 jam, tetapi masih menguat 12,11 persen sepekan.

Saat ini, harga Bitcoin berada di level USD 27.384 per koin atau setara Rp 417,6 juta (asumsi kurs Rp 15.252 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) juga turut melemah. ETH turun 3,51 persen dalam sehari terakhir, tetapi masih perkasa 4,96 persen sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level Rp 26,46 juta per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) kembali terkoreksi. Dalam 24 jam terakhir BNB ambles 4,45 persen, tetapi masih menguat 4,88 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga Rp 4,92 juta per koin. 

Kemudian Cardano, kembali berada di zona merah. Dalam satu hari terakhir ADA anjlok 4,00 persen, tetapi masih menguat 10,64 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level Rp 5.516 per koin.

Adapun Solana (SOL) kembali melemah. SOL ambles 3,90 persen dalam sehari terakhir, tetapi masih menguat 12,49 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level Rp 330.674 per koin.

Berita Bitcoin Hari Ini

Harga Kripto Lainnya

Sedangkan XRP kembali loyo. XRP ambles 113,09 persen dalam 24 jam, tetapi masih menguat 17,43 persen sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga Rp 6.491 per koin. 

Koin Meme Dogecoin (DOGE) turut alami pelemahan. Dalam satu hari terakhir DOGE merosot 4,89 persen, tetapi masih menguat 5,63 persen sepekan. Ini membuat DOGE diperdagangkan di level Rp 1.120 per token.

Harga kripto hari ini yakni stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama menguat 0,01 persen. Hal tersebut membuat harga keduanya masih bertahan di level USD 1,00

Sedangkan Binance USD (BUSD) menguat 0,01 persen dalam 24 jam terakhir, membuat harganya masih berada di level USD 1,00.

Adapun untuk keseluruhan kapitalisasi pasar kripto hari ini berada di level USD 1.144 miliar atau setara Rp 17.448 triliun. 

Baca juga: Berita Bitcoin Hari Ini: Bitcoin Cs Masih Menguat, Intip Harganya

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE